Pelatihan MC dan Protokoler Guru Se-Kabupaten Semarang

Selasa, 14 Mei 2013 | 15:18 WIB


Pelatihan MC dan Protokoler  Guru Se-Kabupaten Semarang
Dok.humas/ riki

Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang menyelenggarakan pelatihan MC dan Protokoler di aula Dinas Pendidikan Kab. Semarang, Rabu (14/5).

Hadir sebagai pembicara Ariyani Widyastuti, koordinator protokoler UPT Pusat Humas dan Protokoler Unnes dalam pelatihan yang diikuti perwakilan guru Sekolah Dasar (SD) dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan wujud kerja sama antara Unnes dengan Dinas Pendidikan Kab. Semarang.

Selain itu, Prof Dr Fathur Rokhman MHum juga menyampaikan pelatihan MC perlu dilakukan bagi guru-guru sebagai pendidik di kalangannya dan akan ditularkan untuk rekan maupun siswanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang Mukadi juga mengatakan, pelatihan MC yang diikuti oleh perwakilan guru di Kabupaten Semarang ini hendaknya bisa memberikan pengetahuan lebih mendalam mengenai MC sebagai tombak sebuah acara.

Pelatihan berjalan dua arah, peserta dibagi menjadi kelompok dan diberi study kasus. Perwakilan kelompok dipersilahkan untuk praktik yang di shoot oleh tim dokumentasi. Selanjutnya, video hasil praktik diputar kembali dan dikomentari oleh pembicara.

“Rata-rata Bapak dan Ibu peserta sudah berpengalaman dalam MC, suaranya juga sudah mantab. Hanya hal-hal kecil yang perlu saya komentari”, kata Ariyani sembari menyisipkan materi-materi mengenai MC.

Dalam materi protokoler, Ariyani tidak terlalu detail menjelaskan segala hal teknis karena disesuaikan dengan lingkungan kerja guru. “Yang harus dipersiapkan sebelum acara dimulai adalah cek akhir acara dan tamu-tamu yang hadir”, tambahnya.

Pelatihan yang diikuti tidak kurang dari 65 guru tersebut diakhiri dengan tanya jawab dan pemberian doorprice bagi peserta yang dinilai paling baik. Ketertarikan peserta sangat nampak saat mereka mengharapkan diadakan lagi pelatihan yang lebih intensif.


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 1.649 kali
EDITOR : Agestia Putri Nusantari

6 komentar pada “Pelatihan MC dan Protokoler Guru Se-Kabupaten Semarang

  1. Wujud nyata hasil kerjasama antara Unnes dan Pemkab Semarang ini semoga diikuti dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Ayo civitas akademika Unnes isi kerjasama dengan Pemkab Semarang dengan kegiatan2 kreatif dan inovatif yang saling menguntungkan dan berdampak positif bagi perkembangan dan kualitas sumberdaya manusia pada kedua belah pihak.

  2. Tolong diadakan lagi pelatihan MC sehingga tidak hanya teman2 guru SD saja tapi dari teman2 SMP juga banyak yang berminat. Juga pelatihan pranoto coro …. kutunggu pelatihan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X