Penerimaan Mahasiswa UNNES 2019, Inilah Jalur dan Jadwal Seleksi

Jumat, 11 Januari 2019 | 5:58 WIB


Penerimaan Mahasiswa UNNES 2019, Inilah Jalur dan Jadwal Seleksi

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2019 akan dilakukan melalui tiga jalur. Ketiga jalur tersebut adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri UNNES.

Perbedaan dari tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya adalah seleksi dilaksanakan oleh Lembaga yaitu LTMPT. LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel. LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru secara terstruktur dan terukur.

SNMPTN
SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor serta portofolio akademik. Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan. Untuk biaya ditanggung oleh pemerintah atau gratis.

Pengisian PDSS :
04 – 25 Januari 2019

Pengisian dan Verifikasi PDSS:
04 – 25 Januari 2019

Pendaftaran SNMPTN:
04 – 14 Februari 2019

Pengumuman Hasil Seleksi:
23 Maret 2019 (Pukul 15.00)

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui ujian tertulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta. Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)

Pendaftaran:

01 Maret – 01 April 2019

Pelaksanaan:

13 April – 26 Mei 2019

Pengumuman Hasil UTBK

10 hari setelah pelaksanaan UTBK

Jadwal SBMPTN

Pendaftaran

10 – 24 Juni 2019

Pengumuman Hasil Seleksi

9 Juli 2019 (Pukul 15.00)

Seleksi Mandiri UNNES (SM UNNES)

Seleksi mandiri UNNES diselenggarakan dalam dua mekanisme seleksi, yaitu SM Unnes jalur seleksi dan SM UNNES tertulis.

SM UNNES Jalur Prestasi
Jalur seleksi ini disediakan bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki prestasi internasional, nasional, atau provinsi dalam bidang akademik, olahraga, seni, atau keagamaan.

SM UNNES akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2019 dan hasil seleksi akan diumumkan paling lambat tanggal 30 Juli 2019.

Informasi lengkap dapat diperoleh di penerimaan.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Setyo Yuwono
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: