Mahasiswa Unnes Peroleh Rp 3,4 Miliar

Rabu, 29 Mei 2013 | 10:51 WIB


Mahasiswa Unnes Peroleh Rp 3,4 Miliar
SIHONO/HUMAS

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil lolos 365 proposal tahun 2013 yang didanai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

Alhasil mahasiswa Unnes akan menerima dana sekitar Rp 3,4 miliar dari Ditjen Dikti, karena setiap proposal didanai sekitar Rp 9 juta.
Proposal PKM yang lolos itu terdiri atas PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K) sebanyak 140 proposal, PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) 149, PKM Penelitian (PKM-P) 60, PKM Karsa Cipta (PKM-KC) 11, dan PKM Teknologi (PKM-T) 5 proposal.

“Unnes masih bertengger diperingkat 4 besar PKM didanai Dikti 2013, yakni posisi pertama diduduki Institut Teknologi Surabaya (ITS), kedua Universitas Gajah Mada (UGM), ketiga Universitas Brawijaya (UB), keempat Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan kelima Institut Pertanian Bogor (IPB),” kata Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Dr Masrukhi di sela-sela Monitoring dan evaluasi PKM di auditorium kampus Sekaran, Rabu (29/5).

PR III juga mengemukakan peringkat tersebut merupakan bukti prestasi mahasiswa Unnes di bidang akademik. “Berkat kiprah kebersamaan antara para pimpinan sejak tingkat universitas, fakultas, jurusan, dan Pembina Karya Ilmiah, serta mahasiswa solid untuk mengembangkan budaya akademik,” katanya.

PKM merupakan program tahunan Dikti yang bermuara pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Sebelumnya, tahun 2006 Unnes meraih juara umum ketiga pada Pimnas ke-18 di kota Padang (Unand) yakni (IPB, UGM, dan Unnes). Kemudian Pimnas ke-23 di Universitas Hasanudin, Makassar tahun 2011 (UGM, ITS, Unnes).

Diharapkan Pimnas 2013 mendatang yang akan dilaksanakan di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Unnes bisa mempertahankan prestasi tersebut. “Syukur prestasinya naik peringkat,” tambahnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.117 kali
EDITOR : Sihono

2 komentar pada “Mahasiswa Unnes Peroleh Rp 3,4 Miliar

  1. Alhamdulilah. Selamat dan sukses atas prestasi mahasiswa UNNES di bidang kekaryailmiahan. Mudah mudahan proposal yang lolos maju ke PIMNAS makin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *