Mahasiswa Jepang Ikuti Perkuliahan di PPs Unnes

Rabu, 11 September 2013 | 14:58 WIB


Ada yang berbeda pada perkuliahan di Magister Manajemen Pendidikan Konsentrasi Kepengawasan Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes), Selasa (10/9). Di Kampus Bendan Ngisor Semarang itu, hadir Tanoe Hiromi, 19 tahun, mahasiswi asal negeri Sakura yang tengah mengikuti program volunteer selama dua pekan di Indonesia.

Hiromi mengikuti perkuliahan di PPs Unnes dalam rangka menambah pengalaman mengenai situasi belajar pada perguruan tinggi di Indonesia. Gadis berkulit putih yang berkuliah di Yokohama University itu mengaku senang berkesempatan belajar di Universitas Konservasi, meskipun dalam waktu yang sangat singkat. “Mahasiswa di sini ramah-ramah, sehingga bisa bertukar informasi mengenai pendidikan di masing-masing negara,” ujar Hiromi.

Asisten Direktur II PPs Unnes Prof Wahyu Hardiyanto yang kebetulan mengampu mata kuliah di kelas tersebut berkesempatan menjelaskan mengenai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang ada di Unnes kepada Hiromi. Prof Wahyu juga berharap para mahasiswa Unnes mampu mempelajari sistem pendidikan di Jepang dari Hiromi.

“Saya berharap mahasiswa Unnes mampu mengaplikasikan dan meniru Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pendidikan yang ada di Unnes. Akan lebih baik lagi jika para mahasiswa juga belajar dari pengelolaan SIM Pendidikan dari negara maju seperti Jepang,” tambah Prof Wahyu.

-Heni Purwono, Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan PPs Unnes


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.372 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Mahasiswa Jepang Ikuti Perkuliahan di PPs Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *