Petugas Kebersihan pun Ikut Menari

Jumat, 4 Oktober 2013 | 18:41 WIB


Petugas Kebersihan pun Ikut Menari
humas/sihono

Adalah hal yang lumrah jika Anda mendapati mahasiswa dan dosen menari di lingkungan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes). Tapi, apa jadinya jika petugas kebersihan di fakultas itu turut menari?

Itulah yang terjadi saat Pembukaan Bulan Bahasa dan Seni FBS Unnes, Jumat (4/10). Sebanyak 21 petugas kebersihan yang kesehariannya berkewajiban membersihkan area fakultas, turut ambil bagian dalam perhelatan tahunan itu.

Ketua Panitia Triyanto MA mengungkapkan, dilibatkannya mereka dalam acara ini merupakan salah wujud penghargaan. “Sehingga acara di kampus tidak hanya diikuti oleh mahasiswa dan dosen saja,” ujarnya.

Bulan Bahasa dan Seni tahun ini, menurutnya, mengambil tema “Harmoni Bahasa dan Seni sebagai Wahana Pengembangan Fakultas Berbasis Budaya.  “Fakultas ini harus selalu menjadi yang terdepan dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan,” kata Triyanto.

Para petugas itu ambil bagian dalam rangkaian drama “Brayut” yang merupakan wujud keguyuban dan kegotong-royongan yang harus senantiasa dibangun, terutama di Universitas Konservasi.

Brayut, yang diciptakan oleh dosen Seni Rupa Purwanto MPd, diawali dengan tembang Pangkur yang bertemakan hal yang sama,  kemudian dilanjutkan penampilan petugas kebersihan, pembacaan geguritan oleh ketua jurusan se-FBS, dan diakhiri dengan tari “Tak Tok” oleh mahasiswa Prodi Seni Tari.

Sebelum acara dimulai, kehadiran Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman disambut dengan atraksi barongan. Setelah itu, semua yang hadir kemudian melakukan senam bersama.

Prof Fathur menungkapkan, dalam waktu dekat, Unnes akan merealisasikan Kampung Budaya yang bakal menjadi laboratorium kebudayaan Indonesia. “Kampung Budaya akan menjadi daya pikat mahasiswa asing dalam belajar kebudayaan di Universitas Konservasi,” tandas Prof Fathur.

Menurutnya, dengan upaya itu, Unnes akan makin dikenal tidak hanya dalam tataran nasional, tapi hingga mancanegara. “Hal itu tentu selaras dengan visi konservasi budaya yang selalu diusung Unnes,” kata Prof Fathur.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.779 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Petugas Kebersihan pun Ikut Menari

  1. FBS memang hebat,,,,sebagai alumni FE saya merasa punya ikatan batin khusus dengan FBS………………………..LANJUTKAN!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X