Mahasiswa Baru Wajib Ikuti Orientasi Kepramukaan

Rabu, 22 Agustus 2012 | 7:26

Berita Terkait

Semua mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun akademik 2012/2013 diwajibkan mengikuti Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) Unnes tahun 2012. Kegiatan akan dilaksanakan Jumat dan Sabtu, 31 Agustus dan 1 September 2012 pukul 07.00 hingga 13.00 WIB di fakultas masing-masing.

Adapaun hal-hal yang diwajibkan bagi peserta, diwajibkan membuat tanda pengenal yang dapat diunduh di sini dengan ukuran 9×13 cm, ditempel foto berseragam pramuka ukuran 3×4 cm. Tali yang digunakan pada tanda pengenal berwarna sesuai dengan warna fakultas masing-masing; FIP-hijau, FBS-ungu, FIS-merah, FMIPA-biru muda, FT-orange, FIK-putih, FE-biru tua, dan FH-merah.

Pengarahan kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan temu teknis Program Pengenalan Akademik (PPA) Unnes 2012, yakni Senin, 27 Agustus 2012 di fakultas masing-masing.

Adaptasi

Dalam mengikuti orientasi itu, mahasiswa baru akan diajak untuk beradaptasi dalam hal psikologi, sosial, dan budaya. OKPT sebagai bagian awal dari proses belajar di kampus berfungsi meletakkan dasar pembinaan bagi mahasiswa baru untuk mengetahui dan memahami kehidupan kampus Unnes, sehingga akan menghasilkan mahasiswa yang patuh dan taat pada norma-norma yang berada di lingkungannya.

Pola pembinaan gerakan pramuka memiliki nilai-nilai dan norma sosial yang sangat relevan dengan kehidupan di perguruan tinggi. Bertujuan membentuk pribadi pemikir dan pemimpin tangguh. Pribadi mahasiswa yang diharapkan mampu menjadi pelopor perjuangan dan pembangunan moral bangsa.

Selama mengikuti kegiatan, seluruh peserta diwajibkan seragam pramuka lengkap. Penjelasan lebih lanjut akan disampikan saat temu teknis di masing masing fakultas, atau kunjungi laman http://pramuka.unnes.ac.id/. OKPT Unnes 2012 tidak dikenakan biaya tambahan administratif.

 

Diunggah oleh :
Editor: Dhoni Zustiyantoro

7 Komentar untuk “Mahasiswa Baru Wajib Ikuti Orientasi Kepramukaan”

  1. dony

    Rabu, 22 Agustus 2012 | 08:20

    Make baju hitam-putih + dasi kan? Kalo ada yg berhalangan sakit parah gmn?

  2. Dhoni Zustiyantoro

    Dhoni Zustiyantoro

    Rabu, 22 Agustus 2012 | 19:09

    Berdasar rilis pada laman Pramuka Unnes, selama kegiatan mengenakan pakaian pramuka. Dikarenakan orientasi ini bersifat wajib, peserta yang tidak dapat mengikuti tahun ini, disilakan mengikutinya tahun depan. Silakan buka link pramuka.unnes.ac.id. Terima kasih.

  3. asep berlian dirgantara

    Rabu, 22 Agustus 2012 | 19:33

    Pendidikan dan Imu Murni tahun ini ikut semua pak?

  4. Dhoni Zustiyantoro

    Dhoni Zustiyantoro

    Kamis, 23 Agustus 2012 | 07:52

    Saudara Asep, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, orientasi kepramukaan diwajibkan terutama bagi mereka yang mengambil prodi kependidikan. Namun bagi mahasiswa baru yang mengambil jurusan nonkependidikan sangat disarankan pula karena kegiatan ini diyakini besar manfaatnya sebagai bekal awal memasuki kehidupan kampus. Komentar ini sekaligus informasi tambahan. Terima kasih.

  5. donu

    Kamis, 23 Agustus 2012 | 08:11

    Ass. Wrb, selamat pagi.
    1) Saya ingin bertanya andai maba non-kependidikan tidak wajib ikut OKPT berarti mereka boleh tidak ikut / berkewajiban ikut di tahun depan?
    2) Apa bedanya PPA dan OKPT? Apa saja perlengkapan yg harus dikenakan maba saat PPA? Informasi yg saya terima masih simpang siur
    3) Apa benar tgl27 dan 28 mahasiswa hanya memakai atasan kemeja putih dan celana bahan hitam beserta dasi?
    Tks

  6. menteri luar negeri bem km unnes 2012

    Sabtu, 25 Agustus 2012 | 09:07

    mencoba menjawab pertanyaan dari saudara danu,
    1. berdasar rapat koordinasi dg bp Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan beberapa waktu lalu, untk tahun ini seluruh mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kegiatan OKPT,tetapi jika berhalangan/tidak bisa mengikuti tahun ini, maka bisa mengikuti OKPT di tahun2 setelahnya bersama dengan adek2 kelasnya.
    2. PPA kepanjangan dari Program Pengenalan Akademik yang di universitas lain di kenal dengan istilah OSPEK, dilaksakan tanggal 28-30 Agustus, kegiatan ini di maksudkan agar mahaisswa dapat mengenal kampusnya sebelum mengukuti agenda perkuliahan. sedang OKPT yg dilaksanakan tanggal 30 Agustus-1 September ini adalah kepanjangan dari Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi, ini merupakan pengenalan awal kegaitan kepramukaan di perguruan tinggi.
    perlengkapan dan penugasan diberikan pada saat Technical Meeting yang sebagian besar dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus di masing2 Fakultas, namun tidak menutup kemungkinan ada fakultas2 tertentu yang mengadakan TM di luar tanggal itu. untuk lebih jelasnya, silakan tanyakan ke Grup FB/site Lembaga Kemahasiswaan Fakultas terkait.
    3. seperti sudah saya jelaskan di atas, tgl 27-30 Agustus itu Rangkaian kegiatan PPA, akan dijelaskan pada saat Technical Meeting, berdasarkan pengalaman tahun2 sebelumnya, Teknikal meeting tidak diharuskan mengenakan pakaian hitam-putih tetapi bebas dengan ketentuan Rapi dan Sopan. sedangkan tgl 28-30 seragamnya ditentuakan pada saat TM.
    terima kasih, semoga menjawab.

  7. Harsa Bahtiar

    Minggu, 26 Agustus 2012 | 23:40

    OKPT taun lalu kok saya dan teman-teman tidak mendapat sertifikat yaa?? tuink tuink??

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log | Arsip PS | Arsip PS
^Back to Top