Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Mulai 1 Februari

Selasa, 18 Januari 2011 | 13:25 WIB


Pendaftaran Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan akan dibuka mulai 1 Februari hingga 12 Maret 2011. Hasilnya akan diumumkan 18 Mei 2011.

Demikian dikemukakan Pembantu Rektor Bidang Akademik  Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin pada rapat penerimaan mahasiswa baru, Selasa (18/1), di kampus Sekaran.

“Pendaftaran SNMPTN jalur undangan dapat dilakukan secara online melalui laman (website)  http://undangan.snmptn.ac.id,” kata PR I yang baru saja dilantik  Senin (17/1) kemarin itu.

PR I mengemukakan, jalur undangan merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tertulis/keterampilan yang ditujukan kepada SMA/SMK/MA/MAK.

“Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat. Pesertanya juga berasal dari sekolah yang telah terdaftar pada sistem database SNMPTN 2010 dan diprioritaskan memiliki akareditasi A atau B. Sekolah peserta jalur undanganlah yang mengirimkan siswa pelamar terbaiknya untuk diseleksi menjadi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang diminati,” katanya.

Persyaratan

Menurut PR I, ada sejumlah persyaratan lain yang mesti dipenuhi siswa pelamar. “Siswa masih duduk di kelas XII, memiliki prestasi akademik serendah-rendahnya 25% terbaik di kelasnya secara konsisten, dan memperoleh rekomendasi kepala sekolah,” katanya.

Kepada para kepala sekolah, pihaknya juga mengingatkan agar mereka membaca dan memahami seluruh ketentuan dan prosedur SNMPTN jalur undangan yang termuat dalam website tersebut. “Kepala sekolah mestinya proaktif mendaftarkan profil sekolahnya melalui website SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id untuk mengikuti seleksi jalur ini agar mendapatkan user name dan password serta jumlah yang diusulkan mengikuti SNMPTN jalur ini,” katanya.

Dia juga mengatakan, setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati.  Siswa pelamar dapat memilih program studi yang diminati pada tiap-tiap PTN yang dipilih maksimal tiga dan tidak bergantung pada kesesuaian jurusan asal sekolah pelamar,” katanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 26.059 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

116 komentar pada “Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Mulai 1 Februari

  1. maaf pak, sy kurang mngerti sma “25% trbaik d klas ny”,, mhon pnjlasan ny
    adakah jrusan b.arab?? sy sgt brminat dgn b.arab,,
    mohon info ny,
    mksih pak,,

  2. maaf saya mau tanya kalau SNMPTN tulis di UNNES ada ga ??
    terus persyaratannya apa aja dan waktu pendaftarannya kapan ?? tolong di jelaskan ya..terimakasih

  3. bagaimana cara penilaian dari jalur undangan sendiri.. apakah dilihat dri nilai mapel UN saja atau dari semua mapel yang ada…??

  4. Website snmptn undangan kok kembali sulit di akses ini gimana pak ???? Padahal tahapan kami baru selesai pembayarannya di bank, mau daftar tapi kesulitan. Padahal batas pendaftarannya kan dah dekat.. !!!! Trims…

  5. PA BAGAIMANA PERSYARATAN UNTUK NGAMBIL PROGRAM PASKA SARJANA KAPAN PENDAFTARAN,KAPANTESNYA D PERSYARATAN APA SAJA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *