PENDAFTARAN MAHASISWA

Lulusan 2011 dan 2012 Bisa Ikut SBMPTN

Rabu, 26 Desember 2012 | 21:41

SIHONO/HUMAS

Berita Terkait

Lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011 dan 2012 bisa mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk di Universitas Negeri Semarang (Unnes), mereka juga bisa mendaftar melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unnes (SPMU).

“Tidak benar jika dikatakan lulusan 2011 dan 2012 tidak berkesempatan mendaftar lewat seleksi secara nasional. Memang mereka tidak bisa mengikuti SNMPTN yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lain, namun bukankah masih ada SBMPTN dan ujian mandiri yang di Unnes disebut SPMU,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Dr Agus Wahyudin, di sela-sela rapat kerja bidang akademik di Salatiga, Rabu (26/12).

PR I menjelaskan kembali hal itu terkait dengan munculnya kekhawatiran beberapa lulusan SMA dan sederajat bahwa peluang mereka untuk menjadi mahasiswa PTN tertutup. “Peluang itu terbuka. Namun silakan merebut kursi PTN itu lewat SBMPTN dan ujian mandiri yang baru akan dibuka pendaftarannya setelah SNMPTN,” katanya.

Diunggah oleh :
Editor: Rochsid Tri HP

55 Komentar untuk “Lulusan 2011 dan 2012 Bisa Ikut SBMPTN”

  1. Dwi Oktaviana

    Kamis, 27 Desember 2012 | 08:07

    Kalau daftar bidik misa bisa atau tidak ?

  2. hauzan idlal

    Kamis, 27 Desember 2012 | 11:12

    itu porsi siswa yang ikut SNMPTN dengan SBMPTN sama atau di bedakan menurut program tersebut?

  3. ELIS FARIDA

    Kamis, 27 Desember 2012 | 17:14

    klu sudah tercantum sbgai mahasiswa,apa msh bsa ikt snbptn?

  4. Niken Pramudita Sari

    Kamis, 27 Desember 2012 | 21:12

    apa ada beasiswa,, selain bidik misi…
    untuk mahasiswa yang melalui jalur mandiri?

  5. nova aulia

    Senin, 31 Desember 2012 | 05:52

    pak, kalau sudah trdaftar sebagai mahasiswa di unnes, tetapi ingin mendaftar lagi lewat sbmptn, apakah diizinkan dari pihak unnes pak ?
    mohon di jawab pak. terimakasih

  6. ELVINA NOVIKA SUBARKAH

    Senin, 31 Desember 2012 | 09:41

    misalnya mengikuti jalur snbptn itu ada beasiswanya??? atau buat meringankan biaya??? karena banyak lulusan 2012 yang ingin ikut jalur ini kesulitan biaya???

  7. yayah

    Selasa, 1 Januari 2013 | 14:47

    kapan pendaftaran sbmptn 2013 di mulai??

  8. iteng

    Jumat, 4 Januari 2013 | 10:45

    kalo ga lulus bisa ndaftar ngga pak??

  9. Dini Islamiyah

    Jumat, 4 Januari 2013 | 20:36

    maaf pak,
    kira-kira untuk UM nya, ada berapa gelombang pak ????
    apakah UM nya di buka hanya setelah SBMPTN ???
    atau sebelomnya mungkin ada.
    Dan berarti untuk tes seleksinya hanya ada 3 gelombang ya pak ??
    kemudian sistem penerimaan nya apakah selalu menurut tingkat PG nya masing2 calon ??? ato pakai sistem lain .?
    trimakasih.

  10. resti andarani

    Sabtu, 5 Januari 2013 | 11:51

    maaf pak,
    pendaftaran dimulai kapan ya?
    saya lulusan th 2012

  11. zulfikar

    Sabtu, 5 Januari 2013 | 20:58

    assalamu’alaikum wr. wb
    maaf pak, saya mau tanya
    untuk pembayaran daftar ulang SBMPTN apakah sama dengan SNMPTN ?Ataukah jalur SBMPTN lebih tinggi dibandingkan SNMPTN.

    terima kasih , wassalmu’alaikum

  12. Owa Dameria

    Sabtu, 5 Januari 2013 | 21:38

    saya mau tanya.. saya lulusan tahun 2012 ,tahun lalu saya gagal mengikuti ujian snmptn dan tahun ini sya ingin mencoba lagi mengingat kesempatan ada 3 kali.. Terus apakah tahun ini masih bisa? bagaimana caranya..??
    kalau untuk beasiswa bidik misi apakah masih ada kesempatan lagi?? kalau ada tolong beritahu. Tapi kalau tidak, apakah ada alternative atau beasiswa lainnya??

  13. Riza Ulfah Hasanah

    Senin, 7 Januari 2013 | 09:31

    Assalamualaikum Wr. Wb
    maaf Pak sebelumnya saya mau tanya apakah kalo kita mendaftar lewat SBMPTN kita bisa mendapat beasiswa atau keringanan biaya seperti bidikmisi?
    Jujur kebanyakan banyak siswa siswi lulusan SMA/SMK/MA/SEDERAJAT mempunyai cita2 ingin berkuliah tapi terhalang hal finansial.
    Mohon jawabanya Pak.
    Terimakasih.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  14. JULI HARIYANTO

    Senin, 7 Januari 2013 | 10:11

    ASS,Wr Wb
    saya mau tanya,saya lulusan tahun 2012,tahun lau saya gagal dalam mengikuti snmptn,dan saya akan mencoba lagi di tahun 2013 ini.
    apakah masih ada kesempatan bagi saya untuk masuk snmptn lagi,dan bagai mana caranya.
    kalau untuk besiswa bidikmisiapakah masih ada kesempatan lagi?kalu ada tolong beri tau saya,dan apakh ada alternnatif lainya.
    dan apakah masih bisaa untuk mengikuti ujian tertulis kembali, terimakasih.

    wassalamu’alaikum,wr wb

  15. siti maryam mz

    Senin, 7 Januari 2013 | 14:00

    pak,kalau pembukaan sbmptn kapan

  16. dewi astuti

    Senin, 7 Januari 2013 | 16:54

    pak,pembukaan sbmptn kapan ?

  17. yuliani

    Selasa, 8 Januari 2013 | 13:17

    maaf pak mau tanya,kpn mlai d bka pndftran sbmptn itu???

  18. ana

    Selasa, 8 Januari 2013 | 15:43

    maaf mau tanya jg, prosedur pendaftaran yang sbmptn bgmn?

  19. nurul JL

    Rabu, 9 Januari 2013 | 09:23

    assalamualaikum, pak,saya mau tanya kapan dibuka jalur sbmptn dan apa saja persyaratannya????

  20. wahyuningsih

    Jumat, 11 Januari 2013 | 15:14

    kalau lulusan 2011 masih bisa mengikuti SBNPTN tetapi apakah masih bisa untuk memperoleh bea bidik misi?
    bea bidik misi apa masih diperbolehkan untuk luluisan 2011?

  21. Septy

    Sabtu, 12 Januari 2013 | 09:54

    yg ikut SBMPTN ada gk bidik misi?

  22. mala

    Senin, 14 Januari 2013 | 11:22

    kalau jalur SBMPTN ada jalur bidik misi apa tidak?

  23. ari

    Selasa, 15 Januari 2013 | 14:45

    assalamualikum…
    maaf saya mau tanya pembukan SBMPTN thn 2013 kapan ya?
    tolong informasiin secepatnya y?
    saya lulusan tahun 2011

  24. mayang

    Kamis, 17 Januari 2013 | 19:36

    assalamu’alaikum..
    saya lulusan tahun 2012,
    mau tanya, SBMPTN ada jalur bidikmisi ndak ya,??
    mohon jawabannya

    terima kasih

  25. vio

    Minggu, 20 Januari 2013 | 12:43

    saya lulusan tahun 2012,,
    apakah bisa saya mengikuti SBMPTN thn ini?
    dan bagaimana prosedurnya,,mhon info terbarunya…
    thanks..

  26. yuliati

    Minggu, 20 Januari 2013 | 17:59

    Pak pendaftaran snmptn tetulis 2013 kapan mulai dibukanya yah ?

  27. syahnida febriani putri ursula

    Senin, 21 Januari 2013 | 11:52

    ass.
    pak pendaftaran untuk SBMPTN itu kapan dan apa saja persyaratannya mohon di share ya pak?

  28. nur ani

    Jumat, 25 Januari 2013 | 08:28

    asslkm,,,
    pak tahun kemarin sya ikut snmptn tulis dan lulus di universitas tempat sya tinggal tapi sya blum kuliah d universitas tersebut.
    apakah tahun ni sya bisa ikut SBMPTN??

  29. mariati sibuea

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 10:00

    saya siswa alumni ..
    kira-kira kapan d buka pendaftaran SBMPTN ???

  30. septian pandu

    Senin, 28 Januari 2013 | 20:37

    klu untk SPMU nya sdnri d slenggarakan tgl brp..???
    dan persyaratan yg d butuhkan ap..???

  31. ervina

    Selasa, 29 Januari 2013 | 19:28

    assalamu’alaikum. klo sbmptn yang bidikmisi 2013 ada g? dan lulusan 2011 bisa mengikutinya?

  32. daniel

    Rabu, 30 Januari 2013 | 13:56

    pak saya mau tanya kira-kira kapan ya jadwal sbmptn di buka dan apa saja syarat yang harus di penuhi agar bisa mengikuti sbmptn.terima kasih

  33. M.Makhsus Effendi

    Kamis, 31 Januari 2013 | 00:17

    kapan jalur spmbtn nya di buka?

  34. Fita Luthfi

    Kamis, 31 Januari 2013 | 10:02

    Saya ingin bertanya mengenai SNMPTN itu apakah sebagai ganti dari jalur undangan?
    Jika iya, berarti SBMPTN sekarang merupakan sejenis jalur SNMPTN di waktu tahun lalu (2012)?

  35. chacha

    Rabu, 6 Februari 2013 | 11:28

    Dimulai bulan berapa siswa lulusan 2012 mengikuti SBMPTN? Apa masih bisa mendapat bidikmisi??

  36. Miki Kurniawan

    Rabu, 6 Februari 2013 | 14:44

    kapan mulai pendaftarannya

  37. Lydia

    Sabtu, 9 Februari 2013 | 12:28

    tolong dicantumkan jadwal pendaftaran jalur SBMPTN

  38. dalis s

    Minggu, 10 Februari 2013 | 10:29

    pak, sya lulusan thn 2012, bsa ikut bdikmsi gak..? jalur ap yang bisa di tempuh..?

  39. Revi Ashri

    Selasa, 19 Februari 2013 | 20:52

    assalamualikum,wr,wb

    mau tanya dong, kalau siswa lulusan tahun 2012, apakah masih bisa mengikuti program bidik misi?

  40. Eka Bayu Setya Putra

    Minggu, 24 Februari 2013 | 11:58

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Maaf mau tanya, untuk pendaftaran SBMPTN kira kira kapan di buka ??
    terus prosedur dan biaya pendaftarannya gimana ??

    Terima Kasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  41. UMMU

    Selasa, 5 Maret 2013 | 10:09

    pak saya mau tanya kapan mulai pendaftaran sbmptn??

  42. Salik Albarizi

    Selasa, 5 Maret 2013 | 13:53

    pak kalo mau daftar sbmptn bisa pa gak?
    Dan jadwalnya kapan?

  43. Dimas Puji Sektianto

    Minggu, 10 Maret 2013 | 08:20

    Pak, kapan pendaftaran SBMPTN untuk unnes dibuka.?
    dan bagaimana cara pendaftarannya. Mohon informasinya. Terima kasih

  44. dayat

    Kamis, 14 Maret 2013 | 10:43

    mau tanya pak,saya lulusan th 2012 .apakah masih ada kesempatan mendapatkan bidik misi?

  45. Ayu Puspitasari

    Rabu, 20 Maret 2013 | 11:12

    assalamualaikum..
    mau tanya pak, saya lulusan tahun 2012,kemarin mengikuti SNMPTN bidik misi gagal, apakah tahun ini ada kesempatan untuk mendapatkan bidik misi?
    trus,bagaimna prosedur pendaftaran SBMPTN dan kapan pendaftaran di buka..??
    terimakasih
    waalaikumsalam wr. wb.

  46. feri rozani

    Senin, 25 Maret 2013 | 21:25

    aslm’alaikm,.. mau tanya, jika lulusan 2012 mau ikut SMBPTN apakah msih bisa dftar bidikmisi????????

  47. nurdiono

    Jumat, 5 April 2013 | 16:06

    ponakan saya lulusan tahun 2010 masih bisa ikut spmu????
    terima kasih

  48. dika

    Selasa, 4 Juni 2013 | 09:45

    apakah masih bisa mendaftar sbmptn untuk tamatan 2010,,…
    mohon pencerahannya,…

  49. haslindah

    Sabtu, 17 Agustus 2013 | 18:11

    assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuhu
    pak saya alumni 2012 mengikuti teks sbmptn 2013 tapi tidak luulus seleksi apakah saya masih bisa mendaftar sbmptn 2014 dan masih bisa mendaftar bidikmisi dan etos
    terimah kasih

  50. senok

    Senin, 26 Agustus 2013 | 06:04

    assalamualaikum ..
    pak apakah alumni 2013 masih bisa berkesempatan mendapatkan bidik misi atau pun etos untuk sbmptn 2014 jika ia bagaimana caranya?

  51. hestina cahya ningsih

    Senin, 9 September 2013 | 11:18

    maaf pak mau tanya kalau lulusan angkatan tahun 2011 apakah masih bisa mangikuti test parguruan negeri tahun depan….mohon infonya
    terimakasih…

  52. Indah (INW)

    Jumat, 18 Oktober 2013 | 18:17

    Maaf pak mau nanya.
    Saya lulusan 2012 2013 , saya ingin sekali kuliah tahun dpan.
    Apakah di unnes bisa melalui bidik misi ?
    Trimksh

  53. yuliana

    Sabtu, 9 November 2013 | 21:30

    mf pak sebelumnya ,apakah lulusan thun 2013 masih bisa mengikuti sbmptn bidikmisi 2014.dan apakah persyaratn yang harus dipenuhi pak?
    terima kasih.

  54. malina ulinnuha

    Selasa, 18 Maret 2014 | 17:00

    assalamualaikum..’
    saya mau tanya.. saya lulusan 2012 saya ingin sekali bisa masuk ptn di tahun ajaran baru besok. katax masih bisa ikut smbptn/snmptn ya.. bagaimana caranya?? mohon informasinya segera ya..
    terima kasih
    wassalamualaikum

  55. niko demos