Siswa PAUD Labschool Unnes Belajar Mengolah Susu Sapi

Kamis, 13 Februari 2014 | 15:36 WIB


Siswa PAUD Labschool Unnes Belajar Mengolah Susu Sapi
Dwi Sulistiawan / Humas

Pengelola PAUD Labscool Dr Sri Sulistyorini tengah memeras sapi

Pagi mulai beranjak siang ketika sekelompok anak balita berebut susu yang menjadi produk andalan di Cisarua Mountain Dairy (Cimory) On The Valley Restaurant & Milk Factory, Jalan Raya Soekarno Hatta KM 30, Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (13/2).

“Sungguh nikmat, menikmati welcome drink, meminum susu dingin bersama anak-anak kelompok bermain sambil memandang hijaunya pepohonan di wilayah Semarang atas,” kata Pengelola PAUD Labschool Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dr Sri Sulistyorini MPd.

Selain Dr Rini, panggilan akrab Sri Sulistyorini, sejumlah guru juga ikut mendampingi 21 murid Labschool Unnes melakukan fieldtrip ke perusahaan yang berhasil menggabungkan hasil produksi ternak sapi berupa susu dengan bisnis restoran itu.

“Kegiatan kunjungan ini kami lakukan untuk menghantar anak belajar secara kontekstual, penerapan pendekatan ilmiah mulai dari mengamati sapi, menanya, dan mencoba memeras sapi,“ kata Dr Rini sembari menjelaskan, Labschool yang dikelola itu mengutamakan kompetensi berimbang antara sikap, keterampilan dan pengetahuan. “Sehingga ke depan akan muncul generasi yang tidak hanya cerdas tetapi bersikap baik dan bijak,” ujarnya.

Menurut Manager Fun University Cimori, Donny Souisa, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman berbahan dasar susu dan daging sapi dengan suasana pegunungan yang sejuk. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sajian Dairy Educational Tour. Tur ini merupakan program edutainment untuk memperkenalkan berbagai macam tentang susu mulai dari peternakan.

Acara dilanjutkan menuruni bukit untuk bertemu para sapi sambil mendengarkan penjelasan dari “Mr Cow” mengenai jenis sapi yang diternakkan di Cimory dan produk-produk yang dihasilkan dari susu sapi. Selanjutnya, anak-anak masuk ke kandang untuk melihat sapi.

Anak-anak diperkenankan memberi pakan sapi berupa rumput segar hingga memerah susu sapi, meski ada beberapa anak yang menangis karena takut. Acara menonton video edukasi pun disuguhkan sebelum makan siang dan belajar cara membuat milkshake ala Cimory. Dwi Sulistiawan


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.592 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

3 komentar pada “Siswa PAUD Labschool Unnes Belajar Mengolah Susu Sapi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *