Pengawas Sekolah Mitra Inspektorat Cegah Korupsi

Senin, 3 Maret 2014 | 18:24 WIB


Pengawas Sekolah Mitra Inspektorat Cegah Korupsi
DOK./HENI PURWONO

Pengawas sekolah berpotensi besar menjadi mitra utama Inspektorat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai kementerian dengan alokasi dana sangat besar, Kemdikbud perlu diawasi secara internal maupun eksternal.

Demikian disampaikan Inspektur Jenderal Kemdikbud Haryono Umar di hadapan 50 mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan Konsentrasi Kepengawasan Sekolah Program Pascasarjana (PPs) Unnes, Selasa (25/2) di Gedung B Inspektorat Kemdikbud Jakarta. Mahasiswa PPs melakukan kunjungan dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

“Dengan anggaran pedidikan mencapai 20 % dari APBN, muncul berbagai peluang yang sangat besar untuk terjadinya korupsi,” ujar Haryono. Karenanya, mantan komisioner KPK itu berharap, agar pengawas sekolah nantinya dapat bekerja sama dengan inspektorat, khususnya dalam upaya pencegahan terjadinya permasalahan hukum di dunia pendidikan.

“Pengawas sekolah dapat menjadi kepanjangan tangan dari inspektorat,” tegas Haryono. Bahkan, secara langsung Haryono menawarkan kerjasama berupa pelatihan inspeksi bagi pengawas maupun calon pengawas sekolah agar memahami cara kerja pengawasan maupun teknik auditing.

Sekretaris Program Studi Manajemen Pendidikan Suwito Eko Pramono berharap, dengan tambahan ilmu dari Inspektorat Kemdikbud, mahasiswa lebih memiliki pengalaman yang luas dalam hal kepengawasan.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, semoga mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu yang didapat ketika nantinya menjadi seorang pengawas sekolah” harap Suwito.

Penjelasan yang disampaikan Inspektorat diyakini akan sangat bermanfaat bagi calon pengawas sekaolah itu. Junaidi, salah satunya, meyakini kunci dari keberhasilan pengawasan, utamanya dalam hal pencegahan korupsi adalah keberanian untuk bertindak manakala melihat ketidakberesan.

“Dengan paparan dari Inspektorat, kita menjadi lebih percaya diri sendainya nanti didaulat menjadi pengawas sekolah. Kita juga banyak mengetahui tentang gratifikasi dan pencegahannya dalam forum ini,” tuturnya. Heni Purwono


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.135 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

satu komentar pada “Pengawas Sekolah Mitra Inspektorat Cegah Korupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X