Masuk PTN Tetap lewat Tiga Jalur

Sabtu, 15 Desember 2012 | 20:26 WIB


Sebagaimana tahun sebelumnya, tahun 2013 tetap tersedia tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN).

Ketiga jalur itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri yang dilaksanakan tiap-tiap PTN.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo menandaskan hal itu di hadapan para kepala Dinas Pendidikan kota/kabupaten se-Jawa Tengah pada Sosialisasi SNMPTN 2013. Sosialisasi yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Nurhadi Amiyanto itu berlangsung di aula dinas tersebut, Jumat (14/12).

“Ini perlu kembali saya tandaskan untuk menepis sejumlah berita yang menyebutkan SNMPTN ujian tulis dihapuskan. Namanya memeng bukan SNMPTN jalur ujian tulis lagi, melainkan SBMPTN dengan penyelenggara Majelis Rektor,” jelas Rektor Unnes.
Prof Sudijono mengemukakan, perubahan nama juga terjadi pada seleksi yang tahun lalu SNMPTN jalur undangan. “Tahun 2013 nanti, namanya SNMPTN saja. Seleksi ini didarkan pada  yang nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat,” katanya.

Disebutkan pula, pendaftaran SNMPTN tanpa dipungut biaya. “Semua siswa yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional 2013 SMA/MA/SMK/MAK yang datanya telah diisikan oleh kepala sekolah pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) bisa mendaftarkan diri,” katanya seraya mengingatkan, pengisian PDSS dibuka mulai 17 Desember 2012 di laman pdss.snmptn.ac.id.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri. “Untuk Unnes, namanya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes atau lazim disingkat SPMU. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya,” katanya.

Soal komposisi jumlah yang diterima, Prof Sudijono menyatakan, minimal 50% lewat SNMPTN, minimal 30% melalui SBMPTN, dan seleksi mandiri maksimal 20% dari jumlah keseluruhan yang diterima.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 5.804 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

11 komentar pada “Masuk PTN Tetap lewat Tiga Jalur

  1. permisi…

    untuk pendaftaran jalur tertulis langkah-langkahnya apa saja…?
    dokumen apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran…?
    serta registrasinya lewat bankm apa saja…?

    terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *