Lomba Desain Grafis Berhadiah Jutaan Rupiah

Kamis, 8 November 2012 | 12:14 WIB


Lomba Desain Grafis Berhadiah Jutaan Rupiah
SIHONO/DOC HUMAS

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan Lomba Desain Grafis Antarjurusan di fakultas itu dalam rangka Bulan Bahasa dan Seni 2012.

“Lomba ini terdiri atas tiga kategori yakni Poster, Leaflet, dan X-banner dengan hadiah total enam jutaan lebih,” kata Yusro Edy Nugroho MHum, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa FBS Unnes kepada unnes.ac.id, Kamis (8/11) di kampus Sekaran.

Yusro mengatakan, lomba ini diikuti oleh satu program studi yang mewakili masing-masing jurusan di FBS, setiap jurusan dapat mengikuti setiap jenis lomba.

Materi lomba, kata Yusro, untuk poster harus menampilkan profil salah satu prodi di jurusan dan bertujuan untuk menginformasikan dan mempromosikan profil program studi, desain dibuat menarik dan berwarna dilengkapi dengan elemen visual berupa foto atau ilustrasi logo Unnes, metode berkarya dengan menggunakan komputer (penggunaan software bebas) dengan ukuran karya A3 (29,7 x 42 cm), dan karya dikumpulkan dalam format JPG/ BMP/ GIF/ TIFF.

Untuk kategori leaflet menampilkan profil salah satu prodi pada masing-masing jurusan dan materi yang ditampilkan dalam leaflet, desain dibuat menarik dan berwarna dilengkapi dengan elemen visual berupa foto atau ilutrasi pendukung ada logo Unnes, dibuat dengan ukuran A4 21,0 x 29,7cm, jumlah grid dan tipe lipatan bebas, metode berkarya dengan menggunakan komputer (penggunaan software bebas), dan karya dikumpulkan dalam format JPG/ BMP/ GIF/ TIFF.

Sedangkan untuk kategori X-Banner adalah menampilkan profil jurusan dan materi yang ditampilkan dalam X-Banner bebas, desain dibuat menarik berwarna dilengkapi dengan elemen visual berupa foto atau ilustrasi pendukung ada logo Unnes, X-Banner dibuat dengan ukuran 60×180 cm (ukuran standar X-Banner), metode berkarya dengan menggunakan komputer (penggunaan software bebas), dan karya dikumpulkan dalam format JPG/ BMP/ GIF/ TIFF.

“Karya dikumpulkan dalam bentuk soft file paling lambat tanggal 30 November 2012 kepada Bu Rahina Prodi Diskomvis Seni Rupa, dengan nomor telepon 08179626286, email : rahina.nugrahani@gmail.com. Atau kepada Jodi, bagian Akademik FBS,” kata Yusro.

Penilaian akan dilaksanakan tanggal 3 sampai dengan 4 Desember 2012, pengumuman hasil lomba di web Unnes.ac.id dan fbs.unnes.ac.id tanggal 6 Desember, selama kurun waktu penilaian dipajang di lobi Dekanat FBS. Aspek yang dinilai yakni estetika dan keterbacaan visual, katanya.

Yusro menambahkan hadiah kategori poster juara I mendapat uang pembinaan Rp. 1.000.000, juara II Rp. 750.000, dan juara III Rp. 500.000. Kategori leaflet juara I (Rp. 1.000.000), juara II (Rp. 750.000), juara III (Rp. 500.000). Untuk kategori X-Banner juara I (Rp. 1.000.000), juara II 750.000), juara III (500.000).


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 5.314 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Lomba Desain Grafis Berhadiah Jutaan Rupiah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X