Nyi Kenik: Wanita Jangan Mudah Galau

Jumat, 20 April 2012 | 12:48 WIB


Nyi Kenik: Wanita Jangan Mudah Galau
DWI SULISTIAWAN/HUMAS

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menyerahkan tokoh wayang kepada perempuan dalang Nyi Kenik Asmorowati.

Wanita sebagai orang yang berperan di balik kesuksesan laki-laki hendaknya tidak mudah galau. Istilah anak muda yang menyebut kegundahan asmara.

“Pria dan wanita kini tanpa beda, semuanya sama dalam pemerolehan hak dan kewajiban,” kata Nyi Kenik Asmorowati ketika mendalang dalam pembentukan Dewan Pengurus Daerah dan Cabang (DPD-DPC) Ikatan Alumni (Ika) Universitas Negeri Semarang. Pergelaran dihelat di pendapa rumah dinas Bupati Semarang, Jalan Asmara Ungaran, Kamis (19/4).

Nyi Kenik mengaku bangga dengan Unnes sebagai universitas konservasi yang tetap menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa. “Melalui wayangan, Unnes selalu mengingatkan pentingnya nilai-nilai yang kini kian terpinggirkan,” katanya, saat membabar lakon Sang Drupadi.

Dia juga mengatakan, alumni sangat pula berperan dalam kemajuan lembaga pendidikan tinggi ini. “Jangan pernah melupakan alumni sebagai orang terdahulu yang ikut ambil bagian dalam membesarkan lembaga,” ujarnya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ika Unnes Drs Budiyanto MHum mengatakan, alumni hendaknya selalu turut serta dalam upaya mencerdaskan kehiudupan bangsa. “Selepas dari kampus, setidaknya mari memberi contoh yang baik dan taat pada asas yang berlaku,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengungkapkan, Jawa Tengah harus bangga karena memiliki dalang yang juga diiringi karawitan putri. “Kini makin  banyak pekerjaan laki-laki yang dapat dikerjakan perempuan. Termasuk dalam berkesenian dan ngleluri kabudayaan adiluhung ini,” ujar gubernur.

Bibit juga berharap supaya wayangan menjadi agenda rutin Ika Unnes. “Mari tunjukkan apa yang dapat kita berikan secara nyata kepada masyarakat,” kata Bibit Waluyo.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.679 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X