Pendaftaran SNMPTN 2014 Dibuka

Senin, 17 Februari 2014 | 10:06 WIB


Mulai Senin, 17 Februari 2014, siswa kelas XII SMA/MA/SMK sudah bisa mendaftarkan diri pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014. Pendaftaran dilakukan secara online di laman http://snmptn.ac.id hingga 31 Maret 2014.

Untuk jalur ini, hanya siswa yang rekam jejak prestasinya tercatat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang bisa mendaftar. Karena itu, sekolah yang belum mengisi PDSS dihimbau untuk segera melakukan pengisian.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAAKK), Heri Kismaryono MM, mengatakan pengisian PDSS oleh sekolah dibuka hingga 6 Maret 2014. Setelah itu sekolah tidak bisa lagi memasukkan data di PDSS, yang akan berakibat tidak bisanya anak didiknya mendaftar di SNMPTN.

Setelah sekolah mengisi PDSS, lanjut Heri, sekolah diminta untuk memberikan password kepada siswa agar mereka bisa memverifikasi data yang telah dimasukkan.

“Jika siswa tidak melakukan verifikasi maka data yang dimasukkan oleh kepala sekolah dianggap benar. Data tersebut tidak bisa diubah setelah waktu verifikasi berakhir,” ujar Heri.

SNMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik. Sekolah yang bisa mengikuti seleksi ini adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), sedangkan siswa yang bisa didaftarkan adalah siswa yg memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). “Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS,” ujarnya.

Selain itu, siswa yang boleh mendaftar SNMPTN kali ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti ujian nasional pada tahun 2013 atau 2014.

“Kita harapkan betul agar mereka membaca terlebih dahulu di laman PTN masing-masing, agar tidak perlu lagi menghubungi call center,” tuturnya.

Tahun ini, Unnes secara keseluruhan menyediakan 6.340 kursi untuk mahasiswa baru. “Sebanyak 3.448 atau 55% di antaranya akan diterima melalui SNMPTN,” katanya.

Selain SNMPTN, mahasiswa baru Unnes akan diterima lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri. Keduanya menggunakan ujian tulis dan keterampilan khusus untuk yang memilih program tertentu.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 8.203 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

33 komentar pada “Pendaftaran SNMPTN 2014 Dibuka

  1. Assalamualaikum.
    Nama : Rizky Setya Pratama
    Sekolah : Smk Negeri 1 Semarang
    Umur : 18 thn
    alamat : jl,kaligawe semarang. kp,cilosari dalam rt 02 rw 07
    no : 089674835464

    lampiran.
    bpk/ibu saya mau tanya,pendaftaran yg sbmptn/yg tidak berprestasi itu mulai tanggal berapa.
    dan caranya lewat online atau bagaimana?

    sekian dari saya,wassalamualaikum.

  2. kalo di unnes sendiri untuk jalur/cara masuknya itu ada 3, yg pertama snmptn ( pendaftaranya mulai tgl 17 Februari-31 Maret 2014) ,jalur kedua sbmptn dan yg ketiga ujian mandiri/spmu (pendaftaranya belum ditentukan) nunggu infonya aja dr masing2 universitas,
    kemudian untuk usia itu setinggi tingginya saat mendaftar 21 tahun
    untuk melihat kuota masing2 jurusan itu nanti bisa di lihat setelah kalian mendaftar,,
    sekedar info saja, di unnes sendiri untuk kuota penerimaannya sebanyak 55% untuk snmptn, 35% untuk sbmptn an 10% untuk spmu
    sekian dari saya, mungkin itu bisa sedikit membantu
    terimakasih

  3. untuk bukori mustofa, pada prinsipnya persyaratan tidak membatasi usia tetapi tahun kelulusannya, utk SNMPTN lulus pada tahun terakhir pendaftaran, sedang SBMPTN lulusan 3 tahun terakhir pendaftaran.

  4. Utk Rizky Setya, pedaftaran SBMPTN baik untuk yg berprestasi atau tidak jadwalnya sama sekitar bulan Mei 2014 silahkan tunggu pengumuman resminya.

  5. Assalamualaikum Bpk/Ibu saya ingin bertanya apa bisa lintas jurusan lewat jalur snmptn?
    Saya dari jurusan ipa tapi saya ingin daftar prodi pgsd dan pend.bahasa inggris
    apa bisa?mohon bantuannya
    terimakasih

  6. assalamuallaikum,,,,,,,,,,
    Bapak/Ibu saya mau tanya……..kalo mau ambil program bidik misi itu bagaimana caranya/?????????
    terimakasih,mohon jawabannya,..

  7. Assalamualaikum, saya mau bertanya masalah pengisian snmptn, disitu kan disuruh memasukkan nomor Ujian, sedangkan UN kan belum dimulai dan belum ada nomor UN nya, mohon infonya. Trimakasih

  8. permisi..
    saya shela dr smk n 6 semarang sya sudah melakukan verifikasi, lalu langkah apa selanjutnya yg harus saya lakukan
    lalu bisakah saya mendapat beasiswa dengan mengajukan piagam prestasi lomba lks tingkat smk se jawa tengah ?
    terimakasih…

  9. aku mau tanya donk .. kan aku udahh daftar di snmptn kalo mau ikud daftar di sbmptn boleh g ????
    makasih ya :)

  10. saya juga mau tanya , seandainya kita lulus di jalur snmptn apakah boleh membatalkan untuk ikut sbmptn? tapi kita sudah bayar uang pendaftarannya.
    mohon bantuannya terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X