Mantapkan Standarisasi Layanan Bimbingan Konseling, UIN Walisongo Semarang Kunjungi UNNES

Kamis, 23 November 2017 | 13:14 WIB


Mantapkan Standarisasi Layanan Bimbingan Konseling, UIN Walisongo Semarang Kunjungi UNNES

Pengelola Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan kunjungan Benchmarking ke Pusat Pengembangan Karir dan Bimbingan Konseling Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Rombongan terdiri atas 10 orang Kepala Pusat dipimpin oleh Drs Nur Syamsudin MAg selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pengembangan Standar Mahasiswa diterima Ketua LP3 UNNES Dr Abdurrahman MPd dan pejabat terkait dilingkungan UNNES, Selasa (21/11/2017) di Sekaran Gunungpati.

Drs Nur Syamsudin MAg menyampaikan ingin menimba ilmu tentang standarisasi Kelembagaan, Mekanisme, Pola Kerja, Dokumen, dan Instrumen Bimbingan Konseling di UNNES.

Dr Abdurrahman merespon baik apa yang menjadi keinginan dari tim LPM UIN Walisongo yakni tentang standarisasi layanan bimbingan konseling yang sama-sama bisa dimanfaatkan. UNNES siap membantu dan mendampingi proses standarisasi yang sedang dilakukan di lingkungan UIN Walisongo.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan diskusi terfokus tentang Kelembagaan, Mekanisme, Pola Kerja dan Dokumen serta Instrumen Bimbingan Konseling di Pusat Pengambangan Karir dan Bimbingan Konseling.

Kepala Pusat Pengambangan Karir dan Bimbingan Konseling UNNES Dr Eko Supraptono MPd didampingi oleh Tim Akademik, Tutor Sebaya, dan mahasiswa PPL Pascasarjana menjelaskan secara detail bahwa pelaksanaan layanan bimbingan konseling telah distandarisasai sebagai proses penjaminan mutu layanan yang bermuara pada pelayanan mahasiswa untuk pencapaian Catur Sukses Mahasiswa, layanan pengentasan masalah akademik dan non akademik mahasiswa, serta optimalisasi peran dosen wali.

Diskusipun berkembang berkaitan saling tukar pengalaman penanganan konseling mahasiswa dengan pendekatan klasik-kontemporer dan pendekatan tasauf religius.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 300 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X