Pendaftaran SPMU Dibuka hingga 5 Juli

Selasa, 28 Juni 2011 | 5:08

Berita Terkait

Pendaftaran Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Unnes (SPMU) akan berlangsung hingga 5 Juli mendatang. Semula, pendaftaran ujian mandiri itu dijadwalkan 3 Juni sampai 2 Juli 2011.

“Pemunduran penutupan pendaftaran untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak diterima di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis agar bisa mengikuti seleksi ini. Sebagaimana kita ketahui, SNMPTN Tulis baru diumumkan hasilnya 30 Juni,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin kepada unnes.ac.id.

Dikemukakan pula, sekalipun SPMU merupakan ujian mandiri, mahasiswa yang dterima di jalur ini akan masuk di kelas reguler, bukan paralel. “Dengan begitu, biaya kuliah yang dibayarkan, mulai dari registrasi hingga wisuda nanti, tidak serupiah pun berbeda dari mereka yang diterima lewat SNMPTN,” kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi ini.

Menanggapi masih adanya program studi yang sepi peminat hingga hari ke-26 masa pendaftaran, PR I mengemukakan beberapa kemungkinan. “Pada umumnya para calon pendaftar menunggu hasil SNMPTN, karena memang SNMPTN tahun ini digelar lebih dahulu. Baru setelah tidak diterima, mereka mendaftarkan diri di jalur seleksi mandiri. Selain itu, mungkin sekali para pendaftar belum tahu bahwa prodi yang selama ini sepi peminat, sesungguhnya potensial sebagai penopang meraih masa depan,” katanya.

Diingatkan pula, dibandingkan dengan SNMPTN, SPMU jauh lebih lengkap dari sisi program studi yang diikutkan. “Tidak hanya program S1, tetapi juga D3 yang notabene untuk melahirkan lulusan siap kerja sehingga prinsip link and match betul-betul menjadi pertimbangan utama. Jadi saya tegaskan, tidak ada satu pun program D3 yang kami buka yang lulusannya tidak dibutuhkan oleh dunia kerja,” katanya.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

35 Komentar untuk “Pendaftaran SPMU Dibuka hingga 5 Juli”

  1. Wida Rosyana

    Selasa, 28 Juni 2011 | 11:21

    Selamat siang..
    saya mau tanya, kalo UNES menerima mahasiswa pindahan dr PTN lain tidak?
    Saya dari Universitas Pendidikan Indonesia, sudah dalam proses akhir skripsi, dan tidak ada tunggakan mata kuliah, kebetulan saya keterima kerja d Jepara, dan skripsi saya sempat terbengkalai karena jarak Bandung-Jepara, mohon infonya bagi yang tau..saya jurusan pendidikan bahasa inggris.
    Bisa meneruskan skripsi saya di UNES ga ya?dan bimbingan tiap weekend, karena saya kerja dari senin-jumat.

  2. test

    Rabu, 29 Juni 2011 | 00:15

    meskipun aku disurga

  3. shohib

    Rabu, 29 Juni 2011 | 11:18

    kwota untuk beasiswa brapa

  4. aya

    Rabu, 29 Juni 2011 | 14:26

    Selamat siang,,
    Maaf saya ingin bertanya bila ingin mendaftar jalur SPMU
    Apkah melalui internet atau daftar ke kampus unnes ?
    Terimakasih sebelumnya atas informasinya.

  5. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Rabu, 29 Juni 2011 | 17:46

    Pendaftaran SPMU sepenuhnya secara online melalui spmu.unnes.ac.id. Salam.

  6. chandra wijaya

    Rabu, 29 Juni 2011 | 21:57

    unnes menerima mahasiswa jalur prestasi ga dlm fakultas ilmu olahraga?????? sya pnya piagam kejurnas tenis sama kejurda pencak silat..

  7. abah kasim

    Rabu, 29 Juni 2011 | 23:44

    Pak anak saya tidak diterima masuk unes lewat ujian tulis. Program Studi FKIP Jurusan yang diambil seni musik. apakah masih ada kesempatan untuk masuk lagi mengambil jurusan yang sama. tolong di balas pak. Pusoing nih aku pak. cari sekolah sulitttttttttttt

  8. abah kasim

    Rabu, 29 Juni 2011 | 23:46

    baRANG KALI JALUR MANDIRI ADA PROGRAM SENI MUSIKNYA PAK. TOLONG PAK AKU DIBANTU. KALAU TIDAK ADA YANG PENTING BISA AMBIL KEGURUAN. KIRA – KIRAJURUSAN YANG MASIH DIBUTUHKAN UNES APA APA PAK? TOLONG PAK!

  9. abah kasim

    Rabu, 29 Juni 2011 | 23:48

    SUGENG NDALU PAK, NGAPUNTEN SAMPUN NGGANGGU SARE PANJENENGAN. UNTUK JALUR MANDIRI JURUSAN APA SAJA YANG MASIH DI BUKA PAK. KALAU BISA KEGURUAN

  10. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 30 Juni 2011 | 06:40

    Pak Kasim, kesempatan itu masih terbuka lewat pintu SPMU. Silakan buka spmu.unnes.ac.id, dan untuk mengetahui perkembangan tingkat keketatan pendaftar, silakan buka rubrik Jurnal SPMU di laman tersebut. Semoga sukses. Salam.

  11. satria

    Kamis, 30 Juni 2011 | 11:16

    kalau sudah gantii… ruang tesnya ganti juga endak pak? lebih enak lagi kalo nomer dan ruangnya sama tapi ttp mbayar
    balas lagi yaa….

  12. Yodii Liight Yagamii

    Kamis, 30 Juni 2011 | 16:10

    harga formulir SPMU berapa pak ?

  13. Umi

    Kamis, 30 Juni 2011 | 16:29

    Aslm.alaikm wr.wb. .sya dtrima snmptn tp pilihan ke2,apakah bisa ikut spmu,soalnya ingn ke jurusan yg saya pilih sesuai pilihan pertama.

  14. Dina

    Kamis, 30 Juni 2011 | 19:31

    saya mau tanya, kalau mendaftar spmu bisa mengajukan beasiswa bidik misi tidak?

  15. kiki choirizkiah

    Kamis, 30 Juni 2011 | 23:50

    Aslmualaikum..sya mau tanya kira2 daya tampung bwt 1 kls yg di terima dlm stiap jrsan berapa ya?

  16. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Jumat, 1 Juli 2011 | 09:21

    Saudara Dina, bisa. Salam.

  17. Hari Muriastanto

    Jumat, 1 Juli 2011 | 19:03

    Dengan adanya pengunduran pendaftaran SPMU, apakah pembayaran, pencetakan kartu tes yg semula dijadwal paling lambat tgl 3 juga diundur ? kapan paling lambatnya ? terima kasih

  18. resy

    Jumat, 1 Juli 2011 | 23:30

    sudah cetak formulir, tp waktu pengisian tidak mengisi rata rata dan rangking apakah berpengaruh atau tidak pak ??
    karena waktu pengisian tidak tau rata rata dan rangking nya pak ..
    berikan sarannya pak .. tolong bgt pak, saya mintak tolong .. tidak apa apakan ?

  19. AVEDT

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 10:43

    ok broo

  20. azizah

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 11:03

    pak saya sudah nyetak kartu tes spmu tapi di kartu tes prodinya yang pilihan I salah klik seharusnya pendidikan fisika tapi malah keliru fisika murni ,, itu gimana solusinya pak ?? tolong beri jawaban segera… tolong banget pak..

  21. Rochsid Tehape

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 11:39

    untuk azizah.. kalo memang benar ingin memilih pendidikan fisika maka Anda harus mendaftar lagi dan mendapatkan pin lalu membaya di bank lagi.. baru bisa cetak kartu tes yang baru.. namun sebelum cetak kartu harap dicek lagi apakah prodi pilihan sudah benar karena disana ada peringatan..

  22. mukti

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 12:25

    sudah cetak formulir, tp waktu pengisian tidak mengisi rata rata dan rangking apakah berpengaruh atau tidak pak ??
    karena waktu pengisian tidak tau rata rata dan rangking nya pak ..
    berikan sarannya pak..

  23. hendri

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 14:32

    siang
    jika dngan jalur ini ttp tdak dtrima msh ada jlur lain ga????
    dan jadwal tes tanggal berapa trimakasih

  24. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 22:44

    Saudara Hendri, tidak ada. Yang pendaftaran dan ujiannnya hampir bersamaan dengan SPMU adalah UMB-PT. Silakan Saudara buka spmb.or.id. Salam.

  25. adhityo raharjo

    Minggu, 3 Juli 2011 | 00:22

    malam pak…
    saya mau tanya pak..kalo pndaftaran spmu unnes lewat online ato daftar lgsung ke fakultas unnesnya sndiri.??
    tolong info.ny pak..
    mkasih..

  26. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Minggu, 3 Juli 2011 | 19:11

    Saudara Adhityo, pendaftaran SPMU sepenuhnya online melalui spmu.unnes.ac.id. Salam.

  27. yolanda octaviana piraras

    Minggu, 3 Juli 2011 | 22:06

    asalamualaikum
    saya mau tanya pak kalu pendaftaran spmu bidikmisi biaya pndftran belum bisa di kirim sekarang apabila di kirim besok masih bisa atau tidak???

    trimakasih

  28. evelyn

    Senin, 4 Juli 2011 | 17:02

    yang diterima berapa ?

  29. zulkifli

    Selasa, 5 Juli 2011 | 08:40

    Gimana caranya lapor diri pesera cadangan secara online, mohon petunjuknya

  30. Rekha Salman Alfarizi

    Selasa, 5 Juli 2011 | 09:19

    Assalamu’alaikum, ma’af pak mau tanya, katanya di Unnes ada prog. gelar ganda khususnya FE non pendidikan, apa itu bener pak? prog. gelar ganda itu apa pak? trus gmana caranya?

  31. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Selasa, 5 Juli 2011 | 11:11

    Saudara Rekha, silakan Saudara berita di laman ini, “Gelar Ganda, Dua Semester Mahasiswa FE Kuliah di Australia” yang diunggah 15 Juni 2011 atau halaman Edukasia Harian Suara Merdeka edisi 1 Juli 2011.

  32. ismayani widya pratiwi

    Sabtu, 9 Juli 2011 | 09:48

    pak saya mau tanya, spmu kelas PKG bahasa jepang, saya buka kok blm ada informasi.,mohon ditampilkan.terimakasih.

  33. Hasri Arlin W

    Jumat, 15 Juli 2011 | 07:18

    pengumuman daftar cadangan SNMPTN Tulis UNNES kapan?
    soalnya saya belum diterima di SPMU. mohon bantuannya

  34. mardiana

    Selasa, 17 Januari 2012 | 21:19

    assalaamualaykum..
    Saya mau tanya. apakah UNNES menerima mahasiswa pindahan dari universitas swasta dari kota lain?
    saya mahasiswa semester tujuh di universitas Indraprasta PGRI Jakarta . Mohon jawabannya. terima kasih

  35. dikha

    Rabu, 5 Juni 2013 | 19:35

    ass.
    pendaftaran unes terakhir kapan ya?