Tanya-Jawab Seputar SNMPTN Jalur Undangan (Bagian I)

Kamis, 12 Januari 2012 | 9:34

Berita Terkait

Setelah berita tentang pendaftaran peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2012 diturunkan, sejumlah pertanyaan mengemuka dari para pembaca. Berikut pertanyaan sekaligus jawabannya.

Apa sebenarnya SNMPTN Jalur Undangan?

SNMPTN Jalur Undangan merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan. Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

Apakah semua sekolah bisa mengikuti jalur ini?

Tidak semua. Hanya sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN yang bisa merekomendasikan siswanya mengikuti seleksi di jalur ini.

Di mana saya bisa tahu bahwa sekolah kami termasuk  yang diundang?

Daftar sekolah yang diundang bisa dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).

Jika sekolah kami belum masuk daftar itu?

Kepala sekolah dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.

Apa sih syaratnya sekolah bisa mengikuti jalur ini?

SMA/SMK/MA/MAK baik negeri maupun swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011.

Jadi, kalau sekolah saya termasuk  yang terdaftar di laman itu, pasti saya bisa mendaftar di jalur ini?

Belum tentu.  Selain duduk di kelas terakhir yang akan mengikuti Ujian Nasional pada 2012, kamu harus memperoleh rekomendasi kepala sekolah. Selain itu, memiliki kesehatan memadai yang tidak mengganggu pembelajaran di perguruan tinggi serta tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Apa pula syarat untuk mendapatkan rekomendasi kepala sekolah?

Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh kepala sekolah, yaitu masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester III, IV, dan V dengan ketentuan berdasarkan akreditasi. Akreditasi yang dimaksud, akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK.

Ada perinciannya?

Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5. Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4, dan 5. Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa Indonesia berdasarkan nilai pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012. (Bersambung)

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

67 Komentar untuk “Tanya-Jawab Seputar SNMPTN Jalur Undangan (Bagian I)”

  1. ulfa rohmah

    Kamis, 12 Januari 2012 | 11:52

    kalo jalur undangan itu daya tampungnya berapa ya? syarat.syaratnya apa aja sih? nilai yang diunggulkan mapel apa? kalo peringkat dikelas naik turun tapi masih dalam porsi 50% misalnya, punya peluang apa tidak?

  2. boy abri pranoto

    Kamis, 12 Januari 2012 | 18:09

    Kalo pendaftaran tahun 2012 di buka tanggal berapa…???

  3. qunifah

    Kamis, 12 Januari 2012 | 19:04

    kalo sekolah saya tidak terdaftar dalam jalur SNMPTN jika saya tidak mengajukan ke kepala sekolah sebaliknya saya mengikuti jalur SNMPTN bersama, apakah itu bisa ? bagaimana caranya ? dan kapan ujian itu dimulai ? mohon pencerahaannya, terima kasih.

  4. dian agung

    Jumat, 13 Januari 2012 | 06:24

    gw siswa stemba smg lulusan thn 2011. Agar bs ikut snmptn caranya bagaimana?

  5. Lisda

    Jumat, 13 Januari 2012 | 09:40

    Baca…baca dan baca…
    1. coba lihat SNMPT Undangan ini tentunya adalah jalur undangan, jadi sekolahlah yang menentukan siapa yang menjadi wakil peserta ujian ini.
    2. Pendaftaran SNMPTN jalur undangan telah DIBUKA, tapi jalur umum silahkan tunggu pengumumannya lagi.
    3. Yang menentukan sekolah mana yang berhak daftar itu panitia SNMPTN (kalau saya tdak salah, jadi silahkan kontak dan tanya pada sekolah masing-masing)

  6. Fauzanah Indri Lestari

    Jumat, 13 Januari 2012 | 09:46

    kalo jalur undangan itu daya tampungnya berapa ya? syarat.syaratnya apa aja sih? nilai yang diunggulkan mapel apa? dan rata-rata nilai rapotnya harus minimal berapa?

  7. joko 3 suprianto

    Jumat, 13 Januari 2012 | 10:42

    jurusan apa yang paling banyak di minati orang??????????????????????????????????????????????????????????????????????

  8. tahroni

    Jumat, 13 Januari 2012 | 15:29

    kalau mau mendaftar snmptn jalur undangan tapi memperoleh beasiswa bidikmisi di unnes, caranya bagaimana?

  9. ade sulastri

    Jumat, 13 Januari 2012 | 16:16

    lulusan 2011 bs ikut ngga?

  10. Ana M.Khiftiya

    Sabtu, 14 Januari 2012 | 09:02

    Jadi nanti nilai yang dimasukkan nilai semester 3-5 atau 1-5????

  11. evi indryani

    Sabtu, 14 Januari 2012 | 11:36

    kalau ikut jalur snmptn ini,,bsa tidak lulusan 2010 ikut??????????????
    trus bsa di trima lulusan sma/smk luar jawa????????????
    trima kasih

  12. ellia

    Minggu, 15 Januari 2012 | 06:26

    untuk snmptn jalur tertulis bisa diikuti lulusan 2010.
    tapi untuk snmptn jalur undangan hanya dapat diikuti lulusan 2011 yang saat ini telah menempuh smt 5. karena berdasarkan pengalaman, nilai yg diinput ke snmptn dari smt 1 sd 5.
    syarat sederhana, hanya siswa yg direkomendasikan sekolah yg dapat mengikuti snmptn undangan.

  13. nana

    Minggu, 15 Januari 2012 | 09:52

    SNMPTN 2012 udah di buka yaa?
    gimana cara daftarnya? :)

  14. faqih

    Minggu, 15 Januari 2012 | 10:49

    hmm, kalau lulusan tahun kemaren apakah masih bisa mengikuti SNMPTN jalur undangan ini ?

  15. Dewi Khoirunnisa

    Minggu, 15 Januari 2012 | 13:05

    Assalamu’alaikum,
    saya ingin menanyakan, dimanakah saya dapat memperoleh informasi2 mengenai PMB UNNES 2012, ini berkenaan dengan kegiatan : http://cuf2012.co.cc/cuf-2012/
    kami sebagai panitia lokal UNNES berharap dapat memperoleh leaflet resmi yang diedarkan oleh UNNES…
    Trimakasih
    Wls

  16. wulan

    Minggu, 15 Januari 2012 | 15:45

    saya bingung, mau masuk universitas tapi keadaan ekonomi orang tua saya kurang mencukupi. Mohon petunjuknya..

  17. ellia

    Minggu, 15 Januari 2012 | 19:00

    cari saja info tentang bidik misi, snmptn jalur undangan bidikmisi.

  18. ellia

    Minggu, 15 Januari 2012 | 19:03

    Website resmi SNMPTN

    Pemberitahuan

    Website resmi SNMPTN (snmptn.ac.id) dapat mulai diakses pada tanggal 19 Januari 2012 pukul 20:00 WIB

  19. endah

    Minggu, 15 Januari 2012 | 20:12

    yang boleh ikut snmptn undangan itu hanya lulusan 2012 atau lulusan 2011 juga bisa ikut???
    tolong jwb yah… :)
    trimakasih
    salam

  20. dedy purnomo

    Minggu, 15 Januari 2012 | 20:36

    kami sekolah yang ada di prov. riau ada yang masuk kategori di undang gak pak?….

  21. chun

    Senin, 16 Januari 2012 | 11:26

    mau tanya…lewat undangan itu yang diliat nilai permapel apa rata2 nilai semua rapot.trimakasih.

  22. faiziyah

    Selasa, 17 Januari 2012 | 10:31

    kalo misalnya nilai dari semester 1 sampe 3 naik turun tapi masih tetep 10 bsar, trus semester berikutnya mningkat, mungkin ga bisa masuk SNMPTN????

  23. maya sambuari

    Selasa, 17 Januari 2012 | 10:45

    stiap sekolah yang di undang itu ada berapa???

  24. Ririn

    Selasa, 17 Januari 2012 | 17:08

    bagi lulusan tahun 2010/2011 bisa ikut SNMPTN jalur undangan gag????

  25. isnan

    Kamis, 19 Januari 2012 | 22:24

    misalkan ada sekolah dari luar propinsi jawa tengah apakah bisa juga mendaftar jalur undangan?

  26. indah

    Jumat, 20 Januari 2012 | 14:12

    lulusan thn 2011 bsa ikut snmptn undangan lagi?? bgaimana caranya??

  27. arin

    Sabtu, 21 Januari 2012 | 20:20

    lintas jalur dari IPA ke IPS waktu SNMPTN Undangan bisa atau tidak? dan perguruan tinggi mana saja yang memperbolehkan lintas jalur tsb?

