Menjaga Semangat Leluhur Melalui Ziarah

Minggu, 22 Maret 2015 | 18:05 WIB


Menjaga Semangat Leluhur Melalui Ziarah
HUMAS/RAHMAT

Keluarga besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) berziarah ke makam Dewan Presidium dan sesepuh Unnes yang telah wafat, Minggu (22/3).

Pagi hari, rombongan bertolak dari Semarang ke ke makam rektor pertama IKIP Negeri Semarang Prof Wuryanto di Astana Bibis Luhur, Mojongo, Surakarta. Ziarah dilanjutkan ke makam Drs Moenadi di Makam Pahlawan Surakarta.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, ziarah bukan semata aktivitas fisik. Baginya ziarah adalah ikhtiar mengenang dan menghormati leluhur.

“Mereka orang-orang yang memiliki jasa besar meletakkan fondasi universitas sehingga Unnes bisa besar seperti saat ini,” katanya.

Prof Wuryanto, lanjut Rektor, memiliki kecemerlangan ketika mendirikan kampus IKIP Semarang di Kelud. Dia punya obesesi menjadikan Unnes langsung besar, melahirkan guru-guru cerdas dan bermartabat.

“Beliau menginginkan setiap guru berperilaku mulia. Selain itu, beliau ingin alumni IKIP Negeri Semarang cerdas dan berwawasan luas,” kenangnya.

Adapun Mayjen Moenadi, lanjutnya, telah berjasa merealisasikan IKIP Negeri Semarang dari lembaga yang sebelumnya bernama IKIP Yogyakarta Cabang Semarang.

“Dari beliau kita berterima kasih sekaligus belajar banyak. Tugas kita saat ini adalah mewujudkan cita-cita mereka yang belum sempat terlaksana,” pungkas Rektor.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 974 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X