Lagi, 10 Mahasiswa Papua Kuliah di Unnes

Kamis, 18 Juli 2013 | 17:44 WIB


Lagi, 10 Mahasiswa Papua Kuliah di Unnes
SHP/HUMAS

Ilsutrasi: siswa SMA di Papua.

Sebanyak 10 mahasiswa dari Papua dan Papua Barat akan menempuh pendidikan S1 di Universitas Negeri Semarang (Unnes) mulai tahun ajaran 2013/2014. Mereka akan menyusul 10 mahasiswa asal Papua dan Papua Barat lainnya yang telah mulai belajar sejak setahun silam.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr Agus Wahyudin Msi menjelaskan, kehadarinan 10 mahasiswa Papua dan Papua Barat tersebut adalah bagian dari Program Pendidikan Afirmasi Perguruan Tinggi yang dicanangkan untuk mengakselerasi kemajuan pendidikan di Bumi Cenderawasih. Selama delapan semester mereka kuliah di perguruan tinggi bereputasi baik agar kelak dapat memajukan pendidikan di daerah masing-masing.

“Dari sepuluh mahasiswa yang akan masuk tahun ini, 6 loolos melalui jalur SNMPTN dan 4 lolos melalui jalur SBMPTN,” katanya, Kamis (18/7).

Sepuluh mahasiswa tersebut adalah Yusak Irenius dari Kabupaten Dogiyai, Lidia Sarah Fairyo, Vandi V Majar, serta Maria SR Mandosir dari Kota Jayapura, Yacoba Enne Ombeyoper dan Yuliarled Wayori dari Kabupaten Nabire, Emiliana Paulina Orun dan Salia Uriepa dari Kabupaten Kaimana, dan Wahyu Obelom Wakerkwa dari Kabupaten Jayawijaya.

“Kampus Unnes adalah kampus milik bangsa Indonesia. Maka siapa pun yang jadi bagian dari bangsa ini berhak kuliah di kampus Unnes,” pungkas Agus.

 Tahun lalu, Unnes juga menerima 32 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Mereka berasal dari Papua, Aceh, dan Nusa Tenggara Timur, terutama yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Selama 4,5 tahun kuliah, mereka diasramakan dan seluruh biaya kuliah dan biaya hidup ditanggung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 3.782 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Lagi, 10 Mahasiswa Papua Kuliah di Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X