Ke Unnes, Siswa Tanyakan Jalur Masuk

Kamis, 6 Februari 2014 | 14:05 WIB


Ke Unnes, Siswa Tanyakan Jalur Masuk
Dani Herlambang / Humas

Salah satu dari 80 siswa SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali saat menyampaikan pertanyaan seputar Unnes

Sebanyak 80 siswa SMA Negeri 1 Kemusu Boyolali melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis (6/2).

Mereka menanyakan jalur masuk, cara mendaftar,  hingga kuota yang disediakan dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2014.

Rombongan yang dipimpin Kepala Sekolah Najamudin SPd dan 15 guru SMA itu diterima Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama (BAAKK) Heri Kismaryono MPd didampingi Kepala Bagian Kerjasama Supaat MPd, kepala bagian Pendidikan Mulyadi MM, dan kepala sub bagian Pendidikan dan Evaluasi Prini Hapsari MM.

Menanggapi pertanyaan itu, Heri Kismaryono menyampaikan, secara umum sama seperti pada perguruan tinggi lain, di Unnes tahun ini menyediakan 6.340 kursi dalam penerimaan mahasiswa baru.

Kursi sebanyak itu bakal diperebutkan lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

“Setiap PTN tetap harus menyediakan 50 persen kuota daya tampungnya melalui SNMPTN yang didasarkan pada nilai rapor, hasil Ujian Nasional (UN), dan prestasi lainnya. Adapun SBMPTN didasarkan pada tes tertulis atau keterampilan, sedangkan seleksi mandiri didasarkan pada mekanisme yang ditetapkan oleh PTN masing-masing,” jelas Heri.

Mengenai biaya, dia menandaskan, pada SNMPTN semua pendaftar dibebaskan dari segala biaya. “Berbeda dari SNMPTN, pada SBMPTN nanti peserta dikenai biaya, meski untuk tahun ini bakal lebih murah karena adanya subsidi dari pemerintah pusat. Sedangkan seleksi mendiri , biaya pendaftaran bergantung pada ketentuan tiap-tiap perguruan tinggi,” katanya.

Secara khusus, Heri Kis menandaskan, sebagian besar mahasiswa Unnes akan diterima lewat SNMPTN. “Lewat SNMPTN akan kami terima 3.338 mahasiswa atau 55 persen dari kuota keseluruhan. Sisanya, 2.199 orang (35%) melalui SBMPTN dan 693 orang (10%) lewat seleksi mandiri,” katanya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 4.295 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

8 komentar pada “Ke Unnes, Siswa Tanyakan Jalur Masuk

  1. mohon informasinya, program studi pendidikan matematika bisa menerima mahasiswa baru lulusan dari SMK apa tidak??
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X