M Nuh: Kurikulum 2013 Tak Mengurangi Hak Guru

Universitas Negeri Semarang/Berita/M Nuh: Kurikulum 2013 Tak Mengurangi Hak Guru

Ketiadaan beberapa mata pelajaran dalam Kurikulum 2013 tidak akan mengurangi hak dasar guru. Dalam praktiknya, guru mendapatkan sertifikat atas kompetensi tambahan mengajar pelajaran lain.

“Guru akan dilatih untuk pelajaran tambahan yang harus ia ampu. Hal ini tidak akan mengurangi hak apapun, termasuk tunjangan dan sertifikasi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, saat Sosialisasi Kurikulum 2013, Sabtu (4/5), di auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Nuh menekankan, Kurikulum 2013 mengedepankan proses belajar yang bakal menumbuhkan kreativitas siswa. Metode yang digunakan adalah scientific, observasi, tanya-jawab, hingga presentasi.

“Hal pertama yang dilakukan ketika merumuskan kurikulum baru ini adalah menetapkan kompetensi yang harus dicapai oleh lulusan, baru kemudian proses dan evaluasi pembelajaran,” ungkapnya, di hadapan ratusan guru di wilayah eks-karesidenan Semarang.

Budi pekerti

Apapun mata pelajaran yang diajarkan dalam Kurikulum 2013 punya kontribusi pada penambahan keterampilan dan pembenahan sikap peserta didik. Hal itu dirasa penting karena kebanyakan siswa saat ini kurang memahami penerapan budi pekerti di masyarakat.

Aplikasi dari kebijakan tersebut ditekankan pada alokasi waktu untuk pelajaran agama dan budi pekerti, dari 2 jam menjadi 4 jam per minggu.

Nuh menepis kebenaran anggapan selama ini jika ‘ganti menteri ganti kebijakan’. Menurutnya, perubahan itu terjadi karena adanya perubahan pola akademik, industri, dan sosial-budaya.

Dia juga menginstruksikan kepada kepala sekolah dan kepala dinas pendidikan di daerah supaya mendata siswa yang tidak mampu.  “Segera laporkan ke kementerian, jangan sampai ada anak tidak sekolah karena tak punya biaya,” katanya.

Sejalan dengan hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unnes Dr Agus Wahyudin mengatakan, Unnes semenjak tahun 2008 telah mengalokasikan beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu.

“Semenjak kepemimpinan Bapak Sudijono Sastroatmodjo, alokasi beasiswa selalu meningkat tiap tahun. Bahkan tahun ini Unnes mengalokasikan beasiswa Bidikmisi untuk 26 persen dari total keseluruhan mahasiswa baru,” ujar Dr Agus.

Related Posts

112 Responses
  1. Sigit Setyo Atmoko

    Rasanya luar biasa….bertemu orang-orang luar biasa. Salam konservasi untuk Unnes dari negeri Baruklinthing. Kami siap menyambut Kurikulm 2013.

  2. Y. Benny Koloway

    Turut beruntung saya boleh ikut hadir langsung, dan semakin mendukung untuk pemberlakuan Kurikulum 2013. Terima kasih 🙂

  3. Eko

    Bagamana kelak nasib yg mengambil jurusan PTIK .. apa bentuk tanggung jawab perguruan tinggi yg membuka prodi PTIK kalau mapel TIK dihapuskan ??

  4. M. Noah

    Prodik PTIK nanti dibubarkan, karena lapangan kerjanya di sekolah tidak ada maka lembaga pendidikannya tidak lagi diperlukan. Guru-guru TIK tidak perlu khawatir, nanti bisa mengajar Fisika, Kimia, Matematika, dan sejenisnya, khan tidak terlalu jauh antara TIK dan Fisika, tidak sesuai pendidikannya juga tidak apa-apa, itu semua bisa diatur, wong selama ini mismatch sudah sering terjadi kok. Tapi jangan khawatir, ini Kurikulum 2013 sangat bagus, guru tinggal melaksanakan saja, tidak perlu repot-repot menyusun silabus, jadi tambah enak khan.

  5. johanes

    menambahkan komentarnya M. Noah. guru TIK silahkan pindah jenjang ke SMK, penataan guru diserahkan ke Kab. masing2…….

  6. Novita Tri Retnani

    Saya mahasiswa pasca sarjana prodi KTP kelas khusus 2012, mengapa setiap ada acara penting di UNNES jatuh pada akhir pekan? jadwal kuliah kami yang akhir pekan tdk memungkinkn untuk ikut, mohon kebijaksanaan Prof Samsudi agar kami juga bisa ikut acara2 itu, karena penting dan menarik

  7. hendro saptanto

    APAPUN SYSTEMNYA DAN KEBIGJAKANNYA PEMERINTAH GURU HARUS FOCUS PADA SISWANYA DAN JANGAN SAMPAI SEGALA KEADSMINISTRASIAN PERANGKAT GURU MEMBUAT BEBAN MENGAJAR YANG DAPAT MENGGANGGU KONSENTRASI GURU ITU SENDIRI MAKA COCOK SEKALI KURIKULUM 2013 INI

  8. Maesa Nila Sari

    Yang semester VI sekarang semester depan PPL. Sedangkan kurikulum semester depan (sudah) kurikulum 2013. Bagaimana dengan buku-buku pelajaran KTSP untuk penunjang membuat RPP? Apakah masih relevan?

  9. ary

    asslkm,pak menteri andai guru TIK PNS dan sertifikasi akan di diklat untuk mengajar mapel yang lain apakah bisa menjamin berhasil dan bagaimana dengan output yang didapatkan. akan jadi apa nantinya hasil pembelajaran hasil include/integrasi ini ? mohon TIK bisa tetap masuk dalam kurikulum pak karena ilmu kami tidak spt matemati 1 + 1 = 2, sedang perkembangan IT selalu inovasi dan new,bagaimana juga anak-anak sekolah pinggiran spt kami, mereka tau komputer hanya dari sekolah,jangan samakan dengan di kota-kota besar dong pak.

  10. Makasih atas undangannya sosialisasi Kurikulum 2013, hebat UNNES, semoga membawa kemajuan bangsa Indonesia, dan sesuai dengan apa yang disampaikan pak Mendikbud, di laman mana saya bisa mendownload presentasinya

  11. Redi Hermawan

    selamat datang kurikulum 2013. sy optimis dan mendukung rencana pemerintah memberlakukan kurikulum 2013.

  12. Dhoni Zustiyantoro

    Powerpoint materi sosialisasi dapat diunduh di muka laman ini, di depan sudah kami sediakan link lewat banner di sisi kanan atas bertuliskan “Sosialisasi Kurikulum 2013”. Terima kasih.

  13. H.Masri

    Semoga ada kebijakan baru dari Kemendikbud
    bagi guru TIK agar bisa mengajar mata pelajaran lain sehingga tidak kehilangan tunjangan sertifikasinya

  14. Yang terhormat semua saudara saudaraku, dimana letak profesionalis guru jika guru tidak sesuai dengan keahliannya/pendidikannya..selama ini guru tik diambil dari ptik/dari jurusan informatika yang sudah kuliah lagi untuk mengambil akta 4…apakah ini malah memperburuk keadaan di sekolah, mengatur ujian nasional saja gagal sekarang di hebohkan lagi dengan pemangkasan matpel..dulu tik di cari tapi sekarang tik dihabisi

  15. mantap. sepakat saya dengan kurikulum 2013 hal ini akan banyak menuai tuntutan. 1 pihak murid di tuntut tidak hanya menguasai materi saja, 2 . guru di harapkan mampu melakukan inovasi inovasi dalam menyampaikan materi ajar. kalok boleh koment untuk masalah UN mohon di tinjau kembali untuk pemberlakuan nya sebab membuat peserta didik terbebani ..

  16. Puji

    Alkamdulilah sudah ada jawaban dari pak Menteri, tentang guru TIK yang mata pelajaranya dihapus, Walaupun mengajar selain TIK tetap mendapat tunjangan sertifikasi.
    Tentunya khusus guru TIK segera diadakan pelatihan sertipikasi yang akan mengajar pelajaran lain yang diampunya, sebelum tahun ajaran 2013-2014 dimulai.

  17. totok

    mentrine rodo suwung…. guru tik suruh ngajar fisika, kimia, emang semudah itu. butuh 4 tahun kuliah pakdhe…. emg belajar sehari bisa mengajar 1 thn. ngomong enak, cb cek dilapangan…. g mungkin guru tik ngajar tanpa ilmu lain yg g mumpuni.

  18. puji

    Kurikulum 2013 tinggal beberapa hari lagi, sampai sekarang belum ada tanda-tamda bahwa akan ada pelatihan guru TIK.

  19. elgha

    Aneh bgt plajaran TIK dhilangkan, diera zaman serba IT ini, plajarn TIK hrus dihilangkan. jlan kluarnya pun belum ada gimana kedepannya.

  20. haris

    Kurikulum 2013, memiliki tujuan baik. Alangkah lebih baik sebelum diterapkan lihat kondisi riil dilapangan. Antusias siswa yg luar biasa ingin belajar komputer walaupun waktu pembelajaran hanya 45 menit karena harus bergantian. Jgan berasumsi siswa yg sudah bisa fb berarti sdh bisa word/excel, yg perlu diperbaiki adalah mutu pengajarnya(bekali guru dgn teknologi) dan bukan bongkar pasang pelajaran. Mutu akan tercapai apabila guru mengajar sesuai dengan kompetensi yg dimiliki bukan kompetensi yg dipaksakan.

  21. tanti

    klo guru tik suruh ngajar mepel yang lain padahan utk guru mapel tsb sudah penuh bahkan kekurangan jam trs solusinya dimana, saya kira butuh solusi lain yang lebih bijak, setuju dgn komentar pk haris

  22. muthia

    Sangat setuju dengan komentar Pa Haris, lagi pula tidak semua siswa punya komputer dirumahnya apalagi di daerah. Dengan mapel TIK yang mandiri kita yakin siswa beretika ketika surfing, rapi ketika mengerjakan berbagai tugas / PR yang memerlukan print-out, dan satu hal yang tidak bisa dianggap remeh siswa Percaya diri ketika memasuki jejnjang pendidikan yang lebih tinggi atau masuk dunia kerja. Bukankah kemauan Pa Mentri di kurikulum 2013 agar siswa Berbudi pekerti/beretika dan punya kecakapan hidup (life skill) tapi kenapa salah satu mapel untuk menuju kearah sana malah ditiadakan ??????????????????

  23. Persoalan TIK ditiadakan di kurikulum 2013 ada benarnya. TIK itu hanya sebuah tools untuk mempresentasikan suatu ilmu dasar yang dimiliki oleh seorang guru.

  24. Bangsoy

    Sebenarnya inti permasalahan di dalam dunia pendidikan Indonesia bukan dari kurikulumnya, namun berasal dari kualitas gurunya. jadi mestinya prosesnya yang ditingkatkan. Secanggih apapun kurikulumnya, jika yang melaksanakan kurikulum (guru) tidak berkualitas maka kurikulum tersebut tidak bisa diterapkan secara maksimal. Apalagi guru TIK dan KKPI akan ditiadakan, disuruh ganti mapel(kok katanya canggih).
    Patut jadi renungan buat guru semua…

  25. guru tik

    Tik itu sangat diperlukan untuk pengembangan pekerjaan di era canggih ini. Tik bukan hanya power point banyak program yang dapat digunakan didunia kerja nantinya, jika tidak ada pembelajaran terstruktur bagaimana menciptakan siswa-siswa yang mampu bersaing dibidang Komputer dan Teknologi. Sia-sia dong saya ambil akta 4 klo akhirnya ngajar ga sesuai background pendidikan.Guru seperti wayang aj dinegeri ini

  26. Rusdan

    Saran saya guru TIK yang basic pendidikannya Teknik Informatika leburkan saja ke mapel matematika karena waktu kuliah kita banyak dapat matakuliah matematika seperti matematika deskrip, aljabar linier, kalkulus dasar, kalkulus lanjut, metode numerik, dan lain-lain.
    Untuk guru TIK bukan basic Teknik Informatika kembalikan ke asalnya karena guru banyak yang di-TIK-kannya misalnya Biologi jadi TIK, Fisika jadi TIK dan sebaginya.

  27. Rusdan

    Saran saya, guru tik sebaiknya melebur ke guru mapel matematika karena waktu kuliah jurusan teknik informatika kebanyakan matematika seperti kalkulus 1, logika matematika, kalkulus 2, matematika diskrit, kalkulus lanjut, aljabar linier dan matriks, statistik dasar, statistik lanjut, dan metode numerik. Sedangkan guru yang di-tik-kan sebaiknya kembali ke basic karena banyak mapel fisika mengajar tik, biologi mengajar tik, dan lain-lain.
    Mengenai bisa diterima atau tidak oleh sekolah karena dihawatirkan guru mapel matematika yang sudah ada sekolah tidak menerima atau kecemburuan. Sebaiknya pemerintah memberikan aturan supaya tidak terjadi seperti ini (kecemburuan).

  28. berbicara itu memang mudah tapi pelaksanaanya yang sulit. kalau TIK dan bahasa inggris dihapus, mau dikemanakan nasib generasi penerus bangsa ini untuk menyongsong era globalisasi.

  29. M. Ruh

    Kalo gak aku bikin kurikulum 2013, kapan lagi aku bs dpt proyek, kan jabatan saya akan hbs 2014, maka kamu hrs aku paksa demi proyek itu. Utk guru2 TIK, ya salahmu sendiri knp dl km ikut sertifikasi TIK, tp tenang aja ya km ntar aku kasih bagian, untungku besar koq dr proyek itu

  30. Sugriwo

    Bagimana bs meningkatkan kwalitas pendidikan, lawong di daerah2 sleksi kepsek aja yg lolos ya yang mau bayar, gak liat ybs layak ato tdk.

  31. didi

    dari berbagai komentar di atas kita dapat mengetahui bagaimana mereka diasuh di keluarga dan lingkungan mereka. mereka yg dibesarkan di klg dan lingkungan yg tdk mengedepanan rasa hormat dan dihinggapi rasa rendah diri yg tidak disadari akan cenderung sinis dan melecehkan. apabila tidak ada perubahan signifikan maka sudah dapat dilihat masa depan mereka. gagal. semoga ada pencerahan bagi kita semua dan dapat menyelesaikan masalah bersama, karena masa depan milik kita bersama.
    bravo

  32. rabiah

    Sebagai guru tik yg sdh sertifikasi saya sangat berharap pemerintah bijak dalam mengambil keputusan, jangan sampai merugikan guru yang bersangkutan. Beri solusi jangan sampai mengecewakan guru

  33. Yani

    Semoga ada kebijakan pemerintah dlm pemberlakuan kurikulum 2013,jgn sampai guru yg sdh bersertifikasi terancam putus krn jam mengajar yg kurang atau tdk ada matpelx lg.tolong kembalikan pemahaman pemberian tunjangan tujuanx utk meningkatkan kesejahteraan guru bukan terpaku pd jam mengajar.belajar dr negara lain dimana gaji guru lebih besar dr semua jabatan yg lain sehingga guru bs lebih bersemangat meningkatkan kualitas.jgn sampai sedikit saja guru mendapat tunjangan sdh mjd bahan kecemburuan.ingat semua profesi yg ada diindonesia berasal dr jasa didikan guru.

  34. sudirman

    siap aja sertifikasi dr awal lagi bagi guru TIK dan KKPI kebijakan itu tidak menyenangkan bukan diperbaiki malah dihapus aneh bisa kuwalat tuh pak menteri
    bukan mencari peningkatan mutuh dan sarana sekolah yg minim malah polimik yg tidak ada artinya

  35. rista

    Pak Mentri Yth. Mohon Bapak sesekali BLUSUKAN ke sekolah-sekolah pinggiran atau sekolah desa atau daerah terpentil. saya yakin 100%, hampir semua sekolah menggandalkan penggunaan IT (komputer) tidak bisa lancar kecuali disitu ada operator. Lah… siapa operatornya yah itu Si Guru TIK. coba bayangkan, kalau GURU TIK tidak diperlukan lagi bahkan ditelantarkan, siap siap saja Administrasi dan Pendataan Negara khususnya ADM Sekolah Terlantar kacau balau. Coba Bapak lihat DAPODIK, siapa disitu yang kerja. Guru TIK Juga. UKA atau UKG, siapa yang terlibat sebagai operator.. Guru TIK JUga. Siapa yang ngajari Guru Mapel Lain pakai Laptop, LCD Projektor dan Camera/Video Shoting dll, ya GURU TIK Juga… “”MAKANYA PAK MENTRI, JANGAN SEPELEHKAN KAMI GURU TIK. Sekolah akan kalang Kabut jika ditingkalkan Guru TIK atau barangkali nantinya ada program DIKLAT Komputer & Jaringan yang biayanya milyaran untuk membuat operator-operator baru sebagai pengganti Guru TIK bisa jadi. Yang nyata saja Pak Mentri, setiap kali ada sosialisasi, workshop, diklat, apapun namanya yang mensyaratkan peserta membawa LAPTOP. hampir semua sekolah di negeri Kami yang ditugaskan Yah Guru-guru TIK dengan alasan Bisa bahsa mahir menggunakan komputer. mudah-mudahan ini menjadi renungan bersaama dan sangat-sangat realistis, dan semua manusia pendidikan tahu semua. Kita banyak yang BUTA Teknologi…. !!! Wassalam…

  36. vilvala wilson

    istri saya guru bahasa inggris di sd. karena ada perubahan kurikulum istri saya disuruh pindah dan cari sendiri sekolah yang bisa menampung guru bahasa inggris.
    masalahnya sekolah smp dan sma sederajat di kabupaten tanjung jabung timur, guru bahasa ingris untuk smp dan sma yang sekarang sudah kekurangan jam mengajar untuk mendapatdapatkan sertivikasi guru. bagai mana slusinya? mohon nasehat dan jalan keluar

  37. Zharmono

    Kalo tdk ngurangi hak guru, kami guru TIK yg sudah sertifikasi harusnya dipersilakan beralih ke mapel lain tanpa harus ikut sertifikasi pak menteri, tapi dalam permendikbud no 62/2013, guru yang telah sertifikasi dan ngajar mapel lain harus ikut sertifikasi lagi. Bagaimana ini

  38. Yunita Utami

    harusnya para guru lebih bijak dalam memberikan komentar. Gunakanlah bahasa yg sopan, bukan bahasa yang mengatasnamakan satu pihak dan menyepelekan pihak lain. saya sebagai Tenaga administrasi Sekolah merasa tersinggung atas salah satu komentar yg mengatakan jika tidak ada guru TIK maka adm sekolah akan mnjadi kacau balau. Ingat, guru itu punya tugas sendiri.

  39. hery afianto

    Kalau alasan mentri pendidkan TIK dibubarkan karena tik terintegrasi ke semua mapel, Kenapa kok hanya TIK ? Bahasa Indonesia kok tidak ? Padahal Bahasa indonesia sudah terintegrasi ke semua mapel….

  40. tikoke

    sy tdk setuju dengan Oemata Persoalan TIK ditiadakan di kurikulum 2013, karena peluang utk ngajar matpel lain sangat tdk mungkin, Apalagi hanya honorer yg gajinya sj sdh sangat kurang untuk menghidupi istri dan anak……..

  41. Jhony

    Kurikulum mau ganti 1001 kali, tdk serta merta menjamin kualitas pendidikan meningkat. Kurikulum kan cuma seperangkat aturan sedang pelaksananya adlh manusia. Aturane sundhul langit…. tapi pelaksanane ora nyundul yo…. mubadir thok aturane..

  42. Kiroen

    Memang lebih enak jadi wirausaha sukses, tdk terkungkung aturan-aturan yg membelenggu gerak langkahnya. Berprinsip “menguntungkan semua pihak, bermitra pada sesama, dan simbiosis mutualisme yg bermartabat.”

  43. memang enak jadi menteri tinggal omong sana sini, orang lain yang ngerjain. dia enak 2014 dah dapat pensiun menteri, sedangkan guru pada perang dalam sekolahnya sendiri2 karena kekurangan jam, sistem kurikulum yang ngacau n TIK dihapuskan. jadi kurikulum bukan ending pak nuh yang baik, tp sebuah celaka bagi guru-guru kita. enak di lu ga enak di kita

  44. kita liat sekarang yng sudah ngelaksanakan kurikulum 2013, 100% mereka sama saja dengan kurikulum lama cara ngajarnya dan teknisnya. pak nuh silakan datang saja ke sma mana yang 100% kelas X sudah berbasis 100%, paling cuma 1 ato 2 saja. itu saja dibuat2 karena ada monev. bukunya emang ganti, tp pelaksanaanya tetap sama saja.

  45. Rian Virvian Hidayat

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    SaudaraQ sekalian, saya sangat senang bisa melihat link ini sekalipun sedikit terlambat. saya juga termasuk orang yang sepakat dan mendukung setiap gagasan kementerian pendidikan saat ini. bravo kurikulum 2013.

    Saya senang dengan dinamika dan progres yang terjadi di dunia pendidikan kita saat ini. tetapi jika kita boleh berbicara soal hal yg sedikit substansial dari dunia pendidikan saat ini ad/ kondisi peserta didik dan psikologi masyarakat sebagai out-put dari lembaga pendidikan negeri/swasta mayoritas mengalami degradasi akhlak, yang berimplikasi pada kehilangan karakter/jati diri sebagai sebuah bangsa yg besar. Olehnyalah kebijakan pendidikan pun terus melakukan penyesuaian agar tetap relevan.

    Sayang kan, jika kita juga harus ikut serta melengkapi KERAPUHAN kondisi yang ada saat ini dengan ikut memberikan contoh (ketika memberikan “tanggapan”-pun kita sulit berbicara dengan bahasa yang santun) seakan tidak ada lagi orang yg berfikiran baik/semua orang lain kurang berkorban u/ dunia pendidikan selain DIA.

    Terimakasih sekali lagi kepada segenap saudaraQ sekalian, sekiranya kami-pun dari wilayah Indonesia Timur (Sulawesi Tengah) suatu saat diperkenankan bertemu langsung dengan bapak pendidikan bangsa saat ini (M. Nuh) dalam forum yang sama, maka kami akan sangat berbangga diri sekalipun tetap belum bisa seberuntung teman” di JAWA dalam segala hal, apalagi mengenai akses Pendidikan.

    Harusnya teman” bersyukur selama ini, karena jutaan Pelajar dan Mahasiswa di wilayah Timur belum bisa seberuntung teman di wilayah Barat”.

    Bravo Pendidikan…
    Salam Santun..
    Assalamu’alaikum wr. wb. 🙂

  46. frisca aritonang

    Menurut pendapat saya bukan kurikulum yang harus digonta ganti, tetapi kualitas guru yang perlu ditingkatkan, dalam hal ini pemerintah bisa mempertimbangkan bagaimana seorang guru dapat meningkatkan keprofesionalannya dengan cara mengadakan pendidikan dan kepelatihan bagi guru secara rutin dan merata untuk setiap guru diseluruh Indonesia. Kepada pemerintah Indonesia sebagai pendidik saya mohon ada keadilan bagi kami rakyat kecil, jangan ditambah lagi beban pikiran kami, hanya satu keinginan kami yaitu ingin mencerdaskan anak bangsa dan hidup sejahtera. terimakasih, wassalam.

  47. M. Nuh Juga

    Bapak/Ibu guru TIK….Kita ini orang terdidik dan terpelajar yang punya skill/keahlian….ngapain harus resah gelisah…..ngapain harus mikir dunia pendidikan Indonesia yang kacau balau ini….mending kita buka bisnis sesuai dengan keahlian kita….emang sertifikasi satu bulan gaji besar amat ya …kalau uang segitu mah gampang nyarinya….

  48. mas gendut

    mbangane ngajari bahasa inggris. mbok diajari bahasa daerah yang halus. mek cah nom ki do ngerti toto kromo marang wong tuo. wassalam

  49. Pendidik iku yen iso nglakoni ing ngarso sungtulodho, ing madyo mangun karso, tutwuri handayani… Pendidikan itu sebuah proses, maju mundurnya tergantung Θa̲̅я̲̅i yang mendidik dan yang mau dididik..
    Maju itu juga tidaklah harus meniru persis yang negara maju lakukan, namun juga harus melihat kondisi masyarakat secara TIDAK abstrak. Karena yang di inginkan hasilnya juga bukan hasil yang abstrak belaka..
    Kemampuan seseorang presiden dalam mengemban tugas sbgai kepala negarapun berbeda dengan kemampuan presiden di lain negara, tak nisa disamakan dan dituntuk seorang yang menjabat untuk menyamai kemajuan dinegara lain, menteri, bupati, bahkan pendidik skalipun kemampuannya berbeda beda, walaupun tidak åd̲̮̲̅͡å hal yang tidak mungkin didunia ini, namun kalau tidak pula segala sesuatu yang dipaksakan akan menghasilkan hal yang baik tanpa persiapan matang… Mohon dikaji kembali proses perubahan kurikulum dengan lebih bijak tanpa memberatkan salah satu pihak.. Karna perubahan yang diharapkan bukanlah perubahan yang meniti beratkan terhadap salah satu pihak, namun tujuannya juga melibatkan beribu pendidik dan peserta didik yan nantinya dimasa depan mereka akan menggantikan para pemimpin dinegara ini.. Maturnuwun

  50. ian

    Kabar gembira untuk sekolah yg berada di pedalaman atau pun ketiadaan listrik dengan penghapusan mata pelajaran tik dan bahasa inggris ,sedikit banyak tidak membebani sekolah pada penguasaan komputer dan bahasa inggris untuk siswanya….resiko lab bahasa dan komputer bagi sekolah yang telah memiliki akan kosong dan menjadi barang rongsokan..memang dalam kenyataan haya 70% guru yang menguasai perangkat oprasional lab…Semoga indonesia menjadi terdepan diantara negara di belahan dunia.

  51. wahyu rohman

    pelajaran TIK akan terintegrasi dengan pelajaran lain. itu kan berarti gurunya harus menguasai IT juga, lalu bagaimana dengan anak muridnya?, diknas jakarta bilang pelajaran TIK akan dihapus karena anak SD sekarang sudah terbiasa dengan komputer . itu di Jakarta mana ? apakah kemdikbud yakin semua murid di Indonesia sudah mempunyai komputer. Setidaknya jangan dihapus karena siswa juga perlu belajar TIK walau hanya dasar.

  52. Rudyta Ningsih

    salam super dech pak M. nUH YTH yg puinter bgt buat keputusan.
    Sy guru B. Inggris yg kemungkinan akan di Non-Jobkan ditahun 2013 ini karena kebijakan yang anda buat… hem…. sebel sich menerima hasil keputusan itu. lebih sebel lg kalo di kemudian hari akan berkembang wabah ‘vicky'(ex zaskia gotik) yg suka asal” ngomong b.inggris tanpa tau struktur n kata yg tepat. Take for example, He had said “twenty nine my age”.
    bayangin, Pak, kalo generasi kita yg tersohor pinter fisika itu harus terjun di lomba bertaraf internasional, gek gak bisa b.inggris.

  53. fandik

    Biarkan saja apa yang akan dilakukan m.nuh karna saat ini dia yang punya kuasa secara gt lho dia kan menteri asal nyeplos aja harus diikuti.
    kenapa mapel tik / kkpi dihapus? Karna m.nuh g mampu mengoperasikan komputer jadinya ya takut dibohongin ama anak SD yang kata m.nuh nih” anak SD aja bs fban”, mungkin m.nuh sering dibohongin masalah IT ama anaknya makanya tik / kkpi dihapus.

  54. tari

    memang sepertinya pemerintah tidak memikirkan nasib rakyat, mata pelajaran dihapus terus bagaimana nasib guru tersebut. padahal itu satu-satunya sumber mata pencaharian, itu sama halnya memutuskan rejeki orang lain, semoga alloh mengampuni dosa-dosanya.

  55. fathonah

    semoga semua permasalahan di dunia pendidikan saat ini bisa di cari solusinya pemimpin kita yang terhormat wakil rakyat kita yang tercinta mereka adalah manusia pilihan tentunya mereka tau dan lebih tau dari kita apa yg terbaik untuk kita semua orang yang peduli dan berperan aktif di dunia pendidikan jadi yakinlah keputusan mereka adalah yang terbaik buat kita semua .selamat datang kurikulum baru walau mungkin aku tidak lagi mengajar TIK yang sudah dari tahun 2004 aku tekuni walau rasanya berat tapi aku harus ikhlas karena mungkin itu yang harus aku hadapi aku hanya bisa mengucapkan selamat berpisah mapel TIK aku akan merindukan mu.

  56. topik

    buat apa dilantiknya dewan tik nasional oleh persiden dan buat apa ada sistem berbasis data online dan offline jika pelajar tik tingkat dasar tidak di pelajari oleh penerus bangsa dan hanya orang yang mapu yang bisa belajar dan siapa lagi yang membirakan arahan selain di rumah mereka …..makin ketingalan bangsa ini dengan bangsa lain ……negara lain sudah kebulan negara kita masih di bulan bulan ( kota bekasi )

  57. Ari

    Ga kebayang ntr nambah pengangguran, emangnya guru TIK yg disuruh ngajar mapel lain udh yakin langsung bisa? Dan apabila guru2 mapel lain melebur n harus belajar TIK apakah langsung bisa? Ga lucu kan nanti klo lagi istirahat terus ada siswa bertanya kepada guru matematika bagaimana cara ngeprint, cara setting kertas dll, itu klo cuma seorang, gimana klo yg nanyanya lebih dari 30 anak, apakah akan efektif? Dan apakah yakin nanti materi pelajaran yang dipegang guru tsb akan terselesaikan?

  58. hadi

    bagaimana dengan guru sertifikasi TIK dari MTs yang mutasi ke Madrasah Ibtidaiyah (MI)? tidak diakui mapelnya tuh… alasannya : di MI tidak ada mapel TIK. gimana nih? ada info/solusi…????

  59. saifuddin

    jikalau guru tik disuruh mengajar matapelajaran lain. sungguh sangat membigungkan. apa bisa ya, tik itu tidak sama dengan matematika, ipa atau fisika…

  60. prof.dr.drs.tupari,sh.msi

    orang yang membuat kecewa banyak orang lain sampai mereka kehilangan pekerjaanya,pasti akan ada balasan dari yg maha kuasa. Azab apa yg akan ditemuinya.

  61. Kanuda

    Mohon Pak Menteri : Segera keluarkan keputusan mengenai nasib guru TIK.
    Kami guru TIK pada dasarnya siap diberi tugas apapun.
    Yang penting kami tidak menjadi korban kebijakan pemerintah (korban kurikulum 2013)

  62. wartoyo

    Mohon Pak Menteri beri kebijakan, “Bagaimana nasib para mahasiswa prodi PTIK yang kini belum selesai kuliah. Sebagai contoh di UNNES , angkatan pertama baru akan meluluskan 5 kelas, tinggal 2 semester lagi. Nasib mereka mau kemanakan Pak?, sedangkan peluang di SMK sangat kecil”
    Terima kasih, mudah mudahan ditanggapi.

  63. R.NOEGROHO

    ass… saya prihatin dengan putusan Bapak Mentri M.Nuh yg terhormat… banyak anak bangsa yang dipelosok desa yang masih tertinggal dan jelas masih membutuhkan pelajaran IT. mereka hanya mengenal FB dan twitter dan media sosial saja tanpa mengenal lebih dalam bahasa pemmrogaman dan Softwarenya,…kalo memang kebijakssanaannya seperti itu nyatanya tolonglah…. kami diberikan kepastian yang nyata tanpa merugikan hak kami sebagai pengajar yang telah sertifikasi. ….kami pun berkeinginan sama seperti bapak mentri dapat menjalani hidup dengan tenang dan tenteram hati,dan tanpa beban hidup yang bertmbah padat.

  64. askoni

    memang sekarang serba sulit, dihati saya bertanya mengapa TIK dihapus ? sedangkan negara kita sekarang ini sudah ketinggalan dengan Amerika 10 tahun dalam bidang teknologi, sedangkan anak keturunan kita dipangkas untuk tidak belajar komputer mulai dini, saya yakin 5 tahun / 10 tahun kedepan kita akan lebih ketinggalan jauh dengan amerika , dan akan semakin sulit mengejar ketinggalan teknologi ini. Memang saya lihat bahwa orang di Indonesia bisa word, excel, power point dan internet sudah dianggap sudah bisa komputer, sedangkan ilmu komputer itu sangat luas seperti samudra, semakin kita pelajari semakin kurang ilmu kita ( photoshop, flas, 3d, corel, ulead , encore, visual basic, dll ) dan semua materi sangat dibutuhkan untuk dasar-dasar bisnis dan usaha ( sebenarnya materi prakarya itu ada di dalam pembelajaran komputer ( buat undangan, presentasi, spanduk, olah foto, musik, program untuk toko/perbankan, program untuk TV , dll. disini saya lihat para menteri / pehjabat hanya melihat ilmu komputer dalam lingkup yang kecil. Seharusnya yang dilaksanakan adalah perubahan materi komputer ( kurikulum pelajaran komputer ) yang hanya itu-itu saja antara sd, smp dan sma hampir sama yaitu word, excel dan power point. sedangkan kurikulum untuk dasar-dasar pemrograman dan effek pembuatan video/animasi tidak ada dalam kurikulum.

  65. Susan

    Pak Mentri yang terhormat, saya bingung ada sertifikasi guru bahasa Inggris untuk guru SD, tapi hanya diakui 2 jam oleh pemerintah, sedangkan jumlah jam mengajar harus 24 jam dalam dapodik baru dapat tunjangan. Tolong diperhatikan nasib kami Pak. Terima kasih sebelumnya.

  66. ade

    Yang terhomat Bapak Menteri, saya sudah mengikuti sertifikasi guru bahasa inggris sd dan sudah mempunyai NRG. Namun sangat disesalkan dengan adanya peraturan baru dari pemerintah tentang data dapodik membuat saya kehilangan hak untuk menerima tunjangan. Karena kurangnya rombel. Padahal saya mengajar bahasa inggris di sd swasta sebanyak 30 jam/minggu. Sungguh hal ini membuat saya kecewa dengan peraturan baru ini. Kalau bahasa inggris dimasukan menjadi mulok buat apa pemerintah mengadakan PLPG untuk guru bahasa inggris sd.

  67. Mr.Anu

    Bpk mentri yth.Bravo pak mentri.Sudah tepat itu pak mata pelajaran TIK dihapus, karena beberapa tahun kedepan kan kita akan kembali ke batu tulis, seperti tahun 60 an. Bahasa Inggris lagi, itu juga perlu di hapus di SD, dan di sekolah lanjutan di kurangi. Tepat sekali itu pak, karena dengar dengar salah satu,salah dua, bahkan salah tiga bahasa daerah yang ada di Indonesia mau menjadi bahasa Internasional. Tentang guru bahasa Inggris SD yang kehilangan pekerjaan ,ngapain dipikirin pak, biar aja mereka memikirkan mereka sendiri. Toh bapak kan bukan guru SD.

  68. faris

    aku pengajar kewirausahaan smk sudah bersertifikasi. Dinas pendidikan memberikan surat ke tiap sekolah kab.majalengka bahwa : “Mapel Kewirausahaan dihapus”. kaget karena harus mencari sekolah lain utk mengajar sesui dgn S1 saya.

  69. oemar bakri

    Bapak Menteri yang terhormat, saya ucapkan selamat berkat K13 dan permen no. 62 thn 2013, telah sukses membuat perubahan signifikan shg byk guru panik karena harus sertifikasi kedua juga tidak sedikit yg pontang panting mencari sekolah dgn mapel yg sesuai serta melatih para guru utk lbh sabar menghadapi semua ini, nampaknya perlu ancang2 utk kerja sambilan buat kasih makan anak istri…

  70. Tak mendapat tunjangan setahun ini karna jp kurang..kurang rombel di sekolah tapi jam mengajar saya penuh mengajar di bidang studi lain..rombel kelas utk b.inggris kurang..masalahnya knp sebelum serifikasi tidak disosialisasikan hal akibat bengini…kalau ke sekolah lain atau smp sdudah ada guru b.inggrisnya..jadi gak tau solusinya lagi..mohon apa solusi bagi kami guru bahasa inggris

  71. ak mendapat tunjangan setahun ini karna jp kurang..kurang rombel di sekolah tapi jam mengajar saya penuh mengajar di bidang studi lain..rombel kelas utk b.inggris kurang..masalahnya knp sebelum serifikasi tidak disosialisasikan hal akibat bengini…kalau ke sekolah lain atau smp sdudah ada guru b.inggrisnya..jadi gak tau solusinya lagi..mohon apa solusi bagi kami

  72. Eny Widya

    guru guru yg mapelnya dihapus jd korban kurikulum 2013! karirnya mandek, tidak bisa naik pangkat, tunjangan hilang, fungsional hilang, kuliah lagi bayar sendiri, jadi penjaga perpus, jd tukang kebun, bahkan ada yg dipecat. Harusnya dibuatkan peraturan menteri yg menjamin hak guru yg mapelya dihapus

  73. Moh Haryadi

    omongan M. Nuh tidak sesuai dengan kenyataan. Guru yg sudah bersertifikat tp mapelnya dihapus di K13 tidak diakui lagi di DAPODIK, aplikasi ini langsung MEMBUNUH HAK HAK DASAR GURU

  74. Pak menteri hanya melihat situasi pendiidkan disekitarnya saja, tidak survey bagaimana nasib anak2 didaerah terpinggirkan. bagaimana mereka bisa ikut menikmati kemajuan dan kecanggihan dunia teknologi yang tentunya semakin hari akan terus berkembang. harusnya sebelum mengambil keputusan menjalankan kurikulum 13, ditelaah dulu pendidikan di daerah terpinggirkan/desa-desa terpencil. jangankan mengirim email, yang namanya email saja belum bnyak yang tau untuk tingkat anak smp di desa kami. dengan kondisi seperti ini pak mentri malah menghapus TIK, lalau bagaimana nasib mereka ??

  75. sudirman

    Bagai mana nasib guru sbk d mi sd d hapus gara gara kurikulum 13 pada hal kita ini sd lama sertifikasi,tlg berikan jg solusix…….pak mentri

  76. dwi listianto

    emang kalau soal kipandaian akademis ok di kurikulum 13 akan tetapi bukan untuk budi pekerti itu dirumah di sekolah untuk menimba ilmu banyak temen guru yang pendidilannya bukan sarjana tapi punya pengalaman tapi karena kebijakan m.nuh membuat mereka berhenti menularkan ilmu yangmereka dapat kan secara langsuh dari sumbernya ataunegara misal bahasa mandarin ,japang gunanya apa belum tentu yang sarjana tau dan ngalamisendiri

  77. dwi listianto

    bahkam ada juga yang sempat belajar ke tempatnya langsung .gunanya molog itu kan untuk srkolahan yang pingin memberikan pelayanan bagi masyarakat yang anaknya sekolah di tempat itu. saya jamin mereka mereka itu paham dan ngerti langsung yg pendidikanya sarjana

  78. dwi listianto

    apa ya ada TIK kok jadi ketrampilan .itu yang bodo itu sapa ya .komputer yang ada buat pajangan aja. hapus aja kur 13 itu ..nyatanya banyak yang berhasil dan berkualitas dengan kurikulum yang dulu

  79. NURYATI

    bagaimana cara memasukkan JJM pelajaran bahasa Jawa untuk Tahun Pelajaran 2014/2015, apa untuk kelas 9 dimasukkan 2 jam dan kelas 7 dimasukkan 1 jam

  80. suriyanto

    Bapak M.nuh,saya heran dengan isi otak anda.negara2 lain dalam hal it sangat d perkuat….toh kenapa d indonesia di larang untk mempelajari tik…sebenr nya ap yg ad d otak anda.?? Apakah anda pernh msauk ke sekolah2 pelosok negri??? Anak2 negri ini tidak semua nya mampu beli yg nama nya leptop atau komputer untk merka bljr sendri.dan aneh nya anda itu menghapus kan tik dri mata pelajaran d sekolah anda telah memenggal bayak masa depan anak bangsa.anda bayangkan berapa ribu anak bangsa yg kuliah mengambil jurusa p.tik???

  81. suriyanto

    Bapak M.nuh,saya heran dengan isi otak anda.negara2 lain dalam hal it sangat d perkuat….toh kenapa d indonesia di larang untk mempelajari tik…sebenr nya ap yg ad d otak anda.?? Apakah anda pernh msauk ke sekolah2 pelosok negri??? Anak2 negri ini tidak semua nya mampu beli yg nama nya leptop atau komputer untk merka bljr sendri.dan aneh nya anda itu menghapus kan tik dri mata pelajaran d sekolah anda telah memenggal bayak masa depan anak bangsa.anda bayangkan berapa ribu anak bangsa yg kuliah mengambil jurusa p.tik??? Kalau d liat2 komentar2 nuh to memang bodoh ya…..gaptek smua anak2 bangsa generasi muda.daripada kita gaptek mendingn mati aza kamu nuh bakok benr jadi org

  82. Dhama

    Saya lulusan pend.biologi.biologi jam disma dikurangi.ipa di smk di hapus.
    Budi pekerti lebih bagus. Tp siswa tdk diajarkan biologi/ipa.saya kawatir kelak smkin pintar mengeksploitasi alam, tdk ada aplikasi go green dlm kehdupan shari2.
    Dan penerapan kur 13 terlalu dini kalau dilihat dari penerapan. Tdk mempertimbangkan sekolah pinggiran dan luar jawa. Sungguh miris Indonesia. Semoga ganti menteri akan lbh baik lg.

  83. Subagyo

    Yang bikin ruwet sertifikasi guru paralel bersamaan kurikulum 2013 tambah DAPODIK, dan saya lihat mereka yang terlibat di dlamnya berpacu untuk membuat aturan aturan baru yang justru memperberat guru dan berakibat guru makin frustasi dibuatnya,…. M.Nuh bertanggungjawab atas keruwetan tersebut….. dan salut bagi Mantan Mendikbud Bambang Sudibyo yang telah merintis Sergur sangat sederhana.

  84. gurugurutik

    Judul tulisannya M Nuh: Kurikulum 2013 Tak Mengurangi Hak Guru.
    Kenyataannya sekarang, banyak teman kami guru tik yang tidak cair tunjangan profesinya!
    Maukah bapak mantan menteri mempertangggungjawabkannya????

  85. abdul ghofur

    Bapak Mantan Menteri Pendidikan Nasional.. tolong diperhatikan…. Nasib guru2 IPA pada smk Teknik. sekarang tidak lolos verifikasi berkas PPGJ, karena di Kur 13 tidak ada pelajaran IPA. apakah yg sperti ni dikatakan TIDAK MENGURANGI HAK HAK GURU. padahal mereka mengajar sudah lebiha dr 7 tahun… belum diangkat PNS, sekarang giliran akan mendapatkan tunjangan diganjal dengan sistem yg dibuat yg tidak menilik kebelakang…… dimana tanggung jawab bapak…. kasihan meraka punya keluarga…. sertidikasi adalah sesuatu yg ditunggu – tunggu selama ini utk menaikan kesejahteraan sbg seorang guru….. tolong kami bapak mantan menteri…..

  86. ria

    yg dipermasalahkan sertifikasi guru TIK , kmi aj yang belum sertifikasi , blum PNS,alias bakti truuuus 10 thun …. santai aja,… seharus nya yang dilihat guru yg sama sekali belum bergajiii,, jdi guru klo dinilai dari sisi materi nya alaaah gk ada apa 2 nya tu,,, tp nilai IBADAHnya bung yang diliat. ngapain mohon2 sma pak menteri yg sma derajat a dngan kita selaku manusia. kek gue donk enjoooyyy,.

  87. dwi

    kurtilas sebenernya bagus siiiih, tapi tolong dong di revisi untuk jumlah jam mengajar dan kriteria penilaian siswa
    diwajibkan mengajar 24 jp/mgg, bahasa inggris 2jp/mgg, berarti mengajar 12 kels dimana jmlh siswa 36org/kelas
    jadi keseluruhan mengajar 432 siswa. padahal 1 tahun aja harinya hanya 365 hari, (belum dikurangi tanggal merah) gimana coba kami bisa menilai para siswa yang mana untuk kriteria penilaian seorang siswa aja sudah lebih dari 5 plus nilai siswa per KD….

    saya pernah mengajar 35jp/mgg = 7 kelas, namun karena tatap muka bisa 2x seminggu jadi bisa kenal siswa, dan juga kriteria penilaian gak banyak.

    parahnya akhir semester kmrn, mengajar 12 kelas plus jabatan wali kelas, berarti kudu ngisi raport dan sekalian remedial, dikejar jadwal pembagian raport yang mepet dan juga saya mau merayakan Natal ditambah 2 anak2 saya yg masih balita

    saya tdk mengungkit masalah sertifikasi, hanya saja di tahun ajaran baru nanti itu akan menjadi permasalahan yang sesungguhnya. karena sekolah akan kelebihan guru bidang studi yg saya ampu, tersedia 6 guru, namun untuk kurtilas hanya butuh 3 guru.

    tolong lah…. kalau jumlah jam pelajaran dikurangi, kriteria penilaian jangan seabrek gitu, ataw sebaliknya…. boleh saja kriteria penilaian siswa banyak, tp jampel jangan dikurangi

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.