Lewat KKN Mahasiswa Sebarkan Konservasi Moral

Jumat, 22 November 2013 | 15:00 WIB


Lewat KKN Mahasiswa Sebarkan Konservasi Moral
LAILA/HUMAS

Mahasiswa semester VII Universitas Negeri Semarang (Unnes) turut andil dalam menyebarkan konservasi moral di Desa Nyatnyono Kabupaten Semarang. Konservasi moral dikenalkan lewat pengajian yang melibatkan masyarakat desa itu, Kamis malam (22/11).

Pengajian digelar sebagai salah satu program unggulan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif yang diketuai Lia Novita, mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE). Pengajian mengusung tema “Meningkatkan Kesejahteraan Desa Nyatnyono melalui Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya)” menghadirkan pembicara Habib Abu Bakar Al-athos dan KH Jumardi Ahmad Tsalis.

Menurut Lia, dengan pengajian ini dapat disebarkan nilai-nilai moral kepada masyarakat desa.  Kegiatan juga bertujuan melestarikan budaya di desa itu. “Ini wujud nguri-nguri budaya Jawa di Nyatnyono, yaitu Selapanan Jumat Kliwon,” tambah Lia.

Menurutnya, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, kontribusinya digadang-gadang oleh masyarakat. “Harapannya, lulusan-lulusan dari perguruan tinggi dapat menciptakan lapangan pekerjaan, bukan hanya menjadi penggangguran yang menunggu panggilan kerja,” tutur Habib Abu Bakar.

“Jika biasanya mahasiswa KKN memberikan kenang-kenangan berupa jembatan, MCK umum, jalan desa, dan pembangunan dalam bentuk fisik lainnya, saat ini kalian juga akan meninggalkan kenang-kenangan berupa ilmu moral yang terpakai sepanjang masa. Karena nilai moral ini akan diturunkan secara turun temurun kepada anak cucu masyarakat desa Nyatnyono,” tambah Habib Abu Bakar.

Nur Laila Sofiatun


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.742 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

4 komentar pada “Lewat KKN Mahasiswa Sebarkan Konservasi Moral

  1. Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak.
    Dan mohon doanya untuk kelancaran program kami yang lainnya.
    Salam dari kami Tim KKN Alternatif tahap II Desa Nyatnyono.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X