Demi Seni, Menenteng Senggreng Hingga ke Negeri Parangakik

Rabu, 11 Juli 2012 | 23:19 WIB


<em> Demi Seni, Menenteng Senggreng Hingga ke Negeri Parangakik</em>
tim muhibah seni

Semenjak dari kampus Sekaran, Adi Rizqi Mubarak khawatir. Tangannya tak pernah melepaskan senggreng, sebuah penggesek rebab, bagian dari instrumen gamelan Jawa.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang, setelah semua peralatan wayang dan perkakas tari yang dibawa dari kampus Sekaran diturunkan, ia masih saja membawa serta alat itu. Baru setelah masuk ruang lounge untuk istirahat, Adi meletakkannya di sofa.

Bersama tujuh orang teman dan seorang dosen, mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini menuju Prancis. Mengemban misi kesenian yang akan ditampilkan di Brest International Maritime Festival di Prancis –sebuah negeri yang dalam berbagai cerita Jawa disebut Parangakik. Mereka akan menggelar wayang kulit, tari-tarian, dan gending Jawa. Rombongan ini menyusul rombongan pertama yang telah berangkat Minggu (8/7).

Belum jua sampai di Dubai, kota yang menjadi transit kedua setelah Jakarta, telah banyak cerita yang mengalir. Mulai dari alat-alat kesenian yang hampir tak terangkut karena kelebihan beban di bagasi pesawat, membagi kotak wayang menjadi dua bagian karena tak dibolehkan masuk mesin pemindai, hingga kami bertemu seseorang yang menyapa, “Dari Unnes mau ke Prancis ya?”

Di lorong menuju pengecekan paspor dan visa di Bandar Udara Soekarno Hatta, begitu cepat pula kami berpisah dengan orang berkaos hitam berkerah itu. Di antara kami, tak ada yang mengenalnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.642 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

4 komentar pada “ Demi Seni, Menenteng Senggreng Hingga ke Negeri Parangakik

  1. Siapa gerangan orang misterius berkaos hitam itu…? Jawabannya setelah tiba di Prancis…. :)… Selamat buat teman-2 Jurusan Bahasa & Sastra Jawa Unnes yg “go International” dengan gamelannya… Buatlah para penonton di negeri Napoleon sana terkagum-kagum dengan alunan gendhing dari tanah Jawa

  2. SELAMAT BERTUGAS PARA DUTA UNNES…
    JAGA KESEHATAN, KONDISI FISIK DAN PSIKIS…
    SEMOGA MEMBAWA HARUM NAMA UNNES KONSERVASI, DAN INDONESIA
    DAN LANCAR PERJALANNYA SERTA SUKSES SEMUANYA….
    SALAM KONSERVASI…

  3. selamat kepada teman-temanku yang berangkat ke Perancis…, semoga dapat sebagai bekal motifasi teman-teman mahasiswa Unnes yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X