Pastikan Akses PDSS, Unnes Cek ke Sekolah

Minggu, 5 Januari 2014 | 12:53 WIB


Untuk mengecek akses sekolah ke  Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan mengecek ke beberapa sekolah. Pengecekan melibatkan tim teknis dari Badan Pengembang Teknologi Informasi dan Komunikasi  (BPTIK) dan UPT Pusat Hubungan Masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua BPTIK Sugiyanto MSi, Minggu (5/1), terkait dengan mulai dibukanya pengisian PDSS,  Senin, 6 Januari 2014.  “Pengecekan dilakukan di beberapa SMA/SMK/MA, baik yang berada di dalam kota maupun tergolong pelosok. Bersama sekolah,  kami akanmencoba melakukan akses pengisian PDSS. Jika terjadi kesulitan, kami akan melakukan pendampingan atau melaporkannya ke pusat,” katanya.

Lebih lanjut dikemukakan, pengisian PDSS di laman pdss.snmptn.ac.id dilakukan oleh kepala sekolah. “Dari situ, kepala sekolah akan mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan siswa untuk mendaftarkan diri,” katanya.

Disampaikan pula, PDSS merupakan basis data yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya. “Karena data ini yang menjadi rujukan utama dalam seleksi, isian sesuai dengan kenyataan menjadi prioritas utama,” katanya.

Terkait dengan dimulainya tahapan SNMPTN, Unnes  bersama PTN lain di Jateng dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah juga akan mengadakan sosialisasi SNMPTN 2014 kepada para kepala Dinas Pendidikan dan kepala Kementerian Agama kota-kabupaten seprovinsi, Selasa (7/1), di Semarang.

Diingatkan pula, SNMPTN merupakan kesempatan terbesar bagi siswa yang sekarang duduk di kelas terakhir SMA/MA/SMK untuk mendapatkan bangku PTN. “Berdasarkan ketentuan, sedikitnya 50% mahasiswa baru diterima melalui SNMPTN,” katanya seraya menyebutkan, tahun ini Unnes akan menerima 6.360 mahasiswa baru dan 55% di antaranya lewat  SNMPTN.

 

 


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 1.714 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Pastikan Akses PDSS, Unnes Cek ke Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X