Petunjuk Memarkir Kendaraan di Kampus Sekaran

Kamis, 3 Januari 2013 | 17:26 WIB


Petunjuk Memarkir Kendaraan di Kampus Sekaran
REPRO-TITIK PARKIR/HUMAS

Mau memarkir sepeda motor atau mobil di Unnes kampus Sekaran? Memang setelah diberlakukan program transportasi ramah lingkungan semenjak 2 Januari 2013,  ada perubahan yang tampak begitu mencolok. Namun tak perlu buru-buru bingung. Berikut petunjuknya.

Titik parkir tidak hanya di enam titik sebagaimana diberitakan sebelumnya, tetapi sembilan titik. Di mana sajakah itu, bagaimana akses masuknya, dan untuk siapa saja?

Pertama, parkir Gedung Serbaguna yang mungkin sekali akan lebih populer dengan sebutan GSG, mengingat kesukaan orang Indonesia menyingkat apa saja. Tempat parkir di lantai ke-4 dan ke-5 gedung ini terutama diperuntukkan bagi mobil warga FIP, FIS, FE, FH, FIK, dan FT. Adapun sepeda motor di lantai di lantai ke-2 dan ke-3. Akses tempat parkir ini roundabout (simpang tujuh).

Kedua, parkir FIP. Lahan ini untuk sepeda motor FIP dengan akses yang sama dengan GSG.

Ketiga, parkir Masjid Ulul Albab (MUA) untuk mobil FBS dan FMIPA dengan akses masuk dari Jalan Taman Siswa Banaran-Sekaran.

Keempat, parkir FBS bagi sepeda motor FBS. Akses masuk lewat Masjid Ulul Albab atau Jalan Taman Siswa Banaran-Sekaran.

Kelima, parkir FMIPA untuk sepeda motor warga fakultas ini dengan akses masuk dari Jalan Taman Siswa, Sekaran atau selatan roundabout.

Keenam, parkir dekat lapangan atletik FIK bagi sepeda motor FT dan FIK dengan akses masuk Gang Cempaka, Sekaran.

Ketujuh, parkir FIS untuk motor warga atau yang berkepentingan di FIS, FE, dan FH. Akses masuknya roundabout, masuk PAUD Sekar Nagari (samping REM), dan gedung C5.

Kedelapan, parkir sisi utara gerbang barat untuk mobil rektorat, FMIPA, BPTIK, LP2M, Perpustakaan, dan umum dengan akses jalur lingkar barat Banaran-Sekaran.

Kesembilan, parkir PKM untuk sepeda motor rektorat, LP2M, BPTIK, Perpustakaan, dan umum dengan akses keluar-masuk dari sisi selatan gerbang barat.

Dalam rilis yang dikirim oleh Badan Pengembangan Konservasi juga disebutkan, ketentuan parkir di tempat tersebut berlaku pukul 06.30 – 16.00 pada setiap jam kerja (Senin – Jumat). Adapun di luar jam kerja dan hari libur, kendaraan bermotor bebas memasuki area dalam kampus.

Dikemukakan pula, disediakan bus kampus yang berkeliling kampus dengan rute gerbang barat – roundabout – MUA – GSG – FIP – FIK – FT – FE – FIS – FMIPA – Rektorat – PKM – gerbang barat. Empat bus yang tersedia bergerak dengan selang waktu 15 menit dengan kapasitas maksimal 30 orang. Tersedia pula sepeda kampus di GSG lantai I bersamaan dengan uji coba kendaraan listrik sebagai sarana transportasi khusus.

“Tentu sangat disarankan untuk bersepeda atau berjalan kaki,” tandas Teguh Prihanto, Ketua Divisi Green Architecture & Internal Transportation Badan Pengembangan Konservasi Unnes.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 12.199 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

22 komentar pada “Petunjuk Memarkir Kendaraan di Kampus Sekaran

  1. Selamat pagi.
    Saya Tegar Putra Adi Nugraha, Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi Semester 3.
    Menanggapi kebijakan diatas dan saran dari Bapak Teguh Prihanto, mungkin perlu diperhatikan juga mengenai kelayakan sepedanya. 2 Januari 2012 kemarin teman saya ditugaskan untuk menjemput pembicara asal libanon untuk mengisi acara kuliah umum CULDERAC di Fakultas Ilmu Sosial. Ia diperintahkan menggunakan sepeda yang disediakan oleh UNNES tapi ketika dijalan tiba-tiba rantainya lepas. Sehingga ia harus berlali mendorong sepeda yang dipinjamnya tersebut didepan mobil pembicara.
    Terima kasih atensinya.

  2. Assalammualaikum wr. Wb
    selamat pagi…
    Saya Alfisyahr Izzati mahasiswi Sos-Ant semester 1
    Menanggapi kebijakan pd point ketujuh mengenai parkir warga FIS, kemarin saya mencoba rute parkir yg ditentukan untuk warga FIS tsb. Yg ada d benak sy adalah sy khawatir rute parkir baru tsb justru akan mngganggu perjalanan para pejalan kaki karena kendaraan bermotor jg akan melalui jalan yg biasa digunakan pejalan kaki dr arah PAUD (samping gedung ekonomi) dan jalan kecil di samping C5. Jalan kecil itu merupakan jalan padat pejalan kaki pd hari2 aktif kuliah… Mohon ditinjau ulang :)
    Semangat konservasi

  3. KAMPUS UNNES gak hanya di sekaran loh. semoga kebijakan ini diimbangi dengan pelayanan dan fasilitas yang baik. berarti gak semua free dari kendaraan n tu juga sampe jam 4.. kaya formalitas aja. trims

  4. Assalamu’alaikum ,.. salam konservasi !

    Terima kasih atas segala atensi, dukungan, saran dan koreksi program pengembangan transportasi ramah lingkungan. Program Transportasi ramah lingkungan Sebagian mimpi besar universitas konservasi UNNES saat ini telah diimplementasikan, terlepas dari segala kekurangan yang ada. Namun track tetap harus dilewati sebagai pemicu tersulutnya sumbu-sumbu program yang telah dirancang. Secara bertahap segala fasilitas yang menyangkut kenyamanan pengguna, baik pejalan kaki, pengguna sepeda maupun pengguna transportasi massal akan dibenahi dan dilengkapi agar pengguna mendapatkan hak-haknya secara proporsional. Kita sebagai warga Unnes tentu juga sebaiknya menyiapkan diri kita untuk mendukung program ini, dengan memperhitungkan waktu, perlengkapan diri, menjaga stamina dan keperluan pribadi kita masing-masing. Kesan “manja” orang Indonesia mestilah kita hilangkan secara pelan-pelan, sehingga menjadi pribadi mandiri yang tidak cepat mengeluh jika mendapatkan hal-hal diluar kehendaknya. Semoga semangat ini tetap terjaga dan tidak luntur, karena ini sebagian sumbang sih kita bagi lingkungan. Sedikit, namun memberikan arti besar. Salam konservasi …
    Wassalamu’alaikum ..
    Road map Program Transportasi Internal yang ramah lingkungan dapat download di : https://www.box.com/s/77lvezhsm8bto8n545pu
    Masukan, koreksi, laporan silakan via email:
    transportasi.unnes@gmail.com

  5. alangkah baiknya ketika masuk kuliah sosialisasi ini perlu adanya sebuah diskusi yang melibatkan berbagai pihak
    ketika sebuah kebijakan jalan maka konsequensi kebijakan juga harus dipenuhi,,agar sesuatu itu tidak menjadi prematur n unsuccsess,,
    mohon diperhatikan dari berbagai sudut pandang
    terimakasih

  6. Ralat
    Saya mahasiswa FT, cuma mau nanya kapasitas kendaraan yang ada di parkiran belakang lapangan FIK berapa? Apa cukup untuk kendaraan dari 2 fakultas sekaligus? (FT n FIK) ?

  7. Siang, komentar dikit boleh ya. Kalo liat denah parkirnya kok hampir sama sebelum adanya program ini ya? Bedanya cuma akses jalannya yg diubah. yg saya dengar dulu semua kendaraan diparkir di gedung baru (GSG) tsb. Gmn pendapat tmn2?

  8. Tujuan program konservasi pada dasarnya untuk memberikan kesadaran akan hak-hak lingkungan dan alam. Sehingga diharapkan kita sebagai bagian lembaga pendidikan memiliki sudut pandang positif terhadap hasil akhir program yang lebih baik dan bernilai bagi lingkungan. Jika sudut pandang negatif, yang ada hanya tuntutan yang seakan segalanya berhubungan dengan pelayanan dan pelayanan. Setiap warga Unnes adalah subyek, sehingga perlu adanya kesadaran bagaimana sebuah sistem/program/kebijakan dapat berjalan dengan baik. Step by step tentu akan ada evaluasi. Tak kan ada evaluasi jika sistem belum diterapkan. Sosialisasi akan terus menerus dilakukan, tidak hanya secara langsung, silakan mendownload di unnes.ac.id, ikuti perkembangan terbaru dan sampaikan surat / kunjungan Badan Konservasi untuk klarifikasi lebih jelas tentang program ini. Sehingga memahami program ini tidak setengah-setengah. Salam Konservasi !

  9. ”Adapun di luar jam kerja dan hari libur, kendaraan bermotor bebas memasuki area dalam kampus.”

    kurang bagus pak, mending di full time aja biar konserfasinya emang bener” konserfasi….
    nah jika ada kuliah jam 03.00 PM sampai selesai apakah motor akan di kempesi karna belum dipindahkan ?

  10. semoga kebijakan ini menjadi sukses sehingga banyak univ dan lembaga yang lain yang meniru kita,,, dan kita sebagai pionir..

  11. smoga semua yg di canangkan unnes sekaran berjalan sukses….amien………dgn begitu keamanan kendaraan terjamin…..tapi kalo mtor / mbil , helm hilang, lecet, unnes tangung jwb tdk ya ?

  12. Assalamualaikum,,,,wr.wb
    Pertama kebijakan tersebut tentunya berniat positif jika dikaitkan dengan masalah lingkungan (alam), dan saya yakin itu ada manfaat bagi para civitas akademik UNNES khususnya, dan lebih luasnya manusia di dunia (semoga).
    Meskipun “fenomena” kebijakan tanpa diimbangi dengan fasilitas yg mendukung sepertinya sudah menjadi kebiasan di negeri ini, termasuk kebijakan ini, bahwa kurangnya fasilitas yang mendukung mungkin seperti: sepeda, skuter, otoped mungkin sbgai kndaraan yg disediakan diberbagai titik di kampus itu yang diperbanyak, beserta parkirnya. Maaf knpa saya tidak menyebut “bus kmpus” sbgai fasilitas dlm kbijakan ini, menurut hemat saya akan lebih total lagi kbjakan tersebut jika tdk menggunakan bus UNNES, kenapa? ya tentunya bus tersebut masih mengeluarkan polusi udara dan membutuhkan BBM, apalagi bus UNNES yang sudah berumur, 1 lg ini penting, “don’t smoke in campus area” harus dicanangkan,,kedepanya. Terimakasih

  13. Pro Bahar :
    Kendaraan Parkir yang kemungkinan Lewat jam 16.00 silakan mencatatkan diri (melapor)ke petugas parkir dengan meninggalkan nama, no kendaraan nomor hp. Dengan mengkonfirmasi kepada petugas, maka setelah jam kerja berakhir akan ada konfirmasi lebih lanjut tentang parkir kendaraan. Atau jika ingin lebih aman, silakan parkir di GSG (lantai 2) saja karena lebih terkontrol.

    Pro Exan dan Adi : :) .. dengan cek STNK kehilangan kendaraan akan terantisipasi, namun untuk helm dan yg lain silakan diantisipasi sendiri

    Pro Anto : bus kampus bukan sebagai prioritas utama dalam program dan sifatnya pendukung untuk pengguna yang sangat membutuhkan mobilisasi antar tempat, khususnya bagi usia lanjut, tidak sehat, repot membawa barang, dan saat berhalangan khusus. Tetap kami sarankan bersepeda atau berjalan kaki. Ke depan don’t smoke in campus tetap kami programkan.

  14. mohon maaf. klo mobil di parkir di GSG lantai 4+5 lift kenapa blm berfungsi? lalu saya bsk ada ujian jam3 sore parkiran mobil di gsg sampai sekiranya ujian selesai masih akan tetap dibuka kan? mohon pencerahannya . salam konservasi!

  15. Untuk parkir di GSG pengamanan 24 jam, bisa disampaikan ke Satpam untuk konfirmasi jika nanti pulang melebihi jam pulang kantor. Saat ini GSG masih dalam tahap penyempurnaan sarana prasarana, termasuk lift. Mohon maklum adanya. Salam konservasi !

  16. alhamdulillah, UNNES semakin banyak kemajuan.perbaikan yang demikianlah yang insyaalloh akan bermanfaat bagi semua pihak.mudah-mudahan dukungan dan doa akan semakin mengalir.

  17. Wah, sudah cukup lama dilaksanakan tapi baru tahu saya ini info. Hehe..
    Yang sedikit mengecewakan adalah pembuatan lahan parkir di dekat pintu utama Unnes, yang membuat beberapa pohon ditebangi. Padahal saya lihat di GSG masih banyak parkir yang kosong.
    Salam konservasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *