Kunjungi Stan Inovasi Unnes, Gubernur: Emailkan Sipaktani ke Saya, Ya!

Sabtu, 16 November 2013 | 16:39 WIB


Kunjungi Stan Inovasi Unnes, Gubernur: Emailkan Sipaktani ke Saya, Ya!
DOK/LP2M

Sistem Informasi produk dan Komoditas Pertanian (Sipaktani) karya dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) mampu membetot perhatian Gubernur Ganjar Pranowo. Mengunjungi stan Unnes sesusai pembukaan Pameran Produk Inovasi di PRPP Semarang, Sabtu (16/11), secara khusus orang nomor satu di Jawa Tengah itu menanyakan sistem kerja produk tersebut.

“Tolong kirimkan ke email saya,” katanya kepada penjaga stan seraya menyebutkan, dirinya sangat peduli terhadap pemberdayaan dan kemajuan petani di provinsi ini.

Sipaktani merupakan hasil riset pengembangan karya Dr Suciningsih Dian WP MSi, dosen Fakultas Ekonomi Unnes. Sebagaimana diberitakan sebelumnya di laman ini, Sipaktani (http://sipaktani.com) telah diuji coba di tiga kabupaten, yakni Magelang, Grobogan, dan Klaten. Produk difokuskan pada pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi lembaga penyuluhan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Pameran inovasi itu sendiri bakal digelar hingga 18 November 2013 dan diikuti 110 stan yang memamerkan produk berupa karya inovasi teknologi dari SMK/SMA, perguruan tinggi, dan UKM/IKM di Jawa Tengah.

Selain Sipaktani, Unnes yang diwakili Lembaga Penelitian dan pengabdian pada Masyarakat (LP2M) juga memamerkan inovasi produk pangan berupa olahan makanan dari jagung, ubi, serta biji durian. Bahan-bahan tersebut diolah menjadi roti tawar, egg roll, bolu gulung, cheese stick, bronis serta bakpao dengan bahan baku berupa bahan-bahan lokal. “Ini dimaksudkan agar nilai ekonomis dari bahan tersebut bisa lebih tinggi,” ujar Sunyoto dari LP2M.

Adapun inovasi dalam bidang teknologi kendaraan bermotor berupa IC Lock (alarm motor kode lampu) tahan air. Produk ini pernah dipresentasikan tim Unnes dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-26 di Universitas Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu.

 


DIUNGGAH : Vici Hayu Dibaca : 2.279 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

4 komentar pada “Kunjungi Stan Inovasi Unnes, Gubernur: Emailkan Sipaktani ke Saya, Ya!

  1. saya sudah cek, lihat, dan perhatikan si paktani, bagus, tapi agaknya ada beberapa menu yang belum diupdate dan disiapkan, dan baiknya juga kerjasama dengan BPPTP Jateng, sukses terus dan semoga makin bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *