Mendendangkan Macapat hingga Mat

Senin, 7 Mei 2012 | 17:58 WIB


Sinta begitu semangat menyuarakan tembang macapat dhandhanggula Unnes Sutera. Dengan puluhan temannya ia bersaing, memperebutkan yang terbaik.

Ukiring sekar sarkara riris/ nering raos hangarum pawyatan/ nujweng luhur linuhungke/ enggal hanjiweng sagung/ sesantine anambut kardi/ sih asah suh sasama/ ucape sang wiku/ tresna titah tanpa pilah/ eling alam budaya gung den pepetri/ rahayu Unnes Sutra.

Meski sedikit grogi, satu pupuh tembang karya dosen karawitan Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes Widodo MSn itu ia selesaikan dengan lancar. Dalam tembang terkandung sandi asma Universitas Negeri Semarang yang Sehat, Unggul, dan Sejahtera.

Sinta hanya salah satu peserta dari puluhan mahasiswa yang pada Senin (7/5) itu mengikuti lomba macapat antarsemeseter. Lomba merupakan rangkaian dari Pekan Olahraga dan Seni Antarsemester (Porsater) Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Selain macapat ada pula lomba geguritan, tarik tambang, dolanan tradisional, juga sepak bola mini.

Pembantu Dekan Bidang Akademik FBS Unnes Agus Yuwono MSi mengungkapkan, kegiatan yang menjadi agenda rutin ini hendaknya menjadi sarana mengakrabkan jurusan dengan mahasiswa dari berbagai semester. “Mahasiswa aktif haruslah menjalin kekeluargaan dengan siapa pun yang ada di kampus konservasi ini,” ujarnya. Semua pemenang pada masing-masing lomba akan diumumkan pada hari terakhir, yakni 11 Mei 2012.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.656 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X