Pentas Sang Kusuma Meriahkan Pelantikan UKM Kesenian Jawa

Minggu, 24 April 2016 | 14:01 WIB


Pentas Sang Kusuma Meriahkan Pelantikan UKM Kesenian Jawa
Humas/Sholekan

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Jawa (UKM KJ) merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan minat dan bakat yang berkaitan dengan kesenian jawa. Pada sabtu (23/04), lima kesenian jawa dan forum UKM KJ melaksanakan pelantikan pemimpin baru.

Kesenian jawa tersebut adalah, UKM Karawitan, Penumbro, Tari Klasik, Tari Kreasi, Kethoprak, dan Campursari. Di antaranya, Forum UKM yang sebelumnya diketuai oleh Reni Anggraini diganti oleh Nur Kholis, Tari Klasik Budiman digantikan oleh Ahmad Sugito, dan Didin Prasetyo menggantikan Yulia Paksi di UKM Campursari.

Pelantikan tersebut juga dimeriahkan dengan kolaborasi pentas dari UKM KJ dengan tema Sang Kusuma, sebuah pentas yang menceritakan tentang seorang anak muda bernama Sumantri yang menjadi utusan dari Prabu Arjuna dari Maespati sayembara untuk mendapatkan Dewi Citrowati.

Dalam perjalanan sayembara tersebut, Sumantri yang masih muda diragukan kemampuannya para raja yang lain yang mengikuti sayembara, namun pada akhirnya Sumantri lah yang memenangkan sayembara. Muhammad Sholekan


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin Dibaca : 866 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

5 komentar pada “Pentas Sang Kusuma Meriahkan Pelantikan UKM Kesenian Jawa

  1. Selamat atas pelantikan UKM Kesenian Jawa. Harapan UKM ini akan dapat lebih baik lagi dalam meningkatkan eksistensinya dan kinerjanya, minimal aktif untuk mempertahankan prestasi-prestasi yang selama ini telah diraih serta terus berupaya ikut dalam menjaga dan melestarikan kesenian Jawa dalam rangka konservasi budaya.Sukses!

  2. Pemuda yang masih memegang erat dan mengupayakan segalanya untuk melestarikan kebudayaannya sangat patut untuk diapresiasi. Salut untuk UKMKJ :)

  3. UKM Kesenian Jawa merupakan salah satu penyokong eksistensi konservasi budaya Unnes, Tidak hanya berkutat di dalam kampus saja. Tapi UKM Kesenian Jawa sering sekali tampil keluar menghibur masyarakat , ini tentu sekaligus menjadi ajang promosi Unnes Berbudaya di masyarakat.

    #Konservasi budaya
    #2016 tahun akselerasi inovasi

  4. Selamat atas pelantikan UKM Kesenian Jawa. Semoga bisa terus eksis dalam menjaga pelbagai macam budaya, tradisi, dan kesenian Jawa agar tidak tergerus dan termakan perkembangan zaman. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *