56 Tahun UNNES Terus Mengukir Prestasi Tiada Henti

Selasa, 30 Maret 2021 | 13:46 WIB


56 Tahun UNNES Terus Mengukir Prestasi Tiada Henti

Peringatan dies natalis ke-56 Universitas Negeri Semarang pagi hari ini diliputi kebahagiaan, perasaan bangga, dan penuh rasa syukur berkat diraihnya berbagai prestasi pada tahun 2020 dan awal 2021 ini.

Salah satu prestasi tersebut adalah posisi UNNES dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 yang menjadi perguruan tinggi negeri terfavorit ke-4 secara nasional. Jumlah pendaftar SNMPTN ke UNNES tahun mencapai 40 ribu, mengalami kenaikan lebih dari 16 ribu dibanding tahun lalu.

Kenaikan jumlah pendaftar ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan publik terhadap layanan pendidikan yang diberika UNNES. Kenaikan jumlah pendaftar juga menunjukkan meningkatnya reputasi UNNES di kalangan anak muda sebagai perguruan tinggi yang dipilih sebagai pijakan masa depan gemilang mereka.

UNNES juga baru saja menerima penghargaan sebagai perguruan tinggi PTN BLU peringkat 1 dalam kinerja anggaran tahun 2020.  Atas prestasi itulah, UNNES ditunjuk oleh pemerintah mewakili Badan layanan Umum di Indonesia dalam penandatanganan kerja sama dalam rangka meningkatkan layanan Badan Layanan Umum (BLU) dengan Kementerian Keuangan untuk mewujudkan reformasi fundamental guna mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi tahun 2021.

Di bidang kemahasiswaan, prestasi internasional yang diraih mahasiswa juga semakin membanggakan. Salah satunya diraih oleh mahasiswa Jurusan Seni Musik UNNES yaitu Nadya Putri Oktaviani Sari yang baru saja menorehkan prestasi internasional dalam Sopravita International Festival, event internasional yang diselenggarakan di Italia. Dalam event itu, Nadya berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus yaitu Gold Medal untuk Kategori Pop Jazz, Gold Medal untuk Kategori Folk Vocal, dan Nilai Tertinggi untuk Kategori Usia 17-19 tahun.

“Berbagai prestasi itu melengkapi prestasi-prestasi lain yang ditorehkan UNNES dalam berbagai bidang. Sebelumnya, pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Internasional (Pimnas) tahun 2020 lalu mahasiswa UNNES berhasil meraih tiga emas, tiga perak, dan satu perunggu yang membuat UNNES berada pada peringkat 7 nasional. Pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) tahun 2020, mahasiswa UNNES berhasil meraih enam medali yang membuat UNNES berada di peringkat dua peraih medali terbanyak secara nasional. Dalam bidang tata kelola lingkungan, UNNES kembali mengukuhkan dirinya sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dengan meraih predikat sebagai perguruan tinggi dengan pengelolaan lingkungan berkelanjutan peringkat 6 nasional versi Greenmetric. Adapun pada bidang akademik, prestasi internasional diwujudkan dengan diraihnya akreditasi internasional untuk sejumlah program studi, ucap Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Senin (30/3).

Hal tersebut semakin meyakinkan bahwa UNNES  berada dalam jalan yang benar atau on the track sebagai kampus merdeka yang memiliki kegemilangan sehingga dapat mewujudkan spirit “Gemilang untuk Indonesia Maju” yang menjadi tema dies natalis tahun ini.

“Insya Allah dengan dukungan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Bapak Presiden Ir Joko Widodo, Wakil Presiden Prof KH Ma’ruf Amin, juga Mendikbud Bapak Nadiem Anwar Makarim, aneka kegemilangan tersebut dapat diwujudkan sehingga UNNES mampu memberi kontribusi lebih besar bagi bangsa dan negara tercinta,” pungkas Prof Fathur


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X