Hari Minggu, Terakhir Pendaftaran SM-3T

Jumat, 24 Agustus 2012 | 8:19

SUCIPTO HP/HUMAS

Berita Terkait

Pendaftaran peserta program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) gelombang II masih dibuka hingga Minggu, 26 Agustus 2012. Pendaftaran dilakukan secara online melalui  www.sm-3t.dikti.go.id.

Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Drs Abdurrahman MPd mengatakan, pendaftaran program SM-3T gelombang II diselenggarakan setelah Dirjen Dikti menambah kuota peserta. “Dirjen Dikti membuka kesempatan bagi sarjana untuk mengikuti seleksi gelombang II program ini,” ungkapnya, Jumat (24/8), di kampus Sekaran.

Sebelumnya, pada 1-4 Agustus 2012 lebih dari 3.000 peserta gelombang I serentak melakukan ujian online di 17 perguruan tinggi. “Peserta akan ditempatkan di delapan provinsi, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Aceh, Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara, Maluku, Kepulauan Riau,” kata Abdurrahman.

Persyaratan

Adapun persyaratan peserta gelombang II sama dengan gelombang I. Beberapa syarat antara lain (1) warga negara Indonesia, (2) usia maksimum 28 tahun per 31 Desember 2012, (3) lulusan program studi kependidikan S-1 empat tahun terakhir (2009, 2010, 2011, 2012) dari program studi terakreditasi (kecuali PGPAUD minimal sudah memiliki izin operasional) yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dan (4) IPK minimal 3,0.

Selain itu, (5) berbadan sehat, (6) bebas narkotik, (7) berkelakuan baik, (8) mendapatkan izin orangtua/wali, (9) belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai. Peserta juga diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan.

Tahapan berikutnya setelah pendaftaran, ungkap Abdurrahman, adalah seleksi administrasi pada 27-29 Agustus, pengumuman hasil seleksi administrasi dan pengumuman jadwal tes online (30-31 Agustus), tes online (3-6 September), dan pengumuman hasil tes online sekaligus jadwal wawancara (9 Agustus), wawancara hasil seleksi gelombang I dan II (14-16 September), dan pengumuman hasil seleksi gelombang I dan II pada 19 September 2012.

Program studi kependidikan yang dibuka adalah PGSD, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan  Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Jasmani, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni, dan Pendidikan Konseling.

“Mereka yang belum lolos gelombang I yang pengumumannya telah diumumkan 10 Agustus 2012 diperbolehkan mengikuti pendaftaran gelombang II,” tutur Abdurrahman.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

4 Komentar untuk “Hari Minggu, Terakhir Pendaftaran SM-3T”

  1. srimaryati Keba

    Jumat, 24 Agustus 2012 | 09:40

    aslamualaikum….saya sudah melakukan pendftaran online sm3t..saya udah ikuti semua petunjuknya, mula dari pengisian biodata sampai pengisian lokasi ppg, biodata yang saya isi pun sudah saya simpan tapi belum divalidasi, setelah itu saya melakukan finalisasi pendaftaran, dan waktu mengunduh formulir yang terlihat hanya nama, foto, dan asal fakultas/jurusan,,bagaimana ini pak,,apa ada kebijakan untuk saya? karena saya mau mengikuti sm3t..sebelumnya terima kasih,,mohon balsan melalui email saya..wassalam

  2. winaningsih

    Jumat, 24 Agustus 2012 | 09:43

    Assalamualaikum, pak admin, mohon maaf, saya sudah mendaptar dan sudah mendapatkan user & pasword tapi pengisian saya belum lengkap dan mau saya lengkapi, masalahnya saya dari kemarin tidak bisa login, mohon bantuannya, saya harus bagaimana? Trimakasih.

  3. GIYANI, S.Pd.

    Selasa, 11 September 2012 | 13:19

    ada kesempatan lagi ga wat ikut SM3T? Ketinggalan info ni

  4. sumaryati widi,s.kom

    Kamis, 22 November 2012 | 07:15

    saya ingin ikut program profesi di unj. bagaimana ya caranya? sy sudah mencari info ke unj.tapi harus melalui dinas ktnya pendaftarannya. mohon infonya

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log | Arsip PS | Arsip PS
^Back to Top