Mayoritas Setuju Dosen-Karyawan Bersepeda di Kampus

Rabu, 5 Januari 2011 | 1:47 WIB


Mayoritas responden jajak pendapat yang diadakan unes.ac.id, selama sepekan terakhir ini, menyatakan setuju jika dosen dan karyawan Unnes bersepeda ketika berada di dalam kampus.

Dari  230 responden, 211 orang atau 92% menyatakan setuju. Sisanya, sebanyak 17 suara atau 7% menyatakan tidak setuju, sedangkan 2 suara (1%) menyatakan tidak tahu.

Memang, hasil ini belumlah memberikan gambaran menyeluruh terhadap sikap warga kampus ini terhadap opsi tersebut. Meski  begitu, dapatlah hasil itu menjadi gambaran awal tentang persepsi pembaca situs ini terhadap kemungkinan jika kebijakan itu benar-benar diterapkan.

Persoalannya, jika dalam waktu dekat ini keharusan itu diberlakukan, sudah siapkah infrastrukturnya? Misalnya, apakah rute di dalam kampus ini sudah begitu bersahabat dengan para pengayuh sepeda? Dan yang lebih penting lagi, dari mana mereka, dosen dan karyawan, mendapatkan alat transportasi bebas asap ini?

Memang, setelah Bank Mandiri memberikan bantuan 700 sepeda, saat ini sudah ada hampir seribu sepeda bersemayam di universitas konservasi. Sebagian besar berada di auditorium, sebagian lagi di kompleks rektorat, dan sisanya tersebar di berbagai unit kerja dan sekretariat lembaga. Sebagian dari sepeda itu sudah dimanfaatkan, namun sebagian yang lain masih relatif nganggur.

Pada setiap hari Minggu pagi pada event Pasar Krempyeng Nyeni, misalnya, ratusan sepeda itu dikeluarkan untuk dipergunakan secara gratis oleh khalayak keliling kampus. Meski boleh jadi efeknya belum seberapa, langkah pembudayaan seperti ini pastilah jauh lebih berarti ketimbang, misalnya, pewajiban yang serta merta.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 2.581 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

2 komentar pada “Mayoritas Setuju Dosen-Karyawan Bersepeda di Kampus

  1. Mayoritas dari ukkuran sampel 230 responden? Di antara responden, berapa proporsi bagi wilayah terpencil di UNNES, maksudnya FT-UNNES? Jumlah pasukan FT-UNNES kini 234 orang (177 dosen 57 karyawan) diprediksi perlu waktu tempuh 20~55 menit untuk bersepeda 1~1,4 km dari Jl. Tamansiswa (Jl. Raya Sekaran) sampai tempat parkir sepeda pada gedung kuliah bersepeda tanpa penumpang (diboncengi). Terimakasih atas klarifikasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X