Mahasiswa Unnes Juara I LKTM di Makassar

Kamis, 14 November 2013 | 9:21 WIB


Mahasiswa Unnes Juara I LKTM di Makassar
DOK/IRFAN DAN NOVITA

Irfan Saptian dan Novita Ana Anggraeni, dua mahasiswa FMIPA Unnes meraih juara 1 lomba karya tulis mahasiswa (LKTM) tingkat nasional di Makassar. “Balas” (Baterai Talas): Pemanfaatan Batu Baterai Bekas Berbahan Dasar Daun Talas (Colocasia esculenta) dan Kitosan Udang sebagai Sumber Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan” berhasil menggeser posisi kandidat dari UGM di peringkat II dan UNS di peringkat III.

LKTM Tingkat Nasional ini diikuti oleh 15 finalis dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. 15 peserta tersebut terdiri atas 3 tim dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), 1 tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM), 2 tim dari Universitas Sebelas Maret (UNS), 2 tim dari Universitas Diponegoro (UNDIP), 1 tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB), 2 tim dari Universitas Brawijaya (UB), 1 tim dari UNTIRTA, 1 tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 1 tim dari Universitas Negeri Malang (UNM) dan 1 tim dari Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Perhelatan ilmiah yang berlangsung sejak tanggal 8-11 November 2013 itu digelar dalam rangkaian LKTM Indonesian Youth Festival of Science (INOVASI 2013) di Universitas Hasanuddin Makassar. Selain LKTM, acara ini juga disemarakkan dengan presentasi Lomba Karya Tulis Sisqa se-Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, recycling competition, Seminar Nasional, pameran karya ilmiah, dan Field Trip.

Irfan dan Novita mengemukakan pemikiran inovatif dalam bidang energi terbarukan. Sebagai perwakilan Unnes, spirit dan karakter konservasi mereka usung dalam karya mereka.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.846 kali
EDITOR : Sihono

6 komentar pada “Mahasiswa Unnes Juara I LKTM di Makassar

  1. Prestasi yang luar biasa. Semoga menginspirasi teman2 mahasiswa lainnya utk terus semangat menulis dan berkarya scra nyata. Salam Ilmiah.

  2. Selamat…!!! Prestasi yang sangat membanggakan. Diperlukan pembinaan lebih lanjut dan diharapkan dapat diupayakan ke arah perolehan paten.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *