Mahasiswa MBKM UNNES Bertemu Gubernur Jawa Tengah saat Dampingi Vaksinasi Massal di Karimunjawa

Kamis, 23 September 2021 | 10:46 WIB


Mahasiswa MBKM UNNES Bertemu Gubernur Jawa Tengah saat Dampingi Vaksinasi Massal di Karimunjawa

Mahasiswa peserta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES bertemu dengan Gubernur  Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat lawatannya ke Karimunjawa dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksinasi massal pada hari Jum’at (10/9). Ketika meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Balai Desa Kemujan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan apresiasi kepada mahasiswa MBKM UNNES karena telah membantu pemerintah dan masyarakat dalam menyukseskan program vaksinasi massal di daerah.

Vaksinasi masal ini melibatkan berbagai pihak mulai dari Dinkesprov, Dinkeskab, Puskesmas Karimunjawa, dan mahasiswa Tim MBKM Membangun Desa UNNES. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini, menyasar sekiar 3.800 masyarakat Karimunjawa berusia 12 tahun ke atas dan diharapkan dapat mencapai target 100 persen.

Ketua Tim MBKM Membangun Desa dari Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES, Muhamad Asyam menjelaskan bahwa keterlibatan mereka dalam program vakisnasi massal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

“Kegiatan ini sesuai  dengan tema Program MBKM Membangun Desa yang kami lakukan, yakni peningkatan pariwisata bahari berbasis komunitas di Karimunjawa, sehingga percepatan vaksinasi menjadi hal yang penting agar ekonomi masyarakat kembali pulih terutama untuk sektor pariwisata,” jelas Asyam.

Di tempat yang terpisah, Dr Atika Wijaya selaku pembimbing lapangan MBKM Membangun Desa Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES menjelaskan, salah satu tantangan pemulihan ekonomi masyarakat di Karimunjawa adalah dibatasinya akses wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa akibat covid-19 yang berakibat pada kurang berkembangnya potensi wisata bahari di sana Untuk itu, diperlukan upaya pendampingan agar masyarakat dapat secara mandiri mengembangan potensi wisata bahari di daerah mereka.

Senada dengan itu, Ketua Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES Asma Luthfi SthI MHum menyampaikan rasa bangganya akan proses pendampingan vaksianasi dan rangkaian kegiatan MBKM Membangun Desa yang dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi di Karimunjawa.

“Kami berharap, kehadiran Mahasiswa MBKM Membangun Desa dari Jurusan Sosiologi dan Antropologi UNNES dapatmemberikan kontribusi nyata bagi pengembangan masyarakat dan pariwisata di Karimunjawa,” jelasnya.


DIUNGGAH : Dwi Hermawan
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X