Penyiapan UPT Kearsipan, Unnes Gelar Pembinaan Kearsipan

Sabtu, 14 November 2015 | 13:47 WIB


Upaya menyiapkan dan menguatkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kearsipan, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar Pembinaan Kearsipan dengan tema “Teknik Penciptaan dan Penataan Arsip yang Autentik dan Reliable, Jumat-Sabtu, 13-14 November 2015 di Hotel Ibis Semarang

Dr S Martono, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum selaku Keynote Speaker mengatakan sesuai Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Unnes No.23 Tahun 2015, Unnes memiliki unit baru yakni UPT Kearsipan. “UPT tersebut akan dikelola Kepala UPT, dan tenaga fungsional Arsiparis,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, istilah pembinaan bukan berarti konotasi arsip yang ada di Unnes buruk, akan tetapi memang harus mulai ditata sesuai Pedoman Klasifikasi, Jadwal Retensi Arsip, dan Tata Naskah Dinas yang ada di Unnes. “Untuk serius mengelola Arsip, membutuhkan tenaga kearsipan (arsiparis) dan sarana prasarana yang memadai. “Untuk mendukung itu, rencana akan segera dibangun gedung delapan lantai yang saat ini gedung perpustakaan, empat lantai gedung arsip dan empat lantai gedung perpustakaan, selain itu akan dilakukan penataan, penambahan arsiparis dan pembinaan secara intensif, pendampingan serta magang untuk arsiparis,” ungkap Dr S Martono.

Kegiatan yang diikuti tak kurang dari 40 peserta dari perwakilan berbagai Unit Kerja di Unnes, menghadirkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yakni Dwi Mudalsih MHum menyampaikan materi tentang Manajemen Arsip Dinamis Penciptaan Arsip yang Autentik dan Reliable, narasumber kedua Agung Kuswantoro Dosen Fakultas Ekonomi Unnes, menyajikan Pengelolaan Arsip di Lingkungan Unnes, penyaji ketiga disampaikan Sutiana (ANRI Jakarta) memberikan materi tentang Arsip di Era Keterbukaan Informasi Publik.

Acara diakhiri dengan penjelasan teknis tentang tata naskah dinas Unnes, yang disampaikan Kepala Subbagian Tata Usaha Dra S Sri Rejeki. Ia berharap unit kerja segera memulai menata arsip sesuai kaidah yang berlaku, mampu membuat daur hidup arsip, baik penciptaan, pemeliharaan/penggunaan dan penyusutan, sehingga arsip yang ada di Unnes tertata dan dikelola dengan baik.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 816 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X