Mengungkap Peran Pasar Modal dalam Perekonomian

Rabu, 14 Desember 2011 | 7:20 WIB


Mengungkap Peran Pasar Modal dalam Perekonomian
SIHONO/HUMAS

Cahyanto Kristiadi dari Indonesia Stock Exchange (IDX) Semarang, saat memaparkan materi.

Himpunan mahasiswa (Hima) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Seminar Peran Pasar Modal dalam Perekonomian Indonesia, Selasa (13/12) di gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial Unnes.

Pembicara dalam seminar tersebut adalah Cahyanto Kristiadi dari Indonesia Stock Exchange (IDX) Semarang dan dosen Manajemen FE Unnes Moh Khoiruddin MSi. Acara itu diikuti tak kurang dari 100 mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unnes.

Cahyanto mengungkapkan, pasar modal merupakan sistem untuk mempertemukan pihak-pihak yang memerlukan dana jangka panjang dengan pihak yang memiliki dana. Pasar modal memiliki fungsi ekonomi, yaitu mempertemukan issuer dengan pemodal atau investor. Selain itu juga memiliki finansial, yakni memberikan return bagi pemilik dana sesuai dana sesuai dengan instrumen yang dipilih.

Pasar modal mempunyai manfaat bagi issuer. Di antaranya dapat memotong biaya intermediasi keuangan dibandingkan bila mereka mengambil kredit dari perbankan. “Pasar modal juga menyediakan sumber pendanaan jangka panjang bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan alokasi sumber dana secara optimal,” ujarnya.

Sementara bagi investor, pasar modal akan menyediakan banyak instrumen keuangan dengan preferensi resiko yang berbeda-beda. Selain itu merupakan alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan resiko yang bisa diperhitungan melalui keterbukaan, likuiditas, dan diversifikasi.

“Secara nyata, pasar modal memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat dan mempunyai prospek juga menciptakan lapangan kerja yang menarik,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 4.684 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *