Tanya-Jawab Seputar SNMPTN Jalur Undangan (Bagian I)

Kamis, 12 Januari 2012 | 9:34 WIB


Setelah berita tentang pendaftaran peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2012 diturunkan, sejumlah pertanyaan mengemuka dari para pembaca. Berikut pertanyaan sekaligus jawabannya.

Apa sebenarnya SNMPTN Jalur Undangan?

SNMPTN Jalur Undangan merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan. Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

Apakah semua sekolah bisa mengikuti jalur ini?

Tidak semua. Hanya sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN yang bisa merekomendasikan siswanya mengikuti seleksi di jalur ini.

Di mana saya bisa tahu bahwa sekolah kami termasuk  yang diundang?

Daftar sekolah yang diundang bisa dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).

Jika sekolah kami belum masuk daftar itu?

Kepala sekolah dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.

Apa sih syaratnya sekolah bisa mengikuti jalur ini?

SMA/SMK/MA/MAK baik negeri maupun swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011.

Jadi, kalau sekolah saya termasuk  yang terdaftar di laman itu, pasti saya bisa mendaftar di jalur ini?

Belum tentu.  Selain duduk di kelas terakhir yang akan mengikuti Ujian Nasional pada 2012, kamu harus memperoleh rekomendasi kepala sekolah. Selain itu, memiliki kesehatan memadai yang tidak mengganggu pembelajaran di perguruan tinggi serta tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Apa pula syarat untuk mendapatkan rekomendasi kepala sekolah?

Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh kepala sekolah, yaitu masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester III, IV, dan V dengan ketentuan berdasarkan akreditasi. Akreditasi yang dimaksud, akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK.

Ada perinciannya?

Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5. Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5. Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa Indonesia berdasarkan nilai pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012. (Bersambung)


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 17.337 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

69 komentar pada “Tanya-Jawab Seputar SNMPTN Jalur Undangan (Bagian I)

  1. kalo jalur undangan itu daya tampungnya berapa ya? syarat.syaratnya apa aja sih? nilai yang diunggulkan mapel apa? kalo peringkat dikelas naik turun tapi masih dalam porsi 50% misalnya, punya peluang apa tidak?

  2. kalo sekolah saya tidak terdaftar dalam jalur SNMPTN jika saya tidak mengajukan ke kepala sekolah sebaliknya saya mengikuti jalur SNMPTN bersama, apakah itu bisa ? bagaimana caranya ? dan kapan ujian itu dimulai ? mohon pencerahaannya, terima kasih.

  3. Baca…baca dan baca…
    1. coba lihat SNMPT Undangan ini tentunya adalah jalur undangan, jadi sekolahlah yang menentukan siapa yang menjadi wakil peserta ujian ini.
    2. Pendaftaran SNMPTN jalur undangan telah DIBUKA, tapi jalur umum silahkan tunggu pengumumannya lagi.
    3. Yang menentukan sekolah mana yang berhak daftar itu panitia SNMPTN (kalau saya tdak salah, jadi silahkan kontak dan tanya pada sekolah masing-masing)

  4. kalo jalur undangan itu daya tampungnya berapa ya? syarat.syaratnya apa aja sih? nilai yang diunggulkan mapel apa? dan rata-rata nilai rapotnya harus minimal berapa?

  5. kalau ikut jalur snmptn ini,,bsa tidak lulusan 2010 ikut??????????????
    trus bsa di trima lulusan sma/smk luar jawa????????????
    trima kasih

  6. untuk snmptn jalur tertulis bisa diikuti lulusan 2010.
    tapi untuk snmptn jalur undangan hanya dapat diikuti lulusan 2011 yang saat ini telah menempuh smt 5. karena berdasarkan pengalaman, nilai yg diinput ke snmptn dari smt 1 sd 5.
    syarat sederhana, hanya siswa yg direkomendasikan sekolah yg dapat mengikuti snmptn undangan.

  7. Assalamu’alaikum,
    saya ingin menanyakan, dimanakah saya dapat memperoleh informasi2 mengenai PMB UNNES 2012, ini berkenaan dengan kegiatan : http://cuf2012.co.cc/cuf-2012/
    kami sebagai panitia lokal UNNES berharap dapat memperoleh leaflet resmi yang diedarkan oleh UNNES…
    Trimakasih
    Wls

  8. Website resmi SNMPTN

    Pemberitahuan

    Website resmi SNMPTN (snmptn.ac.id) dapat mulai diakses pada tanggal 19 Januari 2012 pukul 20:00 WIB

  9. yang boleh ikut snmptn undangan itu hanya lulusan 2012 atau lulusan 2011 juga bisa ikut???
    tolong jwb yah… :)
    trimakasih
    salam

  10. kalo misalnya nilai dari semester 1 sampe 3 naik turun tapi masih tetep 10 bsar, trus semester berikutnya mningkat, mungkin ga bisa masuk SNMPTN????

  11. lintas jalur dari IPA ke IPS waktu SNMPTN Undangan bisa atau tidak? dan perguruan tinggi mana saja yang memperbolehkan lintas jalur tsb?

  12. syarat-syarat agar bisa mengikuti SNMPTN jalur undangan itu apa saja??
    dan kalau dari smestr 1-5 ada salah satu nilai mapel yg turun, itu boleh ikut apa ndak?

  13. kak , mw tanya .. apa yg mnjdi wkil dri skolah lwt jlur undangan ini hanya yg d smester 3 , 4 dan 5 itu yang masuk 3 besar ja .? klu yg msuknya 10 besar biza ikut ndax .?

  14. Tanya boss…untuk anak jurusan IPA boleh memilih jurusan yang serumpun dengan IPS tidak??atau sebalinya…
    mohon jawabanya…

  15. Bagaimana jika jurusan sekolah kami tidak tercantum dalam daftar jurusan ( REKAYASA PERANGKAT LUNAK)? Se,mentara pendaftar ada di jurusan tersebut.

  16. maaf sebelumnya. saya mau tau tentang jurusan/fakultas yang paling di minati itu apa. dan juruan yang pasti ketrima itu apa. karena aku pengin banget kuliah. aku gak tau harus gimana lagi… ! makasih atas perhatiannya.

  17. Mw nax, q kan dah daftar SNMPTN jalur undangan, n tinggal nnggu pengumumanx, nah yg jd pertaxanq : apa bsa aq mendaftar untk mengikuti SNMPTN tertulis? Atau apa q hrus nunggu smpai pengumuman yg jalur undangan keluar? Sdngkn pengumumanx tgl 28mei, n pendaftaran jalur
    Tertulis terakhir tgl 31mei.

  18. mau tanya nih..kalo pengisian nama snmptn tulis gak sama dengan nama yg tertera di kartu pembayaran bank nya gimana , bisa apa enggak ya? makasih…

  19. gimana kalo waktu semester 3 dapet renking 7 terus pas semester 4, ranking 3,semester 5 raking 3 apakah itu bisa dapet jalur undangan ga ya?

  20. wah kalo masuk ke halaman ini http://undangan.snmptn.ac.id harus isi username dan pasword. gimana tuh?

    mau tanya juga, kalo sya termasuk pararel 17 di sekolah kan masuk dalam syarat 50% jalur undangan. tapi di semster ini ada 1 nilai sya yang turun dari 85 ke 83. apa sya masih punya peluang jalur undangan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X