Malam Ini, Wagub Jateng Bicara di Selasa Legen

Senin, 23 September 2013 | 10:40 WIB


Malam Ini, Wagub Jateng Bicara di Selasa Legen
humas/dok

Ilustrasi

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko MSi, malam ini (Senin, 23/9), menjadi narasumber dalam sarasehan budaya Selasa Legen ke-46, di serambi auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes) kampus Sekaran. Heru dijadwalkan berbicara soal “Blakasuta dalam Tradisi Banyumasan”.

Selain Wagub,  pembicara lainnya adalah tokoh banyumasan yang juga Ketua DPD I Golkar Jawa Tengah Wisnu Suhardono dan Rektor Unnes Prof Dr Unnes Fathur Rokhman MHum. Sarasehan tersebut dimulai pukul 19.30 dan akan dimoderatori oleh Prof DYP Sugiharto, Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah yang juga asli Banyumas.

Rektor mengatakan, sarasehan secara strategis bakal membahas nilai-nilai budaya Banyumas dalam upayanya membangun Jawa Tengah supaya lebih maju. “Blakasuta atau blak-blakan merupakan nilai luhur budaya dari Banyumas yang sangat dalam bila dikaji lebih jauh,” ujarnya.

Selain itu, menurut Prof Fathur, blakasuta dinilai masih sangat relevan di tengah globalisasi. “Justru, hendaknya kita harus mengukuhkan lokalitas sebagai sebuah karakter pribadi di tengah realitas zaman yang makin global,” katanya.

Selain sarasehan, akan disuguhkan berbagai macam wujud kesenian khas banyumasan, seperti calung, tari lengger, macapat, dan geguritan. Tidak hanya itu, sepanjang sarasehan, akan disuguhkan kuliner khas Banyumas.

“Berita ini sekaligus undangan bagi siapa pun yang ingin ambil bagian dalam sarasehan,” ujar Rektor.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.746 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Malam Ini, Wagub Jateng Bicara di Selasa Legen

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *