Melalui Unnes Mereka Juga Belajar Batik

Rabu, 28 Agustus 2013 | 15:17 WIB


Melalui Unnes Mereka Juga Belajar Batik
Dwi Sulistiawan/Humas

Beberapa mahasiswa asing, tampak antusias belajar membatik di Gazebo FT Unnes, Selasa (27/8)

Sakotkarn Thanadsornsarn, tampak antusias kala menjejakkan kakinya di gazebo belakang dekanat Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT Unnes), Selasa (27/8).

Sambil mengatupkan kedua tangannya, mahasiswa Mahidol University Thailand itu memberi salam pada Rodia Syamwil MPd, Pemateri Batik Class yang saat itu akan mengajar tentang membatik.

Ia mengaku sangat senang bisa mengikuti pelatihan itu. “Saya bangga bisa diberi kesempatan belajar membatik. Karena membatik merupakan seni yang cukup bernilai,” akunya dengan bahasa Indonesia terpatah-patah.

Perempuan berkewarganegaraan Thailand itu adalah satu dari 16 mahasiswa asing peserta program See-Conic 2013. Program ini digagas Unnes untuk memperkenalkan visi universitas konservasi dan kebudayaan Indonesia pada mahasiswa asing.

Hal senada diucapkan Ahmad Taufik. Bagi mahasiswa asal Malaysia ini, Unnes merupakan tempat yang indah untuk mempelajari berbagai macam kebudayaan jawa, termasuk membatik. ”Saya senang bisa belajar di Unnes. Ini kesempatan yang luar biasa,” katanya.

Menurut Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum, program itu bermaksud untuk mengenalkan Unnes sebagai universitas konservasi kepada masyarakat dunia. Dirinya berharap interaksi budaya akan tumbuh seiring dengan diselenggarakannya kegiatan itu. ”Ini adalah bentuk pengelolaan Unnes untuk menuju world class university. Hasilnya mungkin belum bisa terlihat dalam waktu dekat, tapi jangka panjang,” ucapnya.

Mereka juga dipersilakan menggunakan fasilitas laboratorium di semua fakultas di Unnes secara gratis. “Segenap dosen dan karyawan akan menyambut mereka dan memberikan fasilitas yang terbaik,” ujarnya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 960 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *