Optimalisasi ‘Simarta’ Unnes

Sabtu, 5 September 2015 | 9:56 WIB


Optimalisasi ‘Simarta’ Unnes
SIHONO/HUMAS

Universitas Negeri Semarang (Unnes) beberapa bulan yang lalu telah meluncurkan Sistem Infirmasi dan Manajemen Rumah Tangga (Simarta).

Sistem ini merupakan manajemen kerumahtanggaan secara online. Penggunanya tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan terintegrasi sehingga proses organisasi menjadi efisien, fleksibek, dan terukur.

Untuk itu, Sub Bagian Rumah Tangga menyelenggarakan Rapat Optimalisasi Pemanfaatan ‘Simarta’, Jumat (5/9) di rektorat kampus Sekaran. Kegiatan diikuti 120 orang dari Unit-unit dan fakultas yang ada di Unnes.

Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Drs Anwar Haryono MPd saat membuka menyampaikan, sistem yang sudah berjalan selama ini baru manajemen peminjaman dan penjadwalan ruang terbuka dan tertutup.

Yakni, Si peminjan ruangan tinggal login di laman simarta.unnes.ac.id terus mengisi data ruangan yang akan dipinjam (sudah ada kolomnya) diantaranya nama ruang, tanggal, waktu, unit pemakai, jumlah peserta, peminjam, dan keperluan untuk digunakan kegiatan apa.

Setelah mengisi data, jika ruang itu belum terpakai ketika di OK atau enter maka ruang yang akan dipinjam itu langsung disetujui oleh sistem dan bisa dilihat oleh siapa saja yang membuka ‘Simarta’.

Hari ini, kata Anwar Haryono sistem sudah dikembangkan lagi fasilitasnya yakni manajemen tugas Satpam, manajemen dan sistem kontrol penggunaan kendaraan dinas, serta manajemen penugasan dan pengawasan cleaning service.

Rochsid Tri Hanggoro Putro Bidang Teknologi dan Informasi Unnes menyampaikan, mulai hari ini ‘Simarta’ sudah ditambah lagi fasilitasnya. Untuk itu mohon masukan dan saran untuk menyempurkan sistem ini. Data apa yang dianggap masih kurang. Saat memandu tampilan di ‘Simarta’.

Rochsid menambahkan, dalam waktu dekan juga akan dikembangkan tentang manajemen sistem kontrol jalur dan penggunaan listrik, penggunaan air, dan kepuasan pelayanan.

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Eko Febrianto menyampaikan, dengan sitem online ini pelayanan kerumahtanggaan diharapkan dapat menjawab tantangan zaman. Sebab bisa dilakukan kapan saja dan dimana pun tetapi masih dalam kendali Sub Bagian Rumah Tangga.

Selain itu, dengan ‘Simarta’ ini diharapkan dapat mendukung layanan prima dan memberikan data laporan manajemen kerumahtanggaan secara cepat, akuran, dan transparan, terang Eko Febrianto.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.334 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X