Obin Robin, Sebagai Pengendali Acara di UNNES MC Harus Tenang

Rabu, 8 Maret 2017 | 12:55 WIB


Obin Robin, Sebagai Pengendali Acara di UNNES MC Harus Tenang
Humas / Dwi Sulistiawan

Obin Robin, MC yang sekarang eksis di dunia standup comedy

Antusiasme peserta pelatihan peningkatan kompetensi master of ceremony (MC) dan tenaga protokoler fakultas di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang digelar oleh UPT Pusat Humas, ternyata tak juga berkurang. Lebih-lebih ketika sampai pada praktik. Tak urung, hal itu membuat seorang narasumber menyampaikan pujiannya kepada para peserta.

“Sebagai pengendali acara, MC harus mempunyai sikap tenang, kepercayaan diri, dan kredibilitas yang kuat,” kata praktisi dan penyiar radio Obin Robin saat menjadi narasumber pada acara itu, Rabu (8/3) di kampus Sekaran.

MC yang baik, imbuh dia, harus memiliki suara yang enak didengar, alamiah, vokal yang jelas dan powerfull, serta memperhatikan intonasi, aksentuasi, dan artikulasi. “Tentu saja seorang MC harus lancar berbicara, yaitu ringkas, langsung ke inti, tidak bertele-tele, jelas, langsung dimengerti, tidak membingungkan, pengucapan kata demi kata dilakukan dengan jelas, dapat didengar dengan baik, dengan kekuatan penuh, lancar, dan mengalir,” kata MC yang sekarang eksis di dunia standup comedy.

Sebelumnya, Kepala UPT Pusat Humas UNNES Hendi Pratama MA mengatakan, MC berperan penting dalam penyelenggaraan sebuah acara. Tidak sekadar mengatur skenario acara, MC kerap jadi “ruh” dalam sebuah event. “MC-lah yang bisa membuat acara hidup, khidmat, atau hidup sesuai konsep yang telah ditentukan,” ujarnya dihadapan 50 pesereta.

Pembicara lain, praktisi keprotokolan UPT Pusat Humas Ratih Widyastuti SPsi menegaskan, yang perlu diperhatikan dan disiapkan dalam keprotokolan adalah urutan jabatan, susunan acara, tempat pelaksaan, pakaian, naskah-naskah pelantikan, dan perlengkapan upacara.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.015 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *