Mahasiswa PPs Unnes Juarai Lomba Guru Nasional

Kamis, 6 Desember 2012 | 19:04 WIB


Mahasiswa PPs Unnes Juarai Lomba Guru Nasional
DOK/PRIBADI

Heni Purwono (bawah paling kiri) menerima penghargaan dari Kepala Subdit Program dan Evaluasi P2TK Dikmen Kemdikbud Wastandar PhD.

Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes) yang juga guru sejarah di SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Heni Purwono, menjuarai lomba Best Practice Guru Tingkat Nasional yang berlangsung Selasa-Kamis (4-6/12), di Hotel Garden Permata Bandung. Best Practice merupakan lomba penulisan keberhasilan guru dalam tugas pembelajaran.

Dalam kompetisi tersebut, Heni membuat makalah berjudul “Guru IPS (Belum) Tentu Mati Gaya”. Menurutnya, guru IPS seringkali terpinggirkan dan dianggap kurang penting. “Saya ingin membuktikan bahwa guru IPS juga dapat berprestasi secara individu serta membimbing siswanya menjadi juara,” ujarnya. Atas prestasi ini, dia berhak atas hadiah senilai 10 juta rupiah.

Heni merupakan mahasiswa S2 Prodi Manajemen Pendidikan PPs Unnes atas beasiswa dari P2TK Dikmen Kemdikbud untuk konsentrasi Kepengawasan Sekolah Menengah.

Selain dia, Kabupaten Banjarnegara berhasil meloloskan tiga guru lain dalam final kegiatan tersebut. Mereka adalah Sri Utari dari SMA Negeri 1 Banjarnegara, dan Wasis Sucipto dari SMK Negeri 2 Bawang.

Wasis Sucipto, yang meskipun tidak berhasil menjadi juara mengaku puas dengan hasil yang diperoleh kontingen Banjarnegara. “Yang mengirimkan naskah lebih dari 200 peserta se-Indonesia. Hasil ini sudah cukup membanggakan dan mengangkat nama Banjarnegara di tingkat nasional,” jelas Wasis.

Atas prestasi tersebut, Kepala SMA Negeri 1 Sigaluh Sudarto menyatakan akan mendorong guru-guru di sekolahnya untuk lebih sering membuat inovasi pembelajaran sehingga bisa berprestasi. “Jika gurunya berprestasi, maka insyaallah secara otomatis siswanya juga akan berprestasi,” katanya.

Dia juga mengatakan, akan memberikan penghargaan khusus bagi guru maupun siswa yang berprestasi, apalagi jika prestasi hingga tingkat nasional.

“Semoga capaian ini mampu memotivasi guru-guru lainnya untuk lebih inovatif,” kata Heni Purwono.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 4.932 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

3 komentar pada “Mahasiswa PPs Unnes Juarai Lomba Guru Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *