Loloskan 257 Proposal, Mahasiswa Unnes Kantongi Rp 1,7 M

Kamis, 10 Februari 2011 | 8:56 WIB


Rilis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di laman Dikti pantas menerbitkan rasa bangsa civitas akademika Universitas Negeri semarang (Unnes). Bagaimana tidak, 257 proposal mahasiswa universitas konservasi ini didanai Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti.

Capaian tersebut meningkat 42% dibandingkan dengan perolehan tahun lalu, 178 proposal. Alhasil, tak kurang dari Rp 1,7 miliar bakal segera dikantongi mahasiswa Unnes. Maklumlah, setiap proposal didanai sekira Rp 7 juta.

“Ini berkat pola pembinaan karya ilmiah di Unnes sudah mapan, mahasiswa punya etos menulis, dan integrasi pelatihan penulisan karya ilmiah di jurusan-fakultas,” tutur Tommy Yuniawan, staf ahli Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Hasil itu, lanjut Tommy, segera ditindaklanjuti dengan rangkaian pendampingan pelaksanaan program. “Pramonitoring evaluasi Dikti, tim pembina karya ilmiah Unnes menyiapkan monitoring internal (tahap I-III) untuk mengawal kualitas pelaksanaan PKM,” katanya.

Lebih lanjut dikemukakan, dari 257 proposal itu,  Dikti akan memilih beberapa tim unggulan yang berhak melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2011. “Semua pelaksanaan proposal itu akan diseleksi dan disaring kembali oleh tim penilai dari Dikti, dengan memerhatikan laporan program yang kreatif. Dimensi kreativitas yang dinilai adalah orisinalitas, keunikan, inovasi, kebermanfaatan, dan kemandirian.”

Menurut Tommy, judul-judul yang diusung mahasiswa Unnes dalam 256 proposal tersebut amat beragam. “Optimisme kita makin kuat ketika mencermati judul-judul itu, kian tampak moda inovatif-atraktifnya. Artinya, tak sekadar gagasan yang bermanfaat dan kreatif, tetapi juga mampu menjadi model, desain, dan produk program yang dapat memberikan kontribusi terhadap penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat.”


DIUNGGAH : Nana Riskhi Dibaca : 5.141 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

29 komentar pada “Loloskan 257 Proposal, Mahasiswa Unnes Kantongi Rp 1,7 M

  1. Selamat kepada mahasiswa pilihan yang telah memperoleh dana kegiatan PKM tahun 2011, yang belum berhasil . . . berjuang terus masih ada kesempatan, MEMPERBAIKI lagi untuk meraihnya pada tahun 2012 mendatang . . .
    TETAP SEMANGAT !!

  2. Alhamdulillah.. Qt patut bersyukur kepada Tuhan YME. Semoga dengan ini kita keluarga besar UNNES semakin dipandang oleh masayarakat Indonesia dan dunia. Bagi para mahasiswa yang lolos, SEMANGAT!! Berjuang untuk yg terbaik…

  3. Selamat dan sukses untuk adik-adikku yang telah lolos proposal PKM-nya. Semoga yang lolos ke PIMNAS juga banyak. Saya dulu termasuk yang lolos proposal & mendapat dana dari Dikti tapi belum lolos ke PIMNAS. Ayooo…semangat biar lolos ke PIMNAS!

  4. Alhamdulillah….turut bahagia dan bangga…….sebagai mahasiswa UNNES
    Keep SPIRIT untuk PIMNAS 2011…..
    UNNES……..PASTI JUARA…Amin

  5. semangaaaaaaaaaaat
    pimnas didepan mata!
    jangan kalah dgan pak rektor yg sudah berhasil membawa unnes jd unniversitas konservasi,pak rektor bisa kenapa kita mahasiswa tidak?
    tunjukkan semangat mu………

  6. Mahasiswa UNNES, mari menyadari jangan selalu merasa kecil di banding universitas lain. Kalau bukan kita yang membangun harga diri UNNES, siapa lagi?

  7. Selamat untuk semua mahasiswa yang diterima proposal PKM, kerjakan dengan sungguh-sungguh bersama tim, jangan lupa konsultasi dengan pembimbing. SEMOGA PRESTASI PUNCAK JUARA PIMNAS DAPAT DIRAIH. Amin

  8. Salam hangat Adik-adik dan teman-teman mari kita adakan penelitian tim, yang sekiranya bisa untuk menuju penemuan. Semoga kampus UNNES betul-betul menjadi kampus konservasi, juga menjadi kampus silaturrahmi yang positif. Saya bangga menjadi mahasiswa UNNES, tapi sayang saya berada di Bogor semoga sarana TIK menjembatani kinerja kita Amin. Terima kasih seluruh jajaran UNNES sukses semuanya SEMANGAY PAGI!

  9. Mohon dicek ulang pengumumannya Pak, termasuk di webnya SIMAWA.
    Menurut versi SIMAWA http://simawa.unnes.ac.id/ juga pengumuman di spanduknya UKM Penelitian ada 256 proposal yang lolos, PKMK: 80, PKMM: 96, PKMP: 68, PKMT: 12.
    Namun menurut perhitungan saya ada 257, yaitu terdapat selisih perhitungan pada PKMT: 13 proposal.
    Sekadar Info:
    UNNES peringkat 5 (total) se-Indonesia.
    UNNES peringkat 1 untuk PKMM (memang mahasiswa UNNES penuh “PENGABDIAN”).
    Mohon maaf dan terima kasih.
    Selamat dan sukses bagi mahasiswa yang telah berhasil.

  10. Congratulations to students who have obtained funding options PKM activity in 2011, but the question then becomes, whether it is really a form of community service? because so far I know, no follow-up of the results of scientific papers for friends over the years. after the escape and succeeded, in staying away. whether PKM activity only as an object just for the money ..? if so, which form the responsibility of you guys?

  11. kami alumni semarang state of university turut berbangga hati………
    selamat berjuang …. harumkan nama UNNES di tingkat nasional bahkan internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *