Mahasiswa KKN UNNES Peduli Longsor Desa Lerep Ungaran Kabupaten Semarang

Selasa, 21 Februari 2017 | 11:31 WIB


Mahasiswa KKN UNNES Peduli Longsor Desa Lerep Ungaran Kabupaten Semarang
HUMAS/DOK

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) alternatif tahap I Universitas Negeri Semarang (UNNES) membatu warga Desa Lerep, Ungaran Kabupaten Semarang yang tertimbun longsor, Kamis (16/2/2017).

Yoga W Forestyanto Pusat Pengembangan (Pusbang) KKN UNNES menyampaikan, longsor terjadi setelah daerah lerep terguyur hujan deras. Tidak ada korban jiwa tetapi terdapat 3 titik longsor dan terdapat 1 rumah yang ambruk karena tertimbun tanah di dusun indrokilo.

Mbah Mar pemilik rumah menceritakan kepada Tim Pusbang KKN UNNES bahwa, kejadian longsor terjadi pada kamis siang (16/2) setelah daerah indrokilo diguyur hujan lebat lebih dari 2 jam. Kejadian sangat singkat, tiba-tiba tanah dari bukit belakang rumah longsor dan menimbun rumah sehingga tidak dapat menyelamatkan harta benda yang ada di rumah.

Akibat longsor yang terjadi, rumah kayu tersebut ambruk dan terpaksa penghuni rumah harus mengungsi ke tetangga sebelah rumah. Mengetahui informasi tersebut mahasiswa KKN alternatif tahap I desa Lerep segera menuju lokasi kejadian untuk membantu evakuasi barang dan puing-puing rumah serta membersihkan tanah dan batu yang menimbun rumah.

Pusbang KKN Unnes mengetahui informasi tersebut kemudian menghubungi seluruh Koordinator mahasiswa Desa (Kormades) yang ada di wilayah Ungaran barat untuk segera merapat kelokasi serta berkoordinasi dengan Tim KKN lerep serta warga. Karena Cuaca tidak memungkinkan maka aktifitas dihentikan dan dilanjutkan keesokan harinya.

Pada hari jumat pagi pusbang KKN Unnes meninjau lokasi longsor dan memberikan bantuan sembakau serta mengarahkan mahasiswa KKN untuk melanjutkan evakuasi. Menurut keterangan warga rumah akan dibangun ulang dan akan selesai pada hari minggu.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 248 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *