Pembekalan bagi Asesor, Implementasi Kurikulum 2013

Senin, 29 Juli 2013 | 7:09 WIB


Pembekalan bagi Asesor, Implementasi Kurikulum 2013
Dr Unifa Rosyidi memberikan paparan di hadapar ratusan asesor

Kurikulum 2013 boleh jadi di perdebatkan banyak pihak tapi harus di implementasikan oleh semua pihak. Demikian dengan tegas Dr Unifa Rosyidi memaparkan betapa sudah siapnya kurikulum 2013 untuk di implementasikan.

Hal itu di sampaikan doctor yang menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam acara Pembekalan Kurikulum 2013 bagi Asesor PLPG Rayon 112 Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (27/7).

“Ribuan guru yang ditatar melalui PLPG menjadi target kementerian yang harus paham betul mengenai Kurikulum 2013, sehingga tahun depan tidak ditatar lagi,” tambahnya.

Disampaikan pula tanggung jawab tersebut turut diemban para asesor, karena asesorlah yang berhadapan langsung dengan guru. “Berhasil atau tidak bergantung pada asesor, intinya Bapak Ibu harus melakukan ‘pendampingan’,” katanya dihadapan 600 asesor rayon 112.

Sejalan dengan Dr Unifa, penyaji lain Dr Das Salirawati MSi menyampaikan bahwa Ruh Kurikulum 2013 harus secara tuntas dan menarik disampaikan oleh asesor. “Kalau Anda tidak menarik, buatlah lelucon. Kalau lelucon Anda tidak lucu, buatlah power point dengan animasi yang menarik,” kata dosen yang pernah tampil di stand up comedy di stasiun TV nasional itu.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyambut baik acara yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Unnes ini sebagai angin segar untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Kurikulum 2013 memberi harapan bagi pengembangan SDM bagi rakyat Indonesia. Tak hanya aspek pemahaman, implementasi perangkat PLPG harus mampu menghasilkan guru yang memberi ke khasan.

“Hakikat Unnes sebagai Universitas Konservasi. Sebagai institusi pendidikan, konservasi yang utama adalah konservasi budaya keilmuan,” tambahnya.

Pelaksanaan PLPG akan dimulai tanggal 19 Agustus 2013 dan berakhir minggu pertama Desember 2013.


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 1.961 kali
EDITOR : Agestia Putri Nusantari

4 komentar pada “Pembekalan bagi Asesor, Implementasi Kurikulum 2013

  1. Mohon ada sosialisasi Kurikulum 2013 bagi yayasan -yayasan, selama ini komunikasi antara yayasan dengan diknas tidak jelas. Biasanya pihak Yayasan yang harus proaktif mencari informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *