Hati-hati Penipuan melalui SMS Atasnamakan Rektor Unnes

Kamis, 20 Oktober 2011 | 14:38 WIB


Penipuan melalui pesan singkat (SMS) telepon selular yang seolah-olah dikirim oleh Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof  Dr  Sudijono Sastroatmodjo MSi belakangan marak terjadi di lingkungan Unnes. Penipuan yang bermodus penugasan untuk mengikuti seminar itu telah menelan banyak korban. Sasaran korban umumnya adalah dosen Unnes. Dengan diimingi-imingi biaya seminar Rp 10 juta, penerima SMS diminta mentransfer sejumlah uang sebagai pajak.

Merasa curiga, salah satu korban melakukan ricek ke staf Rektorat di Gedung H Kampus Unnes Sekaran Gunungpati, dan ternyata Rektor tidak pernah bahkan tidak akan mengirimkan SMS yang menyangkut masalah tersebut.

Untuk itu, Rektor mengimbau masyarakat khususnya dosen Unnes agar tidak mudah tergiur oleh SMS yang mengatasnamakan Rektor Unnes. Masyarakat diminta untuk mengonfirmasi terlebih dahulu ke Rektorat atau menghubungi polisi.

Kewaspadaan masyarakat sangat diperlukan guna menangkal usaha-usaha penipuan, terutama dengan modus SMS. Masyarakat diminta untuk melapor ke polisi jika mendapat SMS bernada tipuan.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 6.807 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

4 komentar pada “Hati-hati Penipuan melalui SMS Atasnamakan Rektor Unnes

  1. Penipuan melalui SMS akhir2 sangat marak. Saya kira apabila kita mendapatkan SMS semacam ini, langsung saja kita abaikan. Kecuali pengirimnya jelas (nama dan alamat) itupun harus kita konformasi. Waspadalah..! Salam Konservasi.

  2. hari-hari gini masih ada penipuan…capek deh. atau hari-hari ini masih bisa ketipu…. capek deh. Kok nggak ada yang mengatasnamakan paijo, atau saminem untuk meniphuuu ya…. kenapa ?

  3. Menjelang pengumuman sertifikasi guru, ada penelpon yang mengatasnamakan orang suruhan rektor unnes, memberitahu bahwa bagi yang tidak lulus PLPG bisa mengulang tahun depan atau melalui jalur khusus mentransfer sejumlah uang. No HP orang tersebut adalah 085213613749.
    Yang mengetahui berita tersebut, mohon beritahu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X