Menanam Pohon, Melestarikan Haji Mabrur

Kamis, 14 April 2011 | 9:30 WIB


Menanam Pohon, Melestarikan Haji Mabrur
SIHONO/HUMAS

Untuk melestarikan haji mabrur tidak hanya beribadah secara habblum minallah. Tapi bisa pula dilakukan dengan menanam pohon dan menebar bibit ikan untuk menjaga keseimbangan alam dan kesejahteraan bersama.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Tengah H Suwanto SE MM mengungkapkan hal itu pada perayaan hari ulang tahun ke-21 IPHI, Kamis (14/4), di gazebo embung Universitas Negeri Semarang.

“Menanan pohon sama dengan memberi amal jariah untuk menyejahterakan umat. Sebab, pohonnya nanti bisa mencegah bencana dan buahnya juga bisa dimakan. Ikan yang ditaburkan di embung nanti bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar dan mahasiswa untuk dipancing. Ini merupakan bentuk dari rahmatanlil’alamin,” katanya saat memberikan sambutan pada acara yang bertema “Sauwong Sauwit” itu.

Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo dan pimpinan universitas serta fakultas turut mangayubagya dengan menyelenggarakan acara ini. “Semua ikut hadir dalam acara ini, muulai dari dekan fakultas, direktur pascasarjana, hingga pejabat universitas,” katanya sambil memperkenalkan para pejabat itu satu per satu.

Turut harir dalam acara itu Kepala Dinas Kehutanan Dr Ir Sri Puryono, Kepala Dinas Perikanan Subagyo, Sekda Kota Semarang Drs H Ahmad Zainuri MM, dan Ketua IPHI Kota Semarang Dr H Mahfudz Ali MSi.

Sebanyak 20.000 ikan nila telah ditebar, dan 2.000 pohon akan ditanam mahasiswa di sekitar kampus Unnes. Terdapat bibit pohon langka yang sudah ditanam secara simbolis, yaitu pohon sapu tangan, nyamplung, kunto bimo, kecapi, bresbok, dan kepel.


DIUNGGAH : Agus Setyo Purnomo Dibaca : 2.308 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Menanam Pohon, Melestarikan Haji Mabrur

  1. Lebih siiip kalau ditaman juga pohon gaharu di areal Unnes. Delapan tahun ke depan pasti ada perubahan yang signifikan secara ekologi dan ekonomi. Unnes ijo royo-royo dan Unnes sejahtera pasti tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *