Dosen Unnes Pentaskan Seni Indonesia di Cina

Kamis, 27 Desember 2012 | 14:41 WIB


Dosen Unnes Pentaskan Seni Indonesia di Cina
FARID AHMADI

Empat dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menggelar pentas seni bersama puluhan pelajar dari Indonesia mampu menarik perhatian masyarakat Cina. Pentas bertajuk Christmas and New Year Festival 2012 ini diselenggarakan oleh College of  International Cultural  Exchange Central China Normal University (CCNU), Sabtu (22/12).

Keempat dosen Unnes itu ialah Mulawarman, Farid Ahmadi, Donny Yudha Wira Kusuma, dan Sunawan. Mereka juga sedang melakukan studi di Cina. Pada kesempatan itu, semua pelajar dari berbagai negara memperkenalkan budaya masing-masing di depan ratusan warga CCNU.

Dari Cina, Farid Ahmadi melaporkan lewat e-mail, kesenian yang ditampilkan adalah tari Kecak, tari Manuk Rawa, dolanan anak Cublak-cublak Suweng, dan lagu “Gebyar-gebyar” karya Gombloh.

“Banyak di antara penonton mengatakan bahwa penampilan kami sangat menarik, variatif, dan percaya diri menunjukkan budaya asli,” katanya kepada unnes.ac.id, Kamis (27/12). “It is amazing show!“ kata Khoir, mahasiswa S2 Psikologi CCNU yang berasal dari Afghanistan sebagaimana diceritakan kembali oleh Farid.

Farid juga mengatakan, beberapa warga Cina mengatakan penampilan Indonesia sangat menghibur dan menjadikan mereka tahu apa saja budaya yang dimiliki Indonesia yang selama ini tidak mereka ketahui.

Masih menurut Farid, Mr Yiming, salah satu mahasiswa PhD Computer yang berasal dari Cina mengatakan, “Your performance is interesting and give me a new entertaintment, good luck for Indonesia!”

“Setelah penampilan tersebut, pihak universitas meminta kami untuk pentas kembali pada 10 Januari 2013 di salah satu acara televisi lokal Cina untuk mempromosikan Indonesia dan CCNU pada masyarakat Cina,” kata Farid.

“Ini pengalaman pertama dan sangat berharga bagi kami. Tentu sebuah kebanggaan dapat mewakili Indonesia dan Unnes pada khususnya,” ujar dosen Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes itu.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 4.283 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

9 komentar pada “Dosen Unnes Pentaskan Seni Indonesia di Cina

  1. selamat dan sukses.. Kami yang sedang studi di Huaqiao University bersama para 23 PNS dr berbagai kementrian nanti tanggal 30 Januari juga akan mementaskan seni Indonesia di Huaqiao University.. Mohon doanya semoga sukses dan bisa memperkenalkan budaya dan seni Indonesia dan UNNES.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *