Lupa Password, Ratusan Mahasiswa Baru Gagal Isi KRS

Sabtu, 20 Agustus 2011 | 22:38 WIB


Lupa Password, Ratusan Mahasiswa Baru Gagal Isi KRS
AGUS SP/HUMAS

Lebih dari seratus mahasiswa baru Unnes mengaku tak bisa mengisi kartu rencana studi (KRS) lantaran lupa password untuk akun Sistem Informasi Akademik Terpadu (Sikadu). Padahal, password baru saja mereka tuliskan beberapa jam atau sehari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan unnes.ac.id, sejak Jumat (19/8) hingga Sabtu (19/8) mereka dengan persoalan serupa mendatangi kantor Badan Pengembang Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) di lantai II Gedung H Kampus Sekaran. Mereka datang dari berbagai fakultas.

Adi, mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi misalnya, mengaku lupa password-nya sehingga berkali-kali login selalu saja gagal. Dengan diantar seorang mahasiswa semester V dari jurusan yang sama, Adi pun datang ke BPTIK, Sabtu siang itu.

“Eh, ternyata huruf besar dan huruf kecil untuk password itu beda ya. Pantesan gak bisa-bisa,” katanya.

Beberapa mahasiswa yang lain mengaku telah dibuatkan password oleh kakak kelasnya. Namun alih-alih segera mengganti kata kunci buatan orang lain, justru yang terjadi kegagalan ketika hendak login. Padahal, tanpa itu mereka tidak bisa mengisi KRS dan mengakses layanan lain pada Sikadu.

“Password Sikadu, sebagaimana PIN kartu ATM kita, sifatnya sangat rahasia. Jangan pernah ‘memberikan’ password kepada orang lain bila tak ingin repot di kemudian hari. Jika mengalami persolan terkait dengan ini, segera saja ke BPTIK,” kata Sugiyanto, Ketua BPTIK.

Dia juga mengatakan, dengan login ke Sikadu, mahasiswa tidak hanya bsa mengisi KRS, tetapi juga dapat mengedit profil diri, membaca sekaligus menulis Suara Warga, dan mengakses beberapa informasi lainnya.

Selain lupa password, persoalan yang dibawa oleh para mahasswa adalah ikhwal perubahan dosen wali. Terhadap hal itu, BPTIK menyarankan para pengelola jurusan mengirimkan data terbaru dosen wali dan nama/NIM mahasiswa dalam bentuk soft copy pada Senin, 22 Agustus 2011.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 11.195 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

19 komentar pada “Lupa Password, Ratusan Mahasiswa Baru Gagal Isi KRS

  1. Assalamualaikum,,,!!!
    Pak/Bu Dosen/Kakak Pembina,,,!!!
    user name waktu pengisian KRS kemarin itu kan pakek NIM dan pasword langsung kita rubah…!!!
    padahal NIM dan paswordku udh aku tulis benar dan teliti,
    tapi kenapa setelah aku klik tulisan log in laporannya bilang
    “maaf, username atau pasword yang anda masukkan salah, silahkan coba lagi”
    udah aku coba sampai tiga kali egh gak tahunya d suruh kluar dr website dn silahkan coba lagi beberapa saat setelah browser tutup,,,!!!
    lantas,,,
    apa yg harus saya lakukan mengenai masalah demikian??
    tolong partisipasinya demi kelancaran MABA dan KSK bsok,
    sbelum kgiatan kuliah yg sbnernya udah d mulai,,,!!!
    terima kasih,,,
    waskum,wr.wb…!!

  2. Dek wahyu, coba adek baca berita di atas lebih cermat lagi. Dalam tulisan tersebut sudah dijelaskan bagaimana mekanisme kalau dek wahyu menemui masalah seperti itu.

  3. assalamualaikum,buat mas bhumi bramastya mahasiswa baru jurusan akuntansi UNNES dimanapun berada,ramzy minta maaf bgt uda ngilang ga ada kabar,mas,ramzy 2 bulan lalu lagi ada masalah besar,dan hape ramzy ilang,nomornya mas juga ilang,mohon ,kabarin ramzy ya mas, facebooknya ramzy masi sama kayak yg dulu,ziu miuu,ramzy kehilanagan bgt dan kepengen bgt bicara sm mas,gimanapun juga mas udah ramzy anggap kakak sendiri,assalamualaikum,

  4. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Bapak/Ibu Dosen/Kakak Pembina, Saya mau tanya. Bagaimana cara mengubah username dan email yang sudah terlanjur dituliskan didalam account sikadu.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr. wb

  5. saya juga wkt ngisi psword gas bisa, pdhal pasword yg sya masukan udh bner, tp setelah diulang 6 kali baru bisa kebuka.

  6. slmat malam
    bapak dosen bantuin saya,saya sbnrnya udah ykin sama nim and pasword.tapi gagal terus…bantu saya…..saya sebagai maba ,merasa takut…

  7. assalamu’alaikum, saya mau bertanya. bagaimana cara masuk KRS tapi saya lupa Kata Sandi, apa bisa di Hacker atau cara lain agar bisa buka. mohon di balas. terima kasih

  8. ass kak saya lupa password snmptn saya,jadi saya gak bisa login kartu tanda peserta saya.
    jadi gimana itu kak?

  9. saya baru menerima pasword pdss dari sekolah, lalu ganti pasword,setelah saya coba ber puluh kali dengan cara yang berbeda namun gagal. solusi buat saya agar saya bisa mendaftar kuliah melalui jalur pdss bagai mana

  10. kak gimana kalau lupa passwordnya soalnya udah dicatet kan dihp eh malah terhapus. sebenarnya ingat tp kok ngga masuk masuk masih ragu gini. tolong dong kak. Passwordnya ngga bisa diubah yah?

  11. password dalam sikadu dapat menggunakan caps lock…
    mungkin teman” semua lupa untuk men-non aktifkan caps locknya…
    coba teman” log in lagi dengan caps lock on, kalau tidak bisa coba sebaliknya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X