Motor Ramah Lingkungan Juara II di ITS

Sabtu, 13 April 2013 | 7:49 WIB


Motor Ramah Lingkungan Juara II di ITS
SIHONO/HUMAS

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Kali ini, Sepeda Motor Ramah Lingkungan (Semorali) meraih  juara II Kompetisi Keilmiahan Nasional (Pensil) di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Sabtu (6/4).

Kompetisi tersebut merupakan serangkaian acara Great Event Of Mipa (Gempa) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITS Surabaya.

Dalam kompetisi bertajuk “Science as Problem Solver in Indonesia” tersebut, tim yang terdiri atas M Ardiyansyah (Teknik Mesin 2009), Heri Cahyono (Teknik Mesin 2009), dan Dina Maria Ulfah (Teknologi Jasa dan Produksi 2009) mempresentasikan karya tulis berjudul “Sepeda Motor Ramah Lingkungan (Semorali) dengan Menggunakan Bahan Bakar Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) sebagai Pengganti Bahan Bakar Bensin (Gasoline)”.

Ketua tim Semorali Ardiyansyah mengungkapkan, ide menciptakan sepeda motor ramah lingkungan ini bermula dari kenyataan semakin meningkatnya produksi sepeda motor yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Menurutnya, hal tersebut akan berdampak pada kesehatan dan pemanasan global karena emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor BBM sangat berbahaya.

“Selain itu, gagasan ini juga mendukung transportasi ramah lingkungan di Universitas Konservasi,” ujarnya.

Adapun juara I diraih oleh tuan rumah ITS, juara III Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, sedangkan juara harapan I dan II diraih diraih ITS dan Universitas Brawijaya Malang.

Angga


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.262 kali
EDITOR : Sihono

5 komentar pada “Motor Ramah Lingkungan Juara II di ITS

  1. Selamat buat Ardiyansyah dan Heri Cahyono, kembangkan terus ide2 kreatif dan inovatif untuk menjawab permasalahan aktual di masyarakat melalui karya nyata.

  2. terikasih kepada semua pihak yang telah mendukung tim kami. sehingga bisa membawa hasil yang baik. dan semoga semorali bisa di gunakan untuk semua masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X