  28. Riski

    Senin, 23 Januari 2012 | 11:19

    syarat-syarat agar bisa mengikuti SNMPTN jalur undangan itu apa saja??
    dan kalau dari smestr 1-5 ada salah satu nilai mapel yg turun, itu boleh ikut apa ndak?

  29. kukuh muhammad

    Selasa, 24 Januari 2012 | 19:57

    saya lulusan snmptn 2011 boleh tdak ikut snmptn undangan tahun 2012 ???jwb ea

  30. Syara

    Rabu, 25 Januari 2012 | 02:02

    mau tanya daya tampung fmipa sama fkm berapa?

  31. Humas Unnes

    Rabu, 25 Januari 2012 | 17:41

    Semua informasi berkenaan dengan SNMPTN dapat dilihat pada laman resmi http://snmptn.ac.id
    Terima kasih.

  32. ara

    Senin, 30 Januari 2012 | 05:28

    saya mau tanya, apabila diterima di snmptn undangan apaboleh mengundurkan diri apabila dalam keadaan terpaksa? mohon jawabannya

  33. Nur Halimah

    Selasa, 31 Januari 2012 | 17:41

    kak , mw tanya .. apa yg mnjdi wkil dri skolah lwt jlur undangan ini hanya yg d smester 3 , 4 dan 5 itu yang masuk 3 besar ja .? klu yg msuknya 10 besar biza ikut ndax .?

  34. Iqbal

    Selasa, 31 Januari 2012 | 22:33

    Gimana buat yang ranking nya naik turun, tapi nilainya ga turun.
    apa mungkin bisa masuk ?
    mohon jawabannya.

  35. ismiyanto

    Selasa, 7 Februari 2012 | 08:04

    Tanya boss…untuk anak jurusan IPA boleh memilih jurusan yang serumpun dengan IPS tidak??atau sebalinya…
    mohon jawabanya…

  36. fitri

    Selasa, 7 Februari 2012 | 12:36

    apa boleh anak program ipa mengisi jurusan program ips untuk jalur bidik missi undangan ?
    mohon penjelasannya…

  37. tini hernawati

    Rabu, 15 Februari 2012 | 13:23

    Bagaimana jika jurusan sekolah kami tidak tercantum dalam daftar jurusan ( REKAYASA PERANGKAT LUNAK)? Se,mentara pendaftar ada di jurusan tersebut.

  38. irfan

    Minggu, 26 Februari 2012 | 17:19

    apakah unnes memperbolehkan siswa IPA mendaftar progam studi IPS ?

  39. yohanes septo

    Selasa, 28 Februari 2012 | 16:49

    mas kapan jalur tertulisnya dibuka

  40. Alfi s

    Minggu, 4 Maret 2012 | 20:27

    hallo,, saya mau menanyakan apakah prodi yang di pilih masih bisa di ganti?
    tolong di balas ya

  41. jonye

    Rabu, 2 Mei 2012 | 11:53

    assalamualaikum wr.wb. mau tanya kalau ikut snmptn 2013 boleh gak…? tpi saya lulusan 2011.makasih

  42. jonye

    Rabu, 2 Mei 2012 | 12:00

    maaf sebelumnya. saya mau tau tentang jurusan/fakultas yang paling di minati itu apa. dan juruan yang pasti ketrima itu apa. karena aku pengin banget kuliah. aku gak tau harus gimana lagi… ! makasih atas perhatiannya.

  43. Valent

    Minggu, 13 Mei 2012 | 07:22

    Mw nax, q kan dah daftar SNMPTN jalur undangan, n tinggal nnggu pengumumanx, nah yg jd pertaxanq : apa bsa aq mendaftar untk mengikuti SNMPTN tertulis? Atau apa q hrus nunggu smpai pengumuman yg jalur undangan keluar? Sdngkn pengumumanx tgl 28mei, n pendaftaran jalur
    Tertulis terakhir tgl 31mei.

  44. ghofar

    Senin, 28 Mei 2012 | 20:42

    mau tanya , kalau lulusan tahun 2010, msih bsa ikt daftar program bidikmisi gk?
    makasihh

  45. Way

    Senin, 28 Mei 2012 | 21:45

    mau tanya nih..kalo pengisian nama snmptn tulis gak sama dengan nama yg tertera di kartu pembayaran bank nya gimana , bisa apa enggak ya? makasih…

  46. Nila

    Minggu, 16 Desember 2012 | 19:35

    Nilai yg di lihat dri smster brp aja?

  47. manda

    Sabtu, 22 Desember 2012 | 17:44

    gimana kalo waktu semester 3 dapet renking 7 terus pas semester 4, ranking 3,semester 5 raking 3 apakah itu bisa dapet jalur undangan ga ya?

  48. irbah

    Kamis, 27 Desember 2012 | 16:22

    wah kalo masuk ke halaman ini http://undangan.snmptn.ac.id harus isi username dan pasword. gimana tuh?

    mau tanya juga, kalo sya termasuk pararel 17 di sekolah kan masuk dalam syarat 50% jalur undangan. tapi di semster ini ada 1 nilai sya yang turun dari 85 ke 83. apa sya masih punya peluang jalur undangan ?

  49. Dini

    Sabtu, 12 Januari 2013 | 09:11

    Apakah lintas jalur IPA ke IPS diperbolehkan?

  50. ijhy

    Selasa, 12 Februari 2013 | 17:15

    bagaimana kalau sudah daftar snmptn tapi kepsek belummerekomendasikan untuk daftar ??

  51. justi

    Sabtu, 6 Juli 2013 | 09:34

    apakah kalo nilai rapot turun bisa dapat PMDK?

  52. Anisa Nur Rahmawati

    Sabtu, 21 Desember 2013 | 07:52

    Iya, kalau rangkingnya naik turun, itu bisa aja ikut atau nggak?
    untuk jurusan SMK Multimedia itu nilai yang jadi pertimbangannya apa saja?
    Dan untuk jurusan Multimedia, lebih banyak masuk universitas mana??

    Mohon dijawab ya kak ,, Makasih

  53. nora aprilia

    Selasa, 14 Januari 2014 | 14:00

    kak, aku mau minta pendapat sama solusi, soalnya masih bingung. aku mau ngambil jurusan ekonomi pembangunan tapi nilai ekonomi di raport ku ada yang turun, malah geografi sama sosiologi yang lebih meningkat di banding ekonomi??

  54. memey

    Jumat, 7 Februari 2014 | 21:26

    Bagaimana peluang memilih PTN di luar pulau?

  55. umi apriliyani

    Minggu, 9 Februari 2014 | 11:15

    kak, mau tanya jika nilai raportnya dari sem. 1-5 ada nilai 7 nya dua bukan yang di UN kan gimana kak? apa bisa mengikuti?

  56. umi apriliyani

    Minggu, 9 Februari 2014 | 11:20

    dan satu lagi kak, tetapi raportnya itu masih bisa masuk 5 besar
    yang dapat nilai 7 itu seni budaya dan olahraga.
    jika tidak di terima apakah bisa mengikuti jalur lain kak? terima kasih

  57. korfi prita

    Jumat, 21 Februari 2014 | 10:34

    apakah anak IPa bisa pilih IPS pada jalur undangan

  58. ratna

    Senin, 24 Februari 2014 | 19:51

    Perguruan Tinggi apa yang matching sama kejuruan multimedia ?

  59. mega

    Rabu, 26 Februari 2014 | 17:38

    kenapa untukn jurusan agama belum bisa ? padahal udah nyobak daftr, tolong ditindak lanjutkan ya

  60. mega

    Rabu, 26 Februari 2014 | 17:40

    ada lagi kak apakah yang bisa masuk snmptn itu yg rank 1-5 aja?

  61. Rani

    Selasa, 11 Maret 2014 | 15:44

    Ass , ,
    mau tanya , apabila terjadi kesalahan nama pada snmptn , apakah bermasalah saat telah lulus snmptn?

  62. citra

    Selasa, 11 Maret 2014 | 20:07

    mau tanya dalampengisian data snmptn saya salah mengisi kode pos .. gimana yah ?

  63. Suherman warasi

    Senin, 17 Maret 2014 | 18:03

    apakah boleh mendaftar di bidik misi dan jalur undangan sekaligus

  64. euis liani

    Minggu, 23 Maret 2014 | 15:00

    Apabila kita telah daftar snmptn, tapi kita salah memasukan kode pos dari tempat kita tinggal, itu gimana ya?

  65. MUSLIMAH

    Jumat, 13 Juni 2014 | 11:42

    Kalau tidak lolos SNMPTN apakah bidikmisi nys juga gagal
    /

  66. MUSLIMAH

    Jumat, 13 Juni 2014 | 11:43

    apakah bidikmisi bisa melalui manndirimandiri

  67. MUSLIMAH

    Jumat, 13 Juni 2014 | 11:44

    apakah bidikmisi bisa melalui mandiri?