Mahasiswa UNNES Wakili Indonesia di Seminar Robotika di Polandia

Jumat, 14 April 2017 | 9:40 WIB


Mahasiswa UNNES Wakili Indonesia di Seminar Robotika di Polandia
HUMAS/DOK.

Dua mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) terpilih untuk mengikuti kegiatan seminar GO_PRO! – Regional Programming Centers di Polandia pada tanggal 5 -12 April 2017.

Mereka adalah Rendy Irawan (Manajemen FE) dan Nurseto Nugroho (Pendidikan Matematika FMIPA). Keduanya mewakili Indonesia pada acara tersebut untuk bertemu dengan 30 peserta dari 7 negara lainnya yaitu dari Kenya, Peru, Spanyol, Kroasia, Polandia, Thailand dan Vietnam.

Sebelumnya para mahasiswa telah belajar mengenai robotika di laboratorium Ilmu Komputer FMIPA selama sebulan untuk membekali mereka dengan pengetahuan dasar robotika dan perkembangannya.

Selama kegiatan, para peserta selain mendapatkan pelatihan robotika, mereka juga mendapatkan materi mengenai pengembangan pendidikan non formal, permainan pendidikan digital dan multimedia yang sedang berkembang. Kegiatan ini juga diisi dengan pertandingan robot di mana robot dari Indonesia yang diberi nama Garudator menjadi juara pertama pada semua pertandingan yang diadakan yaitu ketangkasan melintasi rintangan dan adu kekuatan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Erasmus+ di bawah Komisi Eropa. Kegiatan ini juga lanjutan dari kerja sama antara Dejavato Foundation dan Meritum yang merupakan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan luar sekolah seperti pengembangan multimedia, robotika dan permainan pendidikan digital.

Setelah kegiatan ini, para peserta akan melanjutkan kegiatan di negara masing-masing dengan mengadakan kegiatan seminar dan pelatihan untuk menularkan semua pengetahuan yang didapatkan kepada para mahasiswa di kampus asal. Nantinya kegiatan seminar ini akan dilanjutkan dengan kegiatan seminar lanjutan yang rencananya akan diadakan di Peru pada bulan November mendatang.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.553 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